Tips SEO Untuk WordPress ~ 6 Kesalahan Yang Harus Kita Hindari

Tips-SEO-Untuk-WordPress

Kebanyakan website atau blog bisnis biasanya menggunakan CMS WordPress karena memang platform ini sangat mudah di-aplikasikan untuk membuat sebuah website atau blog yang terlihat profesional. Walaupun begitu, tidak semua web master atau pemilik web benar-benar mengerti saat melakukan pengaturan pada website WordPress mereka. Tampilan yang elegant tidak selalu memberikan dampak yang maksimal, sebuah website juga harus memiliki kualitas dari sisi SEO (search engine optimization).

Kesalahan pada pengaturan sebuah website WordPress bisa berakibat tidak maksimalnya website tersebut di mesin pencari, sehingga web tersebut akan kehilangan trafik potensial secara terus menerus. Tentunya ini sangat buruk untuk sebuah bisnis. Apakah Anda sudah mengatur web WordPress Anda dengan baik? Apakah setiap postingan Anda sudah dioptimalkan?

Mungkin saja saat ini pengaturan web/ blog WordPress Anda tidak maksimal, sehingga website bisnis Anda tidak mendapat posisi yang baik dalam hasil pencarian Google. Dalam artikel ini Maxmanroe.com akan memberikan tips singkat bagaimana kita bisa memperbaiki SEO untuk WordPress Anda sehingga akan meningkatkan posisi web tersebut di Google, tentunya ini akan meningkatkan trafik website.

Berikut ini adalah 6 KESALAHAN yang harus dihindari jika Anda membangun sebuah website dengan platform WordPress:

1. Tidak Menggunakan Plugins SEO

Meskipun pada dasarnya platform WordPress telah menawarkan struktur yang baik untuk SEO, kita tetap perlu untuk menambahkan plugin untuk mengoptimalkannya. Salah satunya adalah dengan menginstall Plugins SEO pada WordPress kita. Ada dua plugins yang bisa kita andalkan untuk hal ini, diantaranya: All In One SEO Pack dan WP SEO by Yoast.

Blog Maxmanroe.com menggunakan plugin WP SEO by Yoast. Dengan menggunakan plugin ini kita bisa menambahkan judul untuk halaman utama, halaman postingan, menentukan focus keyword, dan beberapa kemudahan lainnya. Selain itu, plugin ini juga bisa memperkirakan score SEO sebuah postingan.

Artikel terkait: Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast

Lihat gambar pada spoiler berikut:

[spoiler]SEO-Untuk-WordPress1[/spoiler]

2. Tidak Menambahkan Keywords di Dalam Judul dan URL Halaman

Mesin pencari seperti Google dapat mengetahui topik sebuah halaman website jika dalam website tersebut terdapat kata kunci yang sesuai dengan konten di dalamnya. Kata kunci tersebut sebaiknya dimasukkan pada judul, deskripsi, URL, dan konten, karena Google biasanya meranking sebuah halaman website dengan memperhatikan bagian tersebut.

Misalnya kita ingin meranking kata kunci “Cara menambah followers di Twitter” maka

www.maxmanroe.com/cara-menambah-followers-di-twitter

akan lebih baik dari

www.maxmanroe.com/?p=145

Karena itu pastikan Anda telah mengubah pengaturan permalink WordPress Anda. Ini bisa dilakukan melalui halaman Settings >> Permalinks pada dashboard WordPress Anda, atau bisa juga dengan melakukan pengaturan di plugin WP SEO by Yoast. Pengaturan permalinks untuk Maxmanroe.com menggunakan format berikut, lihat spoiler.

[spoiler]SEO-Untuk-WordPress2[/spoiler]

3. Tidak Menambahkan XML Sitemap

Halaman XML Sitemap adalah halaman khusus yang mirip seperti daftar isi. Melalui halaman ini crawler mesin pencari dapat mengetahui konten apa saja yang ada di dalam sebuah website, dan seberapa sering website tersebut di-update. Memang crawler dapat menjelajahi sebuah website tanpa harus ada halaman XML sitemap, namun beberapa konten bisa terlewat. Misalnya beberapa konten di website Anda tidak terdapat internal link atau link menuju halaman lain, maka kemungkinan besar konten tersebut akan terlewat oleh crawler dari mesin pencari.

Jika kita membuat halaman XML Sitemap, maka akan terdapat link menuju semua halaman yang ingin kita indeks sehingga akan memudahkan crawler untuk menjelajahi setiap halaman. Kita bisa membuat halaman XML Sitemap dengan bantuan plugin WP SEO by Yoast, atau bisa juga dengan plugin Google XML Sitemap.

[spoiler]SEO-Untuk-WordPress3[/spoiler]

4. Tidak Mengatur Google Authorship

Sangat disayangkan jika saat ini website Anda tidak menggunakan Google Authorship. Selain sangat baik untuk branding nama Anda sebagai penulis, Google Authorship juga akan meningkatkan jumlah klik website Anda di mesin pencari karena gambar/ foto penulis akan terlihat di mesin pencari.

Keuntungan lainnya menggunakan Google Authorhip adalah dari sisi SEO sebuah website. Artikel dari penulis yang memiliki spesialisasi pada bidang tertentu cenderung memiliki ranking lebih bagus di Google dibandingkan dengan penulis yang jarang menulis tentang topik yang ditarget. Misalnya Anda memiliki spesialisasi pada bidang social media atau SEO, maka konten Anda tentang topik tersebut akan lebih baik di mesin pencari dibanding dengan konten dari penulis lain yang membangun konten ‘gado-gado’ di websitenya.

Artikel terkait: Author Rank, SEO dan Google Plus ~ Mengapa Mereka Penting?

[spoiler]Tampilan Google Authorship [/spoiler]

5. Tidak Membangun Internal Links Pada Konten

Membangun konten pada sebuah website/ blog memang perlu dilakukan terus menerus untuk memberikan informasi terbaru seputar perkembangan bisnis Anda kepada klien/pembaca, termasuk mesin pencari. Selain itu, kita juga perlu membangun internal link antar konten terkait di dalam website. Ini dapat meningkatkan pengalaman user selama berada di website Anda.

Artikel terkait: Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?

6. Memasukkan Keywords Penting pada Konten Yang Buruk

Tentunya kita tidak ingin membangun konten yang tidak bermanfaat di dalam website bisnis. Bayangkan Anda membuat sebuah halaman yang isinya sama sekali tidak bermanfaat bagi pembaca Anda, di sana Anda memasukan kata kunci penting yang menggambarkan core bisnis Anda. Lalu Anda berusaha mengoptimasi halaman tersebut di mesin pencari dengan memberikan links ke halaman tersebut.

Jika halaman tersebut tidak memiliki value, tentu saja tidak akan mendapat posisi yang baik di mesin pencari. Atau jika memang Anda berhasil mengoptimasi halaman tersebut di mesin pencari, tentu pembaca akan merasa kecewa dengan konten Anda, dan langsung menutup halaman tersebut…Anda sendiri yang rugi. Perhatikan keywords yang Anda bidik, jika halaman tersebut memang penting, maka Anda harus membangun konten yang berkualitas di dalamnya.

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

71 pemikiran pada “Tips SEO Untuk WordPress ~ 6 Kesalahan Yang Harus Kita Hindari”

  1. Tidak Mengatur Google Authorship…ini kesalahan saya. terimakasih saya coba terapkan dan mudah2an berdampak bagus ke web saya

    Balas
  2. terimakasih om.. saya seneng banget dan betah kalo baca baca blog si om.. mantep isinya

    Balas
  3. Tks infonya sangat menarik. Saya masih belajar wordpress nih masih banyak fiturnya juga yg belum familiar. Artikelnya cukup membuka wawasan. Tapi memang susah euy nambah trafik pengunjung ?

    Balas
  4. Saya kurang paham yang Google Authorship Mas.. coba saya cari tau lebih banyak ya.. Makasih informasinya Mas.

    Balas
  5. wah bener banget om, yang om bilang itu kadang ane gak pake plugin dan emang itu sangat penting ternyata. gara gara baca diblog ini sekarang ane mengerti. baru belajar blog om nih ane. thanks om

    Balas
  6. Mas saya mau bertanya, kalau kita mengisi kotak meta descripsi di Yoast, saat di postingan, apa akan menghalangi bot google merayapi keseluruhan postingan ? dan hanya berfokus ke kata yang ada di kotak meta descripsi nya ?

    Balas
  7. Wah ini sangat bermanfaat, saya juga mengunakan yoast, oiya pak meta tag itu penting atau tidak pak? Harus diisi atau tidak? Terimakasih

    Balas
  8. Thanks tutorialnya om.
    Sekalian saya mau tanya. ceritanya saya sudah 1 tahun lebih punya wordpress tapi masih nempel di wordpress.com. nah saat ini, saya sudah pindah hosting jadi hosting sendiri. wordpress saya sebelumnya saya jadikan backlink ke wordpress saya yg baru. nah kalo gitu ga apa2? soalnya takut Google nyangkanya wordpress saya yang baru itu duplikat dari wordpress saya yang lama.

    ini wordpress sy yang lama : mynotescode.wordpress.com
    ini wordpress sy yang baru : mynotescode.com

    Mohon pencerahannya om. Terimakasih.

    Balas
  9. Mau tanya, saya buat blog dengan menggunakan WordPress.com cara memaksimalkan seo nya bagaimana ya?apa harus bikin ulang di WordPress.org?

    Balas
    • Sebenarnya ga harus pakai WordPress.org, walaupun memang fitur WordPress.org lebih lengkap dibanding WordPress.com. Untuk memaksimalkan SEO dengan WordPress.com sebenarnya hampir sama dengan WordPress.org, hanya saja karena memiliki keterbatasan jadi tidak optimal seperti website WordPress.org.

      Balas
  10. Boleh juga nih dicoba tips SEO nya. Saya mau usul, gimana kalau bikin artikel tentang panduan instalasi plugin Yoast SEO, soalnya agak bingung bagi blogger pemula seperti saya. Itu saja, makasih. Salam sukses

    Balas
  11. Terima kasih mas, jadi bisa nambah wawasan di dunia blogging nie buat pemula dari saya,,, salam kenal mas di tunggu update artikelnya lagi tentang optimasi blog :D

    Balas
  12. sangat jelas sekali penuturan katanya,,
    saya sering baca tentang seo di blog ini karena blog ini adalah salahsatu blog saya percayai..

    terima kasih.

    Balas
  13. Tipsnya sangat membantu mas buat saya yang sedang belajar SEO. Akan saya terapkan pada blog saya :)

    Balas
  14. trimaksih atas pencerahan SEO yang sangat membantu untuk pemula maupun yang sudah ahli

    Balas
  15. makasih banyak mas infonya
    sy bikin website baru 1 bulan apakah bisa seo di google ya ?
    kompetitornya tidak terlalu banyak mas
    makasih

    Balas
  16. Aku digunakan untuk mengatur terlalu banyak plugin mengarah ke situs download panjang . Tapi sekarang aku telah menghapus banyak plugin yang tidak perlu .

    Balas
  17. Plugin seo by yoas untuk di wordpress yg gratis bisa? Saya klik plugin pilihannya harus upgrade. Maaf newbie

    Balas
  18. sangat bermanfaat gan, saya sudah menerapkanya, dan berhasil sih walau trafik bulanan dibawah 100K

    Balas
  19. web umurnya masih muda,targetnya gak muluk-muluk,,masih belajr seo juga,tapi hasilnya malah pusing hhahaha

    Balas
  20. Saya masih bingung dengan plugin SEO dari Yoas.. setelah membaca artikel link setting YOAS.. Lumayan membatu pemahaman… Thanks ya…

    Balas
  21. terima kasih mas untuk pembelajarnnya mengenai seo…. kami yang bekerja sebagai penyedia jasa harus terus belajar tentang seo ini

    Balas
  22. Mas mau tanya, apakah google Authorship masig ada pada saat ini, saya newbe di bagian ini jadi saya pngen tau lebih mas, mohon bantuanya.
    terimakasih banyak.

    Balas
  23. WordPress memang terkenal dengan fitur SEO yang lebih mumpuni. Tapi sayangnya saya sudah terbiasa menggunakan Blogspot. Mulai sekarang baru belajar menggunakan WordPress. Semoga kedepannya dapat sehebat website Agan. Hehehe. . . Semoga sukses selalu gan :-D

    Balas
  24. Tolong juga Maxmanroe diposting tips SEO untuk blog / web yang dibangun dengan CMS joomla. Kedua blog / web saya menggunakan platform ini. Apakah menambahkan plugin atau ekstensi untuk blog / web CMS tidak memberatkan saat loading? Mohon dibalas, makasih.

    Balas
    • Terus terang, saya kurang paham tentang platform Joomla. Optimasi SEO nya tentu saja kurang lebih sama dengan platform lain, optimasi dari sisi on page dan offpage.

      Balas
  25. Untuk pemula seperti saya yg baru belajar SEO artikelnya sangat membantu.

    Balas
  26. Mas Max, kalau selama ini kita salah cara mengatur SEO atau kita lakukan salah satu dari 6 kesalahan yang harus kita hindari sesuai dengan artikel Mas Max, yang membuat website kita tidak berkembang apakah bisa kita perbaiki, kemudian kita hindarkan 6 kesalahan tersebut, apakah kemudian website bisa jadi lebih baik?

    Balas
  27. dari browsing2 akirnya nemu artikel ini dan sangat bermanfaat bagi saya, thanks tips nya gan.

    Balas
  28. Terimakasih mas, artikelnya sangat bermanfaat, namun saya punya kendala mas, setelah baca blog mas, disitu ada yoast, tapi sebelumnya saya ga pake sama sekali, trus pas dicoba pake yoast kan jadi berubah mas, termasuk jenis post juga, menjadi nama situs/nama artikel, padahal sebelumnya nama site/tahun/bulan/artikel..

    trus kalo udah gitu gimana mas, pas dicoba diklik tautan sebelumnya jadi no found..
    sarannya sangat diharapkan.. terima aksih

    Balas
    • Fungsinya untuk SEO seperti apa? Misalnya SEO untuk konten teks, dan SEO untuk konten gambar. Kalau fungsinya berbeda tidak masalah install dua plugins yang berbeda, tapi kalau fungsinya sama ya instal salah satu saja

      Balas
  29. yang terakhir jleb banget mas hehehe….,,ya percuma udah dioptimasi tapi content poor sama aja boong..,, manteb banget mas tipsnya

    Balas
  30. ask gan ,rekomendasi plugin apa saja yang bisa di pasang di wordpress?saya pakai yoast …

    Balas
  31. wah makasih banyak mas ilmunya, ternyata masih banyak kategori diatas yang belum aq masukan ke websiteku. langsung optimasi lah :D

    Balas
  32. memang benar mas jika blog kita menggunakan wordpress plugin utama yg harus ada adalah aio seo pack atau wordpress seo by yoast pengalaman saya sudah menerapkanya di beberapa blog saya nuwun salam kenal

    Balas
  33. mlm mas..

    kalo untuk contoh alamat
    1234.com/567

    567 -> bisa dbuat sendiri atau otomatis?

    Balas
  34. Terima kasih mas atas 6 tips seo untuk wordpress untuk menghindari kesalahan yang fatal tersebut. Jujur saya sebagai pemula dalam hal WP tutorial diatas sangatlah berguna bagi saya

    Balas
  35. ini yang di cari-cari
    makasi om max
    btw untuk keyword pada image bisa tidak di pakai..?

    Balas
    • Bikin user baru aja dengan nama yang baru yang berbeda. Buka link Users >> Add New, username nya buat yang unik, role nya sebagai admin, trus admin yang lama bisa dihapus mas.

      Balas
  36. terimakasih ya mas, trik nya bagus bagus, bikin kita banyak kita belajar disini, khusus untuk google autorship itu kalo kita pakai plugins-nya (apa aja yang harus di setting?) thanks

    Balas
  37. Aritikelnya Sangat Bermanfaat Sekali. Bisa Langsung Di Praktekin.

    Terimakasih :)

    Balas
  38. Hallo mas max.

    Tulisan yang menarik. Saya masih ketinggalan di point 4. Tidak Mengatur Google Authorship. Saya mau mencoba dulu.

    Terima kasih

    Balas

Tinggalkan Balasan