Google Place ~ Aplikasi Google Untuk Populerkan Lokasi Bisnis Anda

Image dari Lawyersseo.com

Image dari Lawyersseo.com

Setiap bisnis baik itu offline maupun online pasti ingin mendapatkan customer yang banyak. Dengan adanya mesin pencari seperti #Google, kini pebisnis memiliki kesempatan yang sama untuk bisa meraih customer yang baru dan banyak. Search engine atau mesin pencari saat ini memang tidak hanya digunakan untuk mencari artikel dan sebuah informasi.

Namun ternyata saat ini mesin pencari terutama Google telah mampu digunakan untuk mencari suatu keperluan yang dekat dengan lokasi kita. Dengan mengetikan kata kunci keperluan kita di Google maka akan muncul beberapa referensi lokasi usaha atau jasa yang  ada di kota tempat tinggal kita lengkap dengan peta yang disajikan.

Misalkan Anda ingin mencari tempat sevice laptop di Surabaya, maka dengan mengetikan “tempat service laptop di Surabaya” di pencarian Google maka Anda akan mendapatkan informasi lengkap dengan peta lokasinya tentang tempat service laptop di Surabaya tersebut.

Artikel lain: Tips Untuk Menambah Followers Google Plus Pada Halaman G+ Page Bisnis Anda

Bagaimana Google bisa menampilkan lokasi tempat usaha bisnis pada halaman hasil pencarian? Jawabannya adalah karena saat ini Google telah merilis Google Place yang bisa mengakomodasi para pemilik usaha untuk bisa mendaftarkan usahanya dan nantinya ditampilkan ke pencarian Google.

Fungsi dan Manfaat Google Place

Google Place sendiri merupakan salah satu aplikasi dan fasilitas yang diberikan oleh Google kepada para pemilik usaha dan jasa untuk menginformasikan kegiatan usahanya kepada seluruh pencari dan ditampilkan berdasarkan pencarian nama kota.

Dengan mendaftarkan usahanya ke Google Place ini maka seorang pebisnis bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat yaitu:

  • Mengelola banyak lokasi dari satu dashboard
  • Mengupdate nama, alamat, dan jam operasional bisnismu
  • Mengelola dan merespon review dari konsumen
  • Posting update dan foto-foto ke #Google+
  • Melakukan monitoring analisis tingkat tinggi, engagement, dan audiens untuk memahami bagaimana orang-orang mencari informasi mengenai tokomu

Aplikasi Google Place ini bisa Anda peroleh dari smartphone #Android yang pertama menerima update secara otomatis. Anda bisa mendownloadnya di Google Play. Sedangkan versi iOS bisa ditemukan di Apple App Store, dengan update ke versi terbaru yang akan segera muncul.

Mengoptimasi Pencarian Lokal

Dari keseluruhan fungsi yang ada, Google Place sepertinya lebih spesifik untuk mengoptimasi pencaian lokal. Meski pencarian lokal ini bisa juga Anda dapatkan dari beberapa cara seperti melalui Apple Maps, aplikasi Foursquare, situs review seperti Yelp dan Trip Advisor serta direktori online seperti Yellow Pages, namun Google Place tetap memberikan Anda awal yang baik untuk dicoba.

Ini karena sebagai sebuah mesin pencari unggulan di dunia dan penyedia platform peta terakurat, Google Place akan mengoptimasi pencarian lokal untuk lokasimu di produk-produk Google sehingga akan sedikit banyak mendorong pertumbuhan bisnis kita.




Mengoptimasi pencarian lokal yang membutuhkan data dan konten yang akurat dan relevan dari lebih 300 situs dan database tentu akan jauh lebih sulit tanpa bantuan dari penyedia solusi khusus pencarian lokal yang menggunakan platform software yang terdepan seperti Google Place.

Mulai Menggunakan Google My Business

Untuk mendaftar pada Google Place ini Anda tidak memerlukan biaya alias gratis. Cukup dengan akun Google yang kita miliki, maka Anda pun dapat mendaftarkan #website serta lokasi usaha Anda. Agar lebih familiar dengan apa yang ditawarkan Google Place, mulailah dengan halaman overview Google My Business.

Di sana Anda akan dijelaskan semua fitur dan manfaat Google Palce dengan lebih detil. Jangan ragu untuk mengklik Help untuk mendaptakan informasi yang lebih lugas dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang langkah-langkah untuk memulai.

Baca juga: Dynamic Search Ads (DSA) ~ Inovasi Google Wujudukan Pencarian Iklan yang Lebih Dinamis

Jika kamu memiliki lokasi usaha yang banyak, pertimbangkan untuk memulai dengan 10 lokasi teratas yang diurutkan berdasarkan revenue atau kepentingan strategi dengan cara terjun langsung. Dengan cara ini Anda akan menambahkan keuntungan pencarian lokal untuk lokasi-lokasi penting dan juga memberikanmu insight pada sebuah lokasi.

Google Place untuk bisnis ini penting untuk diketahui bahwa akan ada perbedaan antara “brand”mu sebagai bisnis dan lokasi individualmu. Maka dari itu Anda harus mencermati bagian halaman Location yang merupakan informasi penting yang akan muncul dalam peta di pencarian Google dan hasil pencarian di map (di kiri atas). Segera klaim dan optimasi brand page milikmu, namun untuk halaman bisnis lokal adalah fokus dalam pencarian lokal.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud