Untuk Founder Dan CEO, Simak Meeting Efektif Ala Steve Jobs Ini

founder startup Steve Jobs

Image dari Attitudes4innovation.com

Semua orang pasti tahu siapa itu Steve Jobs, bagaimana kiprahnya di dunia bisnis digital dunia. Tak ada orang yang meragukan kapasitas Steve Jobs baik dalam mengatur strategi bisnis maupun bagaimana memanajemen sebuah perusahaan agar tetap eksis. Ada banyak nilai yang bisa kita ambil dari apa yang dilakukan oleh Steve Jobs, diantaranya adalah bagaimana di melakukan meeting dengan karyawan nya dengan efektif dan efisien.

Di bawah ini adalah poin penting yang dilakukan oleh Steve Jobs ketika menggelar meeting dengan karyawannya.

1. Tunjukkan Semangat Dan Kecintaan Anda

Dari apa yang dilakukan oleh Steve Jobs ketika memulai sebuah meeting, maka pertama kali adalah ia selalu menunjukkan semangat yang luar biasa dengan dilengkapi rasa cinta yang tinggi. Sebagai seorang Founder atau CEO, Anda harus bisa memberikan sebuah energi positif kepada anak buah Anda. Keyakinan yang kuat terhadap apa yang ingin Anda sampaikan sangat berpengaruh pada psikologi anak buah Anda, so, jadilah seorang yang penuh semangat dan penuh dengan cinta.

Artikel lain: Inilah Beberapa Tips Menjadi Seorang Pemimpin Visioner

2. Menciptakan Suatu Nilai Untuk Perusahaan Itu Sendiri

Ini tak kalah pentingnya dengan poin yang nomor satu. Anda harus menyampaikan pada karyawan Anda saat meeting mengenai kejelasan fokus terhadap nilai-nilai perusahaan yang ingin diciptakan. Poin pentingnya adalah, sebuah perusahaan berdiri bukan saja untuk meraup keuntungan, namun lebih dari itu adalah untuk memberikan manfaat pada orang banyak.




3. Selalu Memberikan Tantangan Pada Karyawan

Sebuah perusahaan tentu menginginkan inovasi setiap waktu, maka Anda sebagai CEO atau Founder bisa melakukannya dengan cara memberikan tantangan kepada setiap karyawan Anda. Ini juga yang dilakukan oleh Steve Jobs, ia adalah seorang pribadi yang disiplin dan tegas sebagai seorang pimpinan.

Ia selalu memberikan sebuah tantangan kepada karyawannya setiap kali menggelar meeting. Dan ternyata cara ini sangat bagus untuk memacu karyawannya bekerja dengan baik sehingga bisa menghasilkan sebuah inovasi yang terbaik.

4. Posisikan Anggota Tim Pada Tempat yang Benar

Banyak sekali kendala atau rintangan ketika sedang menjalankan sebuah bisnis. Posisi karyawan atau tim yang tidak pada tempatnya sangat berpotensi menjadi masalah besar dan bahkan bisa saja menggeser arah bisnis yang Anda kelola. Maka, Anda sebagai pimpinan memiliki kewajiban untuk memposisikan tim kerja Anda dan juga mengarahkan setiap anggota tim pada arah yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

5. Menentukan Sebuah Prioritas

Salah satu yang dilakukan Steve saat meeting bersama karyawannya adalah menentukan sebuah prioritas utama dalam sebuah rapat. Ini harus dilakukan agar meeting bisa berjalan dengan efektif dan efisien sehingga tidak melebar pada bahasan-bahasan yang tidak dijadwalkan. Cara ini sangat efektif untuk membuat rapat Anda menjadi lebih efisien.

6. CEO Atau Founder Berhak Memotong Pembicaraan

Dalam setiap rapat kerja yang digelar, seorang pimpinan harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi bawahannya. Namun demikian, ketika apa yang disampaikan oleh karyawan sudah terlalu lama dan sangat jauh dari bahasan utama, maka Anda sebagai pimpinan memiliki hak untuk memotong pembicaraan. Ini sangat penting agar pertemuan tidak membuang-buang waktu dan juga untuk memberikan waktu pada karyawan lain untuk mengemukakan pendapat.




7. Belajar Dari Setiap Kesalahan

Jangan jadikan kegagalan dan kesalahan sebagai penghambat kreativitas dan inovasi yang akan dilakukan. Kegagalan adalah sebuah proses untuk mencapai kesuksesan. Jangan sampai kegagalan membuat Anda menjadi takut melangkah dan takut mencoba. Anda sebagai pebisnis harus bisa memanfaatkan kegagalan yang pernah dibuat sebagai pelajaran untuk melangkah lebih baik ke depan.

Baca juga: Mau Jadi Pemimpin yang Baik? Hindari 5 Kalimat yang Pantang Diucapkan Berikut ini

8. Fokus Pada Sesuatu yang Positif

Sebagai seorang entrepreneur, mungkin Anda saat ini masih tergolong pemain baru. Kadang ada ketakutan bagi seorang pemain baru untuk menghadapi persaingan yang ketat. Tidak ada alasan takut untuk Anda, cobalah fokus terhadap apa yang Anda miliki dan Anda kuasai untuk menjalankan bisnis Anda sendiri. Fokus pada hal positif sangat bagus untuk meningkatkan motivasi dalam diri Anda untuk kemudian bisa menciptakan sebuah produk bisnis yang maksimal.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Artikel yang menarik,

    Saya merupakan salah satu penggemar berat dari Steve Jobs dan saya juga sering melihat video pidato steve jobs yang inspiratif di Stanford.

    Semoga saya dapat mengimplementasikan tips dari artikel blognya om Maxmanroe.

    he he :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud