Peluang Usaha Kebun Durian Bawor, 4 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan!

Usaha Kebun Durian Bawor

Durian Bawor

Usaha Kebun Durian Bawor – Banyak orang yang mulai tertarik untuk membuka usaha bisnis sendiri dengan alasan yang bermacam-macam, seperti keuntungan yang besar, pekerjaan jangka panjang, investasi masa depan atau karena adanya kesempatan.

Melirik sebuah peluang usaha bisnis tentu menjadi sebuah tantangan yang membutuhkan pertimbangan matang, termasuk jika Anda ingin memulai usaha kebun durian bawor. Meskipun penjualan durian bawor dipasaran masih banyak peminatnya dan bisa diyakini akan memberikan keuntungan yang besar.

Namun ada beberapa faktor untuk memulai usaha ini perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya

4 Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Kebun Durian Bawor

1. Pemilihan Lahan Kebun Durian Bawor

Pohon durian merupakan jenis pohon buah yang menjulang tinggi namun tidak terlalu memakan tempat. Namun, untuk tujuan bisnis tentunya dibutuhkan lahan yang luas supaya dapat menanam banyak pohon durian bawor.

Luasan tanah yang bisa dijadikan kebun berkisar 1 sampai 2 hektar dengan jarak tanam antar pohon sekitar 5 sampai 8 meter. Seperti jenis durian lainnya, durian bawor bisa tumbuh subur pada tipe tanah grumosol atau tanah andosol di lingkungan  tropis bersuhu sedang.

Jenis tanah tersebut dinilai sangat subur dan kaya unsur organik penting yang dibutuhkan tanaman. Pemilihan lahan yang tidak bagus, dikhawatirkan akan membuat bibit durian bawor tidak dapat tumbuh optimal dan semakin lama panennya.

2. Pemilihan Bibit Durian Bawor

Keberhasilan kebun durian Bawor juga ditentukan dari jenis bibit yang digunakan. Sebaiknya diperhatikan secara menyeluruh pada saat memilih bibit durian bawor. Meskipun bibit yang dibeli di toko sudah bersertifikat, namun tidak bisa menjamin keberhasilan penanaman.

Bibit durian bawor yang  bagus memiliki ciri-ciri, antara lain: memiliki ujung bakal yang mengkilat atau tidak pucat dan didalam bibit buah ketika dikelupas dapat dilihat lembaga buah yang masih memiliki cadangan makanan yang cukup untuk pertumbuhan awal.

Ini jika Anda ingin memulai dari bibit dalam bentuk bakal buah. Namun, Anda juga bisa membeli bibit yang sudah berbentuk tanaman setinggi 70 sampai 100 cm, bibit yang bagus ditandai dengan batang kokoh dan percabangan 2 – 4 arah, berdaun banyak serta terbebas dari hama dan penyakit.

3. Penanaman Bibit Durian Bawor

Bibit durian bawor yang siap dipindahkan ke kebun adalah yang memiliki tinggi tanaman mencapai 1 meter lebih dengan kondisi yang sehat dan dipastikan tidak terinfeksi hama penyakit, karena bibit yang berpenyakit dikhawatirkan akan menularkan ke tanaman lain di kebun yang sama.




Sebelum memindahkan bibit ke lahan kebun, sebaiknya tanah di gemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul dan dipupuk. Tanah yang sudah dicangkul dan dipupuk didiamkan selama satu minggu untuk mengoptimalkan kesuburan lahan.

Bibit ditanam pada jarak 8 x 8 meter antar tanaman dan ditanam sedalam pangkal batang bibit durian. Jarak antar tanaman juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan, karena tanaman yang terlalu dekat atau rapat, bisa menyebabkan pertumbuhan tidak optimal pada durian atau penyebaran hama penyakit menjadi lebih mudah.

Baca juga: Prospek Usaha Perkebunan Durian Montong, Cukup Lama tapi Menggiurkan

4. Perawatan Kebun Durian Bawor

Hal yang paling penting untuk merawat kebun durian bawor adalah perawatan. Meskipun lahan tanam dan bibitnya bagus, namun jika perawatan kebun tidak diperhatikan bisa jadi tanaman akan gagal berkembang atau bahkan mati. Perawatan pohon buah durin bawor sama mudahnya dengan durian jenis lain.

Anda hanya perlu rutin melakukan penyiraman pagi dan sore hari pada satu bulan pertama sejak pemindahan bibit durian ke kebun. Jangan lupa untuk membersihkan kebun dari gulma atau rumput-rumput liar yang berpotensi mengganggu tanaman durian.

Pohon durian bawor tidak perlu diberikan pupuk secara rutin, bisa dilakukan setahun 1 – 2 kali dengan menggunakan pupuk kandang. Keberhasilan kebun buah durian bisa dilihat 4 – 5 tahun setelah masa tanam karena pohon durian bawor memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan durian lokal.

Pada masa panen, 1 pohon durian bawor bisa menghasilkan 20 sampai 30 buah. Durian bawor masih banyak sekali peminatnya dengan harga yang masih tinggi, sekitar 40 ribu – 50 ribu per buahnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan merugi ketika membuka bisnis kebun durian bawor ini.

Jika dalam satu kebun Anda terdapat 50 lebih pohon durian bawor, keuntungan yang Anda dapatkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Wah, investasi yang cukup menjanjikan bukan?

Nah, itulah beberapa pertimbangan yang menambah informasi bagi Anda yang ingin banting setir untuk melirik usaha kebun durian bawor.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud