Tips Untuk Wanita Ketika Menjadi Minoritas Di Tempat Kerja

Image dari Huffingtonpost.com

Image dari Huffingtonpost.com

Secara umum, bekerja di manapun tempatnya tetap memerlukan dedikasi dan integritas yang tinggi agar bisa menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Namun sering terjadi, ketika seseorang menjadi minoritas di suatu tempat, berpotensi memendam potensi yang ada dalam diri sehingga tidak bisa memunculkan kemampuan sebenarnya ketika bekerja.

Hal yang demikian ini biasanya menjadi teror tersendiri bagi para pekerja, apalagi untuk pekerja wanita yang berada ditengah-tengah dominasi pria. Mungkin bukan khawatir akan dibully oleh mereka, namun kadang perasaan tidak nyaman membuat kita sering menjadi tidak maksimal ketika bekerja di antara para pria.

Jangan biarkan perasaan tertekan dan sebagainya menguasai diri kalian karena berada di lingkungan mayoritas pria. Tapi jika hal tersebut terjadi pada kalian, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghadapi permasalahan tersebut. Perhatikan beberapa cara di bawah ini.

1. Tetatplah Jadi Profesional dan Fokus Pada Pekerjaan

Mungkin gangguan-gangguan kecil tidak bisa kalian hindari ketika bekerja di tengah mayoritas pria. Bercanda secara berlebihan juga mungkin saja sering kalian alami, namun jangan sampai hal ini mengganggu fokus kalian. Okelah, sekali waktu kalian bisa menanggapi candaan mereka, namun juga dirasa sudah terlalu jauh, sebaiknya hentikan dan kembali bekerja.

Jadilah seorang yang profesional, dengan menjadi orang yang profesional tentu akan membuat mereka lebih respek kepada kalian. Tunjukkan bahwa wanita juga mampu bekerja dengan penuh dedikasi dan integritas tinggi.




Artikel lain: Menjadi Wanita Karir Berpenghasilan Besar? Inilah Pilihan Profesinya!

2. Cintailah Pekerjaan Kalian Sepenuh Hati

Dengan mencintai pekerjaan kalian, tentu dengan sendirinya akan membuat kalian lebih maksimal dalam bekerja. Tunjukkan kecintaan kalian pada pekerjaan dengan selalu maksimal dalam berbagai tugas dari kantor. Jangan melakukan hal-hal sepele ketika berada di kantor, seperti bermain #game, ngerumpi dan lain sebagainya.

Sesekali boleh saja menyalurkan hobi untuk meredakan ketegangan pikiran, namun jangan sampai keterusan. Itu hanya akan membuat kalian dipandang sebelah mata oleh rekan kerja kalian. Apalagi posisi kalian sebagai minoritas di tempat kerja, itu sensitif sekali.

3. Jangan Takut Bersaing Dengan Mayoritas

Dalam setiap tempat kerja, pasti akan ada persaingan. Yang perlu kalian pahami adalah, jangan pernah takut menghadapi persaingan dengan siapa saja. Selama persaingan itu dilakukan dengan cara-cara yang sehat, saya yakin dengan dedikasi yang kalian miliki pasti bisa memenangkannya.

Jangan juga kalian hanya memanfaatkan kecantikan kalian untuk memenangkan persaingan. Menjadi cantik dan menarik perlu, tapi ketika memanfaatkan hal tersebut maka halitu hanya akan membuat orang lain memandang kalian sebagai orang yang tak berkemampuan.




4. Berdandan Menarik Perlu, Tapi Sewajarnya Saja

Kalian tetap perlu menjadi seorang yang menarik, berdandanlah yang pantas dan menarik. Namun perlu kalian ketahui, jangan sampai kalian berdandan secara berlebihan, seperti berpakaian yang berlebihan, terlalu terbuka untuk menarik lawan jenis atau bermake up yang terlalu mencolok. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya kalian kurang berwawasan dalam bekerja, jadi jangan berlebihan ketika berdandan.

Dengan berdandan yang menarik dan sepantasnya, bisa membuat kalian menjadi lebih percaya diri dan sekaligus bisa meningkatkan motivasi kalian dalam bersaing dengan rekan kerja yang lain yang didominasi oleh pria.

Baca juga: 5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Pebisnis Wanita

5. Jadilah Wanita Yang Kuat, Jangan Manja

Ketika kalian berada dalam lingkungan yang sebagian besar adalah pria, maka saya sarankan jangan menjadi wanita yang lemah. Jadilah wanita yang kuat, jangan hanya karena kalian wanita lantas membuat kalian menjadi tergantung dengan orang lain. Menjadi seorang yang mandiri akan membuat orang di sekitar kalian lebih respek terhadap kalian.

Untuk menjadi wanita yang mandiri, tidak ada cara yang lebih baik kecuali dengan terus belajar apapun. Jangan berhenti belajar, teruslah bekerja keras untuk menghadapi persaingan dengan rekan kerja yang sebagian besar adalah pria.

Nah, teman-teman cewek, tidak ada alasan bagi kalian untuk takut, minder atau khawatir ketika kalian bekerja di tempat yang didominasi oleh pria. Dengan membekali diri dengan kemampuan yang lebih, pasti akan membuat kalian mampu berbicara lebih di hadapan mereka.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud