Mau Artikel Blog Menjadi Viral di Media Sosial? Cobalah 5 Tips Berikut Ini

viral media sosial

Sepertinya aktivitas #blogging saat ini akan sangat sulit dipisahkan dengan media sosial. Keefektifan media sosial memang akan sangat banyak membantu para blogger dalam usaha mempromosikan atau mempopulerkan blog. Dengan menyebarkan konten postingan ke media sosial, maka Anda akan berpeluang besar untuk membuat artikel blog Anda menjadi viral (tersebar dengan luas dan populer) sehingga akan menjadikan blog Anda banyak dikenal orang.

Namun guna mensukseskan artikel blog menjadi viral, Anda membutuhkan beberapa tips untuk menjalankannya. Lalu seperti apakah tips untuk membuat artikel blog menjadi viral di media sosial? Berikut ulasannya.

1. Tulis Konten yang Orisinil

Tips pertama untuk menjadikan artikel viral di #media sosial adalah dengan menulis artikel yang orisinil atau tidak copas alias copy-paste (copas). Artikel copas bisa dipastikan akan gagal untuk menjadi viral karena artikel orisinil yang ada akan lebih dulu sudah viral dan diketahui banyak orang.

Dan saat Anda melakukan copas dan mencobanya membaginya di media sosial dengan harapan viral maka Anda akan ditolak netizen karena mereka sudah mengetahui artikel orisinil yang terlebih dahulu viral.

Dalam arti lain, Anda gampang ketahuan kalau ada telah melakukan copy paste. Saat ketahuan, maka orang lain pun akan malas untuk membaca dan membagikan artikel hasil copasan Anda tersebut.  Alih-alih menjadi viral, umumnya artikel hasil copasan akan tenggelam di dasar lautan mesin pencari Google.




Artikel lain: 6 Daftar Tempat Sharing Postingan Blog Guna Meningkatkan Traffic

2. Beri Judul yang Menarik

Judul adalah bagian dari artikel blog yang pertama kali terlihat dan dibaca oleh orang lain. Maka, untuk bisa menjadi viral di media sosial, Anda perlu membuat judul yang menarik pembaca. Tidak sedikit memang pembaca yang melakukan share artikel hanya dengan melihat judul dari artikel blog yang dibacanya tanpa membaca keseluruhan blog.

Di sinilah keuntungan Anda saat memiliki judul blog yang menarik. Namun, Anda saat membuat judul, Anda juga harus menyesuaikannya dengan tema dan isi artikel. Jangan sampai membohongi pembaca dengan konten yang tidak berhubungan sekali dengan judul yang dicantumkan.

3. Pancing Emosi Pembaca

Setelah judul, isi artikel adalah hal berikutnya yang sangat mendukung pembaca blog akan melakukan share artikel Anda untuk menjadi viral. Artikel blog yang notabene adalah sebuah konten yang memang diperuntukkan untuk dibaca akan menentukan hasil dan respon pembaca.

Jika Anda tidak bisa mempengaruhi pembaca Anda, maka artikel yang telah Anda share ke jejaring sosial akan kemungkinan gagal untuk mencapai viral. Untuk mempengaruhi pembaca ini maka Anda harus bisa membuat konten yang bisa memancing emosi pembaca.




Artikel yang bisa memancing emosi pembaca bukan hanya sekedar yang bermanfaat, namun artikel ini haruslah sesuatu yang bisa mempengaruhi emosi pembaca, yang bisa mengena di hati dan pikirannya. Bagaimana caranya? Saat menulis posisikan kita sebagai pembaca.

4. Buat Pembaca Membagikan Artikel Kita

Jangan ragu untuk meminta pembaca untuk membagikan artikel yang telah Anda tulis itu untuk dibagi ke media sosial mereka. Hal ini bukanlah sebuah pemaksaan, namun memberikan penawaran kepada pembaca agar artikel tersebut bisa dibaca oleh orang lain.

Supaya target viral bisa cepat tercapai, di akhir artikel tidak ada salahnya menuliskan permintaan tolong kepada pembaca untuk membagikan. Misalnya: “Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa dishare ya, supaya teman-teman yang lain juga tahu informasi ini.”

Baca juga: 5 Tips Sukses Untuk Menjadi Blogger Paruh Waktu

5. Bagikan di Waktu yang Tepat

Terakhir, tips untuk menjadikan artikel viral di media sosial adalah dengan menyebarkan di waktu yang tepat. Timming atau momentum ketepatan waktu memang sesuatu yang juga penting dalam menjadikan artikel bisa menjadi viral.

Cobalah memposting dan membagi artikel Anda di media sosial di waktu-waktu dimana netizen sedang banyak yang online. Waktu-waktu itu umumnya terjadi pada jam-jam istirahat makan siang, malam hari antara jam 8 sampai jam 11 dan di pagi hari pada jam-jam bangun tidur.

Di waktu-waktu inilah akan banyak orang yang online dengan berada di dunia maya dan beraktivitas di akun sosial media. Hindari membagi artikel di jam-jam sibuk kerja, belajar dan waktu tidur.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Ternyata waktu publish juga sangat berpengaruh ya. Saya biasanya tidak memperhatikan waktu publishnya. Terimakasih infonya

  2. makasi mas, kebetulan saya ingin bisa membuat konten yang bisa viral di sosmed

  3. poin yang terakhir itu memang sangat terbukti

    biasanya saya share habis isya’

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud