Tips Tetap Produktif Saat Lebaran Untuk Para Blogger

tips menulis blog

Image dari Problogger.net

Hari Lebaran adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim sedunia. Termasuk juga di Indonesia, Lebaran adalah hari kemenangan bagi umat Islam setelah selama satu bulan menjalankan ibadah puasa. Ketika Lebaran datang, umat Islam akan sangat disibukkan dengan berbagai agenda bersilaturrahim dengan sanak saudara dan bermaaf-maafan.

Nah, dengan banyaknya kesibukan yang harus dijalani ini, bagi kita seorang blogger tentu harus pandai-pandai mengelola waktu agar tetap bisa bekerja di tengah kesibukan bersilaturrahim dengan keluarga. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa sedikit memberi solusi pada Anda agar tetap bisa produktif dalam mengelola blog.

1. Siapkan Banyak Artikel Untuk Blog Anda Sebelum Lebaran Tiba

Tidak bisa tidak, artikel adalah nyawa dari sebuah blog. Anda tentu tidak bisa atau kesulitan dalam mengembangkan blog ketika Anda sama sekali tidak melakukan update artikel pada blog. Maka, meski sesibuk apapun Anda, usahakan tetap memiliki waktu untuk melakukan update pada blog Anda. Salah satu caranya adalah dengan menabung artikel, jadi buatlah artikel sebanyak mungkin.

Jadi ketika Anda sibuk saat lebaran, setidaknya Anda sudah mempunyai simpanan artikel yang saat dimana ada sedikit waktu senggang ketika Lebaran, Anda tinggal memposting saja.

Artikel lain: 5 Tips Tingkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger




2. Rencanakan Waktu Posting Dan Bersilaturahim Dengan Efisien

Selain menyiapkan banyak artikel, yang juga harus Anda lakukan adalah dengan membagi waktu. Ini sangat penting sekali dilakukan oleh para blogger saat Lebaran, Anda harus bisa membagi waktu antara mengurus blog dengan bersillaturahim. Cara yang bisa Anda lakukan dalam membagi waktu ini adalah, buatlah jadwal antara bersillaturahim dan posting blog.

Biasanya menurut pengalaman, waktu yang sering digunakan untuk bersillaturrahim adalah pagi hari sampai siang. Nah, biasanya, antara siang sampai sore digunakan untuk beristirahat sejenak, di waktu itulah Anda bisa memanfaatkan nya untuk mengurus blog. Atau jika ingin menambah waktu, Anda bisa memanfaatkan waktu di pagi hari setelah sholat Subuh.

3. Manfaatkan Waktu Sebaik-baiknya

Anda harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, jangan sampai waktu yang hanya sedikit itu Anda sia-siakan jika memang ingin tetap bisa produktif dalam mengurus blog. Ketika Anda sudah memiliki tabungan artikel, maka Anda akan bisa memaksimalkan waktu sempit yang ada. Jadi cara agar tetap bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin salah satunya ya tetap memiliki banyak artikel sebelumnya.

4. Tentukan Target Jangka Pendek Anda

Salah satu cara untuk menyikapi sempitnya waktu Anda saat Lebaran, Anda bisa membuat target jangka pendek pada blog Anda. Misalnya dengan hanya memposting beberapa artikel saja dalam kurun waktu saat Lebaran. Ini juga akan sangat membantu Anda agar blog Anda tetap bisa update dan tetap bisa berbagi informasi pada pembaca. Tips dalam membuat target jangka pendek, siapkan beberapa artikel yang berkualitas dan benar-benar bermanfaat untuk pembaca.

Misalnya, jika biasanya setiap hari Anda posting artikel 4 sampai 5, maka ketika Lebaran Anda bisa menguranginya menjadi dua atau satu artikel saja namun dengan bobot yang lebih berkualitas. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk menyikapi kesibukan saat Lebaran.




Baca juga: Mau Artikel Blog Menjadi Viral di Media Sosial? Cobalah 5 Tips Berikut Ini

5. Pecah Pekerjaan Menulis Artikel Menjadi Bagian Kecil

Tips selanjutnya, ini jika Anda terpaksa sama sekali tidak memiliki tabungan artikel, maka Anda tetap bisa membuat artikel saat Lebaran. Caranya adalah dengan memecah pekerjaan menulis artikel menjadi beberapa bagian kecil. Misalnya, tahap pertama Anda mencari bahan untuk dijadikan sebuah artikel, setelah itu berhenti sejenak.

Kemudian dilanjutkan di waktu yang lain dengan membuat kerangka artikel, seperti membuat beberapa sub judul dan sebagainya, kemudian berhenti sejenak. Terakhir melakukan finishing pada artikel, semua ini dilakukan dengan catatan diselesaikan dalam satu hari. Dengan cara ini mungkin sedikit bisa mengatasi sempitnya waktu Anda namun tetap bisa melakukan update pada blog Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagi untuk Anda agar tetap bisa produktif dalam menjalankan blog. Namun demikian, ada baiknya juga dalam waktu yang sangat istimewa ini Anda tetap mengutamakan bersilaturrahim dengan famili dan saling maaf memaafkan. Dan lebih baik lagi jika Anda bisa meninggalkan aktivitas blogging Anda barang sehari atau dua hari, selain untuk bersillaturrahim juga untuk merefresh otak agar bisa lebih segar untuk kemudian bekerja lagi.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Tanggung, bacanya spas setelah lebaran….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud