Rupi ~ Startup Indonesia yang Mewadahi Karya Komikus dan Kartunis Lokal

Rupi-co

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan ketersediaan jaringan #internet. Bila menggunakan media sosial, berkirim email atau mencari referensi ilmiah terasa mainstream, kini kita juga bisa melakukan hal baru dengan mencari konten-konten humor di internet.

Konten humor di internet memang menjadi ciri khas tersendiri bagi para pengguna internet aktif. Salah satu website populer di dunia yang terkenal dengan konten humornya adalah 9gag. Kehadiran 9gag ternyata memicu munculnya website serupa di tanah air, seperti 1cak dan t4wa.

Namun seakan tidak ingin mengekor kesuksesan kedua pendahulunya, sebuah startup asli Indonesia berusaha menghadirkan konten humor yang fresh dengan materi kartun dan komik lokal. #Startup tidak lain adalah Rupi.

Kemunculan Rupi di Jagat Internet Indonesia

Resmi diluncurkan pada tanggal 1 Januari 2015, ide dan pengembangan Rupi (Rupi.co) sebenarnya sudah dimulai sejak periode Desember 2013. Sementara untuk pengembangan website-nya sudah dimulai sejak November 2014. Farhan Muhammad dan rekan-rekannya berupaya membangun sebuah startup yang bisa mewadahi kreativitas para kartunis dan komikus lokal di Indonesia.

Artikel lain: MalesBanget.com, Startup Berisi Konten Lucu yang Berawal Dari Iseng-Iseng

Mengapa Rupi?

Nama Rupi diadaptasi dari bahasa Jawa yang berarti “rupa”. Tidak hanya diadaptasi dari bahasa Jawa, kata Rupi juga dipilih sebagai nama startup karena tim Rupi sempat kesulitan untuk mencari nama domain yang tersedia. Kata Rupi kemudian dianggap sebagai nama yang unik, simpel dan mudah diingat oleh para pengguna internet.

Startup Rupi memiliki logo berupa hewan panda. Panda dipilih karena memiliki filosofi yang mendalam dan sesuai dengan tujuan Rupi. Tidak hanya memiliki bentuk yang lucu, hewan khas negeri tirai bambu yang satu ini juga memiliki tubuh yang terdiri dari warna hitam dan putih.

Seperti yang kita ketahui, warna hitam dan putih sama seperti warna komik yang terdiri dari background berwarna putih dan gambar serta tulisan berwarna hitam. Filosofi tersebut akhirnya membuat tim Rupi memutuskan untuk menggunakan hewan panda sebagai maskot. Hal ini tentu merupakan filosofi yang sederhana namun sangat berkesan.

Tujuan Yang Ingin Dicapai Rupi

Rupi tidak hanya dibentuk untuk mewadahi hasil karya para kartunis dan komikus lokal. Lebih dari itu, Rupi juga bertujuan untuk menjadi sarana bagi para pecinta komik dan kartun untuk memperoleh informasi mengenai karya-karya lokal terbaru.

Melalui Rupi, bukan hanya kartunis dan komikus yang bisa berbagi karya, namun para pecinta komik dan kartun juga bisa melakukan sharing konten dengan mengunggah koleksi komik favorit mereka. Para pengguna Rupi bisa menggunakan berbagai fitur yang disiapkan Rupi seperti fitur top user untuk melihat jumlah like dan share terbanyak, fitur popular dan fitur top post.

Untuk bisa mengunggah komik melalui Rupi, para pengguna Rupi harus mencantumkan keterangan berupa nama pembuat komik dan sumber (link) tempat komik tersebut diambil. Hal ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada sang pembuat atau pemilik komik yang karyanya dipublikasikan di Rupi. Bagi siapa saja yang mengunggah konten komik atau kartun tanpa mencantumkan sumber, maka konten tersebut akan segera dihapus oleh tim Rupi.




Banyak Rencana Yang Ingin Diwujudkan Rupi

Setelah beroperasi selama kurang lebih 1 bulan, Rupi sudah memperoleh respon yang positif dari para pengguna internet di indonesia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna yang mencapai 300 serta jumlah pageview sebanyak 18.000 per bulan.

Jumlah pengguna dan pageview tersebut diperoleh dari upaya promosi di berbagai media sosial seperti #Facebook dan #Twitter. Hampir 90% komik dan kartun yang di posting di Rupi menggunakan bahasa Inggris karena bertujuan untuk membidik pasar kreatif secara global.

Untuk menjadi startup yang lebih besar lagi, Rupi berencana untuk menggandeng para investor yang bersedia bekerjasama untuk membuat aplikasi mobile. Dengan kemunculan aplikasi mobile Rupi, bukan mustahil target pageview sebesar 1 juta pengguna internet bisa dicapai dengan mudah.

Kedepannya, Rupi akan berupaya memperoleh pendanaan melalui sistem advertorial (pemasangan iklan) dan penjualan merchandise. Bahkan Rupi juga berencana menjadi salah satu marketplace yang mewadahi pencarian lowongan dan SDM di bidang desain komik dan kartun.

Baca juga: Beberapa Startup Bertema Humor ala Indonesia

Sedang tidak sibuk hari ini? Ini tentu waktu yang tepat bagi kita untuk login di Rupi dan menikmati karya-karya kreatif dari para kartunis dan komikus Indonesia. Yuk tertawa bersama Rupi!



2 total comments on this postSubmit yours
  1. semakin banyak ya orang yg beralih profesi ke startup,

  2. semoga dengan startup ini semakin mendukung kreatifitas komikus dan kartunis supaya gak kalah juga
    dari jepang, malaysia dan amerika yang memiliki banyak komik yang menarik

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud