Google Resmi Hadirkan Duo, Aplikasi Panggilan Video Terbaru yang Ringan dan Stabil,...

Google Resmi Hadirkan Duo, Aplikasi Panggilan Video Terbaru yang Ringan dan Stabil, Mau Coba?

Google-Duo-Aplikasi-Panggilan-Video-Terbaru

Bosan dengan video call yang itu-itu saja? Coba aplikasi panggilan video call terbaru dari #Google bernama Duo. Setelah meluncurkan aplikasi messaging Hangout, Messenger dan Allo, Google rupanya belum puas. Pada hari Selasa tanggal 16 Agustus 2016 kemarin, pihak Google merilis dan mendistribusikan aplikasi video call Duo ke toko aplikasi Play Store dan App Store. Lalu seperti apakah aplikasi video call Duo yang sebelumnya pernah diperkenalkan di konferensi Google I/O 2016 tersebut? Berikut ulasannya.

Latar Belakang Pengembangan Aplikasi Duo

Dari data yang dimiliki Google berdasarkan survei Google YouGov pada Juli 2016, ditemukan angka sebesar 19% netizen Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas menyukai aktivitas video call dari smartphone. Nah dari angka ini kemudian muncul kembali angka sebesar  81% dari keseluruhan netizen yang menyatakan bahwa dirinya tidak puas dengan komunikasi video call karena koneksi #internet yang tidak stabil.

Sedangkan sisanya menyatakan bahwa aktivitas video call mereka kurang maksimal ketika melakukannya dengan lintas platform. Dari latar belakang inilah kemudian Google mengembangkan sebuah aplikasi Duo yang mampu memecahkan kedua masalah tersebut.

Hadirkan Video Call yang Ringan dan Stabil

Solusi pertama yang dihadirkan aplikasi Duo tentunya adalah sajian komunikasi video call yang ringan dan stabil. Mengapa bisa demikian? Sebab aplikasi Duo ini mempunyai koneksi yang cepat dan praktis walau berjalan pada koneksi jaringan yang lambat.

Menurut pihak Google Indonesia sendiri ketika jaringan lambat maka aplikasi Duo ini akan mampu berjalan secara otomatis untuk mengurangi resolusi gambar supaya tidak mengganggu panggilan. Selain itu tanpa memutus panggilan, aplikasi Duo juga dapat bekerja dengan otomatis beralih dari Wi-Fi ke jaringan ponsel (dan sebaliknya) saat salah satunya menurun koneksinya.

Artikel lain: Baru Diluncurkan, Google Allo Justru Tuai Ancaman Keamanan

Bisa Dijalankan pada Lintas Platform

Selain ringan dan stabil untuk menjalankan video call, aplikasi panggilan video 1-to-1 ini juga dapat beroperasi atau dijalankan pada lintas platform. Saat aplikasi Duo ini dapat bekerja pada lintas platform maka pengguna akan bisa melakukan panggilan video pada dua jenis #smartphone yang berbeda yaitu Android ke iPhone atau sebaliknya iPhone ke Android. Tentu hal ini sangat menarik karena belum ada aplikasi video call yang bisa melakukan hal ini.

Teknologi Pada Aplikasi Duo

Mengapa aplikasi Duo bisa bekerja dengan ringan dan stabil serta lintas platform. Jawabannya ada pada teknologi yang dihadirkan yaitu teknologi web real-time communication (WebRTC) dan bekerja menggunakan jaringan mobile. Teknologi WebRTC sendiri memang diciptakan guna menyederhanakan panggilan telepon video. Dari sini maka video call yang kita lakukan akan terasa ringan.

Justin Uberti selaku Principal Software Engineer Google sendiri menyatakan bahwa dibanding aplikasi lain, Duo akan membuat persentase panggilan gagal (dropped calls) lebih rendah. Tidak hanya itu, aplikasi Duo juga bisa menangani panggilan melalui koneksi selular atau dari dan ke Wi-Fi. Untuk proses identifikasi sendiri, didapatkan informasi bahwa aplikasi Duo hanya membutuhkan nomor ponsel. Jadi Anda yang akan menggunakan aplikasi ini tidak diwajibkan untuk mempunyai akun Google atau akun terpisah lainnya.

Baca juga: Progressive Web App ~ Teknologi dari Google untuk Mempercepat Akses Situs Online

Fitur Knock Knock

Satu hal lagi yang membedakan aplikasi Duo dengan aplikasi lain adalah adanya fitur Knock Knock. Dengan adanya fitur ini maka sebelum proses komunikasi dilakukan, pengguna akan mampu melihat video atau gambar wajah dari sang penelepon. Fitur Knock Knock ini sendiri pada akhirnya akan berfungsi sebagai penanda atau antisipasi jika si penerima telepon enggan dan tidak mau menerima video call dari sang penelepon.

Tentu saja bagi Anda yang tidak suka dengan panggilan dari orang yang tidak jelas maka fitur Knock-Knock yang bersifat satu arah ini akan bisa jadi solusinya. Namun yang perlu Anda ketahui fitur Knock Knock ini hanya berfungsi memunculkan orang-orang yang ada pada daftar telepon di smartphone Anda saja.

Jadi untuk memastikan fitur Knock Knock ini Anda perlu memastikan daftar telepon teman-teman dan kerabat Anda sudah lengkap tertulis di daftar telepon. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa mengantisipasi orang luar yang tidak dikenal. Untuk proses bekerjanya, fitur Knock Knock ini akan muncul di layar Lock Screen untuk platform #Android dan bekerja ditampilan apliksi untuk platform #iOS.

7 KOMENTAR

  1. google duo asik karena sebelum angkat vcall nya kita melihat mereka terlebih dahulu secara live.
    :D

  2. i made sanuanca feres

    terimakasih mas admin, saya sangat senang membaca artikel dari blog ini sangat bermanfaat dan juga lengkap dan jelas,

    saya sedikit menyinggung tentang os terbaru android yaitu versi 7.0 untuk lebih lengkapnya silahkan bisa mampir dengan klik nama saya terimakasih

  3. Biss Key Terbaru

    Menarik infonya.. jadi pengen coba.. tapi harus update gadget dulu kayaknya.. soalnya yang ini sudah ketuaan..

  4. Makin banyak aja nih app buat video call, yg satu ini boleh dicoba kayanya.

  5. saya penasaran sebarapa bagus aplikasi ini dijalankan di internet yang lambat, belum sempat mencoba karena belum ada teman yang install

  6. bagus kayaknya cuma belum coba, apa ringan loadingnya, dengansinyal indonesia yang lemot

  7. wah,, info terbaru nich,,, teknologi berkembang sangat pesat…

Tinggalkan Balasan