Trusted Contacts ~ Bantu Orang Terdekat Temukan Keberadaan Kita Dengan Aplikasi Google Ini

Trusted Contacts

Image dari Phonearea.com

Perkembangan teknologi sudah membawa beragam kemudahan bagi manusia serta manfaat yang bahkan belum pernah dibayangkan sebelumnya. Tidak hanya dalam kondisi umum, adanya teknologi tentu juga membawa manfaat ketika seseorang sedang dalam kondisi darurat.

Jika sebelumnya langkah pertama yang dilakukan ketika terjadi keadaan darurat adalah menelpon polisi atau orang terdekat, saat ini nampaknya hal tersebut sudah mulai bergeser. Adanya teknologi memungkinkan kita untuk dengan mudah ditemukan oleh orang terdekat bahkan tanpa melakukan tindakan apapun.

Salah satunya bisa diwujudkan lewat aplikasi besutan #Google bernama Trusted Contacts. Dengan aplikasi berbasis sistem operasi Android ini, kita bisa membagikan lokasi dimana kita berada kepada sejumlah orang yang sudah kita percaya.

Dengan aplikasi ini kapanpun dan dimanapun, serta dalam kondisi seperti apapun, orang terdekat kita bisa menemukan dimana kita berada dengan mudah dan cepat.

Sekilas Tentang Aplikasi Trusted Contacts

Konsep dari #aplikasi Trusted Contacts sebenarnya sudah diperkenalkan terlebih dahulu oleh beberapa perusahaan teknologi besar. Sebelumnya kita mengenal aplikasi Find My Friends yang ditawarkan oleh perusahaan Apple. Selain itu ada pula, fitur layanan media sosial Facebook Safety Check yang mempunyai fungsi serupa dengan aplikasi sebelumnya.




Namun kali ini Google mencoba untuk membawa fungsi dalam menemukan lokasi seseorang ke arah yang lebih canggih.

Artikel lain: Google Place ~ Aplikasi Google Untuk Populerkan Lokasi Bisnis Anda

Dengan meluncurkan aplikasi Trusted Contacts, nantinya pengguna bisa membagikan lokasi mereka kepada sejumlah akun yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Akun terdaftar ini merupakan anggota keluarga atau sahabat dekat yang nantinya diharapkan bisa dengan mudah menemukan keberadaan kita ketika terjadi hal di luar kendali.

Kondisi semacam ini tentu bisa saja terjadi pada kita atau seseorang lain yang kita kenal. Mulai dari musibah alam hingga kejadian kriminal di jalan, sama sekali tidak mengenal siapa yang akan menjadi korban. Oleh karena itu aplikasi Trusted Contacts diharapkan bisa menjadi jawaban dan juga solusi ketika masalah semacam ini terjadi.

Skema Penggunaan Trusted Contacts

Sebagai sebuah layanan yang bekerja secara online, Trusted Contacts mempunyai sistem tersendiri yang dapat digunakan oleh para pengguna. Pada awalnya, pengguna tinggal mengunduh aplikasi Trusted Contacts  kemudian melakukan registrasi umum. Setelah itu kita bisa mulai mengirimkan permintaan untuk membagikan lokasi kita kepada beberapa akun lain.




Setelah permintaan dikirimkan, orang yang mendapat permintaan tersebut mempunyai dua pilihan yakni untuk menerima ataupun menolak permintaan dari kita. Namun jika pengguna tersebut tidak memberikan respon selama beberapa waktu, maka aplikasi akan secara otomatis menganggap bahwa pengguna tersebut menerima permintaan kita, dan kita bisa mulai membagikan lokasi pribadi.

Mengenai lokasi yang bisa dibagikan, secara umum sama sekali tidak terbatas. Berbeda dengan aplikasi Find My Friends, layanan dari Google ini secara otomatis akan mengupdate lokasi terbaru kita setiap beberapa waktu. Ketika kita sedang berada di rumah atau menjalankan kegiatan di luar rumah, catatan lokasi kita akan terus berubah dan bisa diakses langsung kapanpun oleh kontak terpercaya kita.

Selain itu, informasi lain juga bisa didapatkan oleh kontak terpercaya, diantaranya informasi umum terkait akun serta apakah kita sedang online atau tidak.

Meskipun pada dasarnya aplikasi ini bekerja secara online, namun Trusted Contacts  juga dapat bekerja secara offline. Jadi ketika ponsel kita kehabisan daya ataupun mati oleh sebab tertentu, kontak terpercaya kita tetap bisa mendapatkan informasi lokasi terakhir dimana kita berada.

Baca juga: Google Resmi Hadirkan Duo, Aplikasi Panggilan Video Terbaru yang Ringan dan Stabil, Mau Coba?

Disampaikan oleh Google Product Manager, David Tattersall, Trusted Contacts  akan terus memastikan orang terdekat kita mengetahui dimana kita berada selama kita memegang perangkat ponsel pintar di kantong. Untuk kondisi yang darurat, mereka akan dengan cepat bisa menemukan ataupun melakukan pengawasan dalam rentan waktu tertentu.

Hingga saat ini aplikasi Trusted Contacts masih hanya tersedia untuk sistem operasi #Android. Namun pihak pengembang menyatakan bahwa beberapa waktu ke depan akan mulai dikembangkan aplikasi Trusted Contacts untuk perangkat berbasis iOS.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud