5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Pebisnis Wanita

Image dari Career-intelligence.com

Image dari Career-intelligence.com

Bisnis adalah tempat yang sangat luas dan terbuka bagi siapa saja. Tidak memandang gender, baik pria maupun wanita bisa dan boleh berkarir dalam dunia bisnis, selama mereka mampu dan memiliki kapabilitas yang cukup. Meskipun saat ini sudah mulai banyak bermunculan pebisnis wanita yang merintis dari nol dan banyak yang berhasil meneguk sukses, namun di luar sana masih lebih banyak wanita yang belum berani menekuni dunia bisnis dengan berbagai alasan.

Jika Anda seorang wanita, janganlah takut untuk memulai menjalankan sebuah bisnis. Bukan jenis kelamin yang menentukan kesuksesan seseorang dalam membangun karir di dunia bisnis. Namun, perlu juga teman-teman sadari bahwa ada beberapa kesalahan yang sering membuat para wanita gagal dalam berbisnis. Setidaknya ada 5 poin yang sering menjadi kendala dan menghambat kesuksesan wanita menjalankan usaha, perhatikan di bawah ini.

1. Kurang Pertimbangan Logis Dalam Mengambil Keputusan

Ini nampaknya dipengaruhi oleh salah satu sifat wanita yang lebih mengutamakan emosi daripada logika dalam berpikir. Sifat ini ternyata, diakui atau tidak, sangat berpengaruh terhadap cara pengambilan keputusan dari pebisnis wanita.

Tak jarang mereka lebih mengedepankan sikap emosi dalam menentukan langkah, tanpa mempertimbangkan dampak atau akibat dari keputusan yang mereka buat. Ini sangat riskan jika dibiarkan terus menerus, karena keadaan riil di lapangan atau di pasar bisa saja terabaikan karena sifat seperti ini.

Artikel lain: 3 Jenis Bisnis yang Cocok untuk Wanita Cantik

2. Empati yang Terlalu Berlebihan

Empati bukanlah sifat yang buruk, namun jika sifat ini terlalu berlebihan, apalagi di dalam berbisnis, maka Anda tidak akan pernah maju. Karena empati yang berlebihan akan membuat Anda para wanita menjadi kurang tegas mengambil keputusan. Profesionalitas Anda bisa berkurang dan bahkan bisa jadi hilang jika Anda terlalu mengedepankan sifat empati. Sekali waktu mungkin masih wajar, namun jika terus menerus itu akan menghabisi bisnis Anda sendiri.

3. Tingginya Egoisme Pada Pebisnis Wanita

Sifat ini sangat umum dimiliki oleh para wanita, meskipun ada juga yang bisa mengendalikan diri. Egoisme yang tinggi sangat berbahaya jika Anda biarkan tanpa Anda kendalikan dengan baik. Keinginan untuk menonjolkan diri dan ingin lebih dari yang lain, bisa membuat hubungan dengan relasi menjadi buruk.

Kondisi ini tidak baik untuk masa depan bisnis bagi para pebisnis wanita. Untuk itu, jika Anda adalah wanita yang sedang meniti karir dalam dunia bisnis, mulai dari sekarang cobalah untuk mengontrol ego pada diri Anda. Percayalah, ini bagus buat Anda dan bisnis Anda ke depan.

4. Sifat Materialistis yang Terlalu Tinggi

Mungkin tidak semua wanita seperti ini, namun ada banyak wanita yang memiliki sifat materialistis. Sifat ini sangat bebahaya jika Anda biarkan saja dan terus dipelihara. Kesukaan berbelanja barang yang tidak diperlukan merupakan salah satu ciri sifat materialistis.

Jangan biarkan sifat seperti ini menguasai diri Anda, sifat materialistis jika terus Anda turuti, tidak akan pernah ada puasnya. Keinginan Anda akan terus bertambah dan kadang tanpa mengindahkan kesehatan finansial Anda sendiri. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu mengelola pengeluaran dengan baik. Jangan sampai sifat materialistis tersebut menghancurkan bisnis yang sedang Anda kelola.




Baca juga: 6 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Paska Cuti Melahirkan

5. Kepercayaan Diri yang Kurang

Kebanyakan wanita yang belum pernah terjun ke dunia bisnis merasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki. Meskipun ini juga sering menimpa kaum lelaki, namun pada wanita tekanan ini terlihat lebih banyak.

Perasaan minder dan kurang yakin karena berbagai hal sering menjadi kendala para wanita ketika ingin menekuni dunia bisnis. Perasaan seperti terbebani bahwa yang harus mencari nafkah adalah laki-laki, bisa menjadi virus yang sangat berbahaya jika terus dibiarkan. Hal ini bisa mengikis kepercayaan diri bagi para wanita.

Nah, itulah beberapa kesalahan dari pebisnis wanita yang bisa membahayakan jika terus dibiarkan. Untuk itu, jika Anda seorang wanita dan sedang berbisnis, ada baiknya untuk sedikit merubah sifat-sifat di atas jika itu ada pada diri Anda. Mungkin tidak bisa sekaligus dihilangkan, namun paling tidak jika Anda bisa mengendalikannya itu akan jauh lebih baik.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud