Untuk Komikus Digital, Begini Cara Mendatangkan Uang Dari Komik Digital

Komik Digital

Image dar SWA.co.id

Saat ini, dengan maraknya dunia online, banyak juga aktifitas yang bisa dilakukan secara online. Aktifitas bisnis, bertransaksi jual beli, dan bahkan membaca komik pun saat ini bisa dilakukan secara online. Banyak para komikus yang mulai membuat karya komik mereka agar bisa dinikmati secara online. Dan, umumnya para pembaca bisa menikmati karya para komikus ini dengan tanpa dipungut biaya alias gratis. Hampir semua komik yang berbentuk digital yang ada di dunia #internet bisa dinikmati dengan cuma-cuma.

Meski sebenarnya hampir semua komikus tidak terlalu berpikir pada uang ketika membuat karya komik, karena mereka menjalankan semuanya karena hobi, tapi jika komikus ingin mendapatkan penghasilan dari internet dengan komik digitalnya, ada peluang yang bisa dimanfaatkan.

Faza Ibnu Ubaydillah Salman, seorang kreator komik digital menyebutkan bahwa tersedia peluang besar untuk #menghasilkan uang dari internet dengan karya mereka. Di bawah ini adalah beragam peluang yang bisa dimanfaatkan oleh komikus digital untuk mendapatkan uang.



1. Komikus Digital Bisa Memanfaatkan Iklan

Komikus bisa memanfaatkan bisnis periklanan untuk menghasilkan uang dari karya mereka. Iklan atau juga endorsement bisa dimaksimalkan untuk menghasilkan uang. Untuk mendapatkan iklan ini, yang harus dilakukan oleh komikus digital pertama kali adalah dengan memperbanyak follower nya terlebih dahulu. Menurut Faza, dengan memiliki follower 100.000 biasanya akan ada tawaran iklan yang masuk.

Iklan yang diminta biasanya tidak selalu berupa banner namun sering berupa soft selling. Jadi jika seorang komikus digital memiliki tokoh karakter tertentu, maka si karakter tersebut bisa memegang produk tertentu dari klien. Nah, dari situ komikus digital bisa memungkinkan mendapatkan uang dari iklan yang masuk.

Artikel lain: SiJuki.com – Startup Bisnis Komik Digital, Karakter Fiksi Pencuri Hati Netter Indonesia

2. Menjadi Publisher Digital

Peluang lain yang bisa dimanfaatkan oleh komikus digital untuk mendapatkan uang adalah dengan melalui publisher digital. Biasanya, penerbit ini akan menawarkan kontrak dengan imbalan honor dengan masa tertentu. Umumnya honor atau imbalan sering diberikan tiap bulan. Kini,menurut Faza, mulai banyak bermunculan publisher digital di Indonesia seperti Webtoon besutan Line dan juga Re-on. Ke depan, menurut Faza masih akan banyak lagi bermunculan publisher digital muncul di Indonesia.

“Masih banyak publisher digital lain yang akan muncul di Indonesia,” jelas Faza.

3. Memanfaatkan Cara Komik Digital “Freemium”

Cara lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan menurut Faza adalah dengan cara monetize yang sering disebut dengan freemium. Dengan metode freemium ini, sperang komikus digital akan terus berkarya dan mengunggah setiap karya mereka di internet secara gratis. Jika komik yang mereka unggah menarik para pembaca, maka dengan sendirinya komikus akan memiliki follower banyak dan setia.

Nah, ketika sudah memiliki banyak follower tersebut komikus kemudian bisa mencetak komik digitalnya menjadi versi fisik atau karya dengan versi premium. Nah, dari sini maka potensi pembeli dari follower akan lebih tinggi dari pada Anda tidak memiliki follower sama sekali. Nah, karena seorang komikus digital sudah memiliki follower setia, maka cara freemium ini sangat menjanjikan untuk dilakukan.

Baca juga: Rupi, Startup Indonesia yang Mewadahi Karya Komikus dan Kartunis Lokal

4. Intellectual Property Business

Untuk para komikus digital, disarankan tetap membuat karya semenarik mungkin untuk para pembaca. Ketika suatu saat karya komikus digital ini benar-benar menarik dan mendapatkan banyak pembaca setia, maka seorang komikus bisa menghasilkan uang dari berbagai macam peluang yang ada.

Tidak hanya melulu dari penjualan komik, komikus juga bisa menghasilkan uang dari penjualan produk lain semacam merchandise, film animasi, dan lainnya. Bisa diambil contoh dari komikus Fujiko Fujio, pencipta Doraemon.

Awalnya Doraemon hanya berupa karya komik saja, namun ketika saat ini menjadi cerita yang digemari di seluruh dunia, maka penciptanya bisa menjual Intellectual Property Doraemon ke berbagai pihak. Dan kini Doraemon bisa dinikmati tak hanya berupa komik saja, namun kini banyak versi seperti film kartun dan animasi. Dan bahkan setelah Fujiko Fujio meninggal pun keluarganya masih bisa menikmati pendapatan dari karya komiknya.





1 comment on this postSubmit yours
  1. mantap

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud