5 Tips Tingkatkan Konsentrasi Menulis Seorang Blogger

Image dari Rawstory.com

Image dari Rawstory.com

Jika Anda seorang #blogger, maka kegiatan menulis pasti tak akan lepas dari agenda Anda sehari-hari. Sayangnya, tak sedikit blogger yang mengalami kesulitan untuk produktif menghasilkan tulisan tiap hari karena masalah konsentrasi saat menulis. Menulis yang merupakan aktivitas menuangkan ide dan merangkai kata memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Sedikit gangguan saja maka kegiatan menulis Anda akan berantakan dan bisa jadi tak terwujud. Maka untuk Anda seorang blogger, konsentrasi adalah hal yang pokok yang perlu selalu Anda jaga terus menerus untuk menciptakan produktivitas.

Namun jika Anda seringkali mengalami gangguan konsentrasi, maka Anda harus segera bergerak untuk mencari solusinya. Berikut beberapa tips bagi blogger yang memiliki masalah produktivitas untuk tingkatkan konsentrasi menulis.

1. Mengeliminasi Gangguan Sesaat Sebelum Menulis

Tips pertama untuk tingkatkan kosentrasi saat menulis adalah dengan menghilangkan gangguan sesaat sebelum menulis. Umumnya gangguan yang seringkali menyelimuti para bloger sesaat sebelum menulis adalah melihat televisi, main playstation, keluar rumah dan lain-lain. Saat melihat televisi, meskipun sekilas, Anda bisa terpacu untuk terus menonton jika memang acara yang sedang Anda lihat merupakan acara yang sedang Anda gemari.

Begitu pula dengan bermain playstation, meskipun mungkin Anda beranggapan hanya sebentar saja, namun jika kemudian Anda menjadi serius maka kegiatan ini akan menjadi candu buat Anda. Dan jika Anda keluar rumah, Anda juga bisa jadi akan kehilangan konsentrasi menulis. Karena di luar sana, bisa jadi Anda bertemu teman atau orang lain yang membuat Anda harus berlama-lama ngobrol dan akhirnya kegiatan menulis pun jadi terlupakan.

Artikel lain: 5 Kegiatan Positif Untuk Mengusir Kejenuhan Blogger

2. Jauhkan, Silent atau Non-Aktifkan Gadget

#Gadget memang perangkat yang akan sangat mengganggu blogger saat menulis. Bagaimana tidak, adanya notifikasi atau peberitahuan yang terus menerus dari instan messaging seperti WhatsApp, BBM, Line dan lainnya pasti akan membuat Anda tergoda untuk mencobanya.

Belum lagi notifikasi yang muncul dari email dan #media sosial serta panggilan masuk, tentu hal-hal ini akan mengganggu konsentrasi Anda saat menulis. Maka dari itu untuk masalah gadget ini seharusnya Anda tak kompromi untuk menghindarinya. Dalam hal ini, Anda bisa membuat jauh gadget Anda, men-silent atau me-nonaktifkan gadget sesaat akan melakukan aktivitas menulis.

3. Hindari Mengakses Media Sosial

Kemunculan media sosial yang sangat fenomenal saat ini memang sedikit banyak akan mempengaruhi aktivitas blogging para blogger. Ya, kebanyakan blogger yang masih banyak memanfaatkan laptop dalam menulis konten akan selalu digoda oleh media sosial yang bisa diakses langsung melalui perangkat yang sama. Media sosial yang selalu menggoda para blogger ini tentu akan mengganggu konsentrasi Anda saat menulis.

Karena bisa jadi saat Anda mengakses media sosial, Anda malah berlarut larut menghabiskan waktu Anda di sana. Untuk bisa menghidari akses ke media sosial yang mengganggu, Anda bisa melakukan tindakan tidak menyambungkan koneksi #internet sejak awal laptop dinyalakan. Dan bertekad tidak menyambungkan koneksi internet hingga target tulisan Anda terpenuhi.




4. Pastikan Semua Pekerjaan Lain Telah Terselesaikan

Sebelum memulai aktivitas menulis, Anda harus memastikan semua hal atau aktivitas lain telah Anda kerjakan dengan tuntas. Terkadang terganggunya konsentrasi ini juga banyak disebabkan oleh aktivitas lain yang masih mengganjal blogger untuk menulis.

Akhirnya mereka pun meninggalkan laptopnya yang sudah menyala untuk pergi mengerjakan pekerjaan lain yang belum terselesaikan tersebut. Maka dari itu untuk bisa membuat kegiatan menulis Anda penuh konsentrasi, nyaman dan tanpa gangguan, Anda harus memastikan semua pekerjaan lain telah terselesaikan dengan baik.

Baca juga: Ingin Jadi Blogger Produktif? Coba Jalankan Sistem Ini

5. Cari Lokasi yang Kondusif Untuk Konsentrasi Menulis

Terakhir, tips untuk blogger meningkatkan konsentrasi menulis adalah dengan mencari yang nyaman dan kondusif. Tempat memang hal yang sangat urgent untuk menghasilkan tingkat fokus dan konsentrasi yang tinggi.

Meskipun Anda orang yang tidak memiliki masalah dengan tempat yang seberisik apapun, namun alangkah baiknya lagi Anda memilih tempat yang bebas dari suara yang berisik dan kondusif. Umumnya tempat yang memiliki karakteristik demikian akan menciptakan rasa yang nyaman dan menyenangkan. Nah. Ketika Anda sudah merasakan rasa nyaman, maka fokus dan konsentrasi menulis Anda pun akan meningkat berkali-kali lipat.



7 total comments on this postSubmit yours
  1. mantap nih tips nya. kalo saya lebih konsen blogging saat saya lagi mood posting. bisa dimanapun, dikantor, dirumah, di kereta api, diperjalanan, terkadang ide posting muncul diwaktu2 tertentu. pada saat ide itu muncul, barulah konrentrasi tingkat itu muncul…

  2. Memang konsentrasi menjadi hal yang urgent dalam menulis. Sedikit kehilangan fokus ide kreatif bisa berantakan bahkan hilang begitu saja. Terima kasih tips nya mas.

  3. Tapi kadang faktor malas dan penat bang bikin konsentrasi kita buyar saat menulis postingan. karna ilmunya masih dangkal seperti saya ini. hahaha

  4. Wah keren banget mas tulisanya sangat bermanfaat dan kebetulan saya sedang mencari tau caranya..
    memang di atas itu seperti “tamparan” deh abisnya gimana gitu ya, yang mas tulis hampir2 ngena ke diri saya sendiri

  5. baru tau kalau media sosial juga mengganggu saat menulis :)
    tapi bener sih mas, biasanya saya kalo diselingi buka sosial media pasti post saya simpan dan dilanjutkan keesokan harinya.,

  6. saya keseringan membuka media sosial saat ingin menulis artikel di blog,setelah berlarut larut di media sosial eh malah gak jadi nulis artikel karena sudah banyak waktu yang terbuang di sana.

  7. Memang selalu banyak gangguan jika ingin mulai menulis, terutama medsos dan gadget, mudah2an konsentrasi bisa semakin meningkat, thanks.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud