Tips SEO Untuk WordPress ~ 6 Kesalahan Yang Harus Kita Hindari

Tips-SEO-Untuk-WordPress

Kebanyakan website atau blog bisnis biasanya menggunakan CMS WordPress karena memang platform ini sangat mudah di-aplikasikan untuk membuat sebuah website atau blog yang terlihat profesional. Walaupun begitu, tidak semua web master atau pemilik web benar-benar mengerti saat melakukan pengaturan pada website WordPress mereka. Tampilan yang elegant tidak selalu memberikan dampak yang maksimal, sebuah website juga harus memiliki kualitas dari sisi SEO (search engine optimization).

Kesalahan pada pengaturan sebuah website WordPress bisa berakibat tidak maksimalnya website tersebut di mesin pencari, sehingga web tersebut akan kehilangan trafik potensial secara terus menerus. Tentunya ini sangat buruk untuk sebuah bisnis. Apakah Anda sudah mengatur web WordPress Anda dengan baik? Apakah setiap postingan Anda sudah dioptimalkan?




Mungkin saja saat ini pengaturan web/ blog WordPress Anda tidak maksimal, sehingga website bisnis Anda tidak mendapat posisi yang baik dalam hasil pencarian Google. Dalam artikel ini Maxmanroe.com akan memberikan tips singkat bagaimana kita bisa memperbaiki SEO untuk WordPress Anda sehingga akan meningkatkan posisi web tersebut di Google, tentunya ini akan meningkatkan trafik website.

Berikut ini adalah 6 KESALAHAN yang harus dihindari jika Anda membangun sebuah website dengan platform WordPress:

1. Tidak Menggunakan Plugins SEO

Meskipun pada dasarnya platform WordPress telah menawarkan struktur yang baik untuk SEO, kita tetap perlu untuk menambahkan plugin untuk mengoptimalkannya. Salah satunya adalah dengan menginstall Plugins SEO pada WordPress kita. Ada dua plugins yang bisa kita andalkan untuk hal ini, diantaranya: All In One SEO Pack dan WP SEO by Yoast.

Blog Maxmanroe.com menggunakan plugin WP SEO by Yoast. Dengan menggunakan plugin ini kita bisa menambahkan judul untuk halaman utama, halaman postingan, menentukan focus keyword, dan beberapa kemudahan lainnya. Selain itu, plugin ini juga bisa memperkirakan score SEO sebuah postingan.

Artikel terkait: Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast

Lihat gambar pada spoiler berikut:

2. Tidak Menambahkan Keywords di Dalam Judul dan URL Halaman

Mesin pencari seperti Google dapat mengetahui topik sebuah halaman website jika dalam website tersebut terdapat kata kunci yang sesuai dengan konten di dalamnya. Kata kunci tersebut sebaiknya dimasukkan pada judul, deskripsi, URL, dan konten, karena Google biasanya meranking sebuah halaman website dengan memperhatikan bagian tersebut.

Misalnya kita ingin meranking kata kunci “Cara menambah followers di Twitter” maka

www.maxmanroe.com/cara-menambah-followers-di-twitter

akan lebih baik dari

www.maxmanroe.com/?p=145

Karena itu pastikan Anda telah mengubah pengaturan permalink WordPress Anda. Ini bisa dilakukan melalui halaman Settings >> Permalinks pada dashboard WordPress Anda, atau bisa juga dengan melakukan pengaturan di plugin WP SEO by Yoast. Pengaturan permalinks untuk Maxmanroe.com menggunakan format berikut, lihat spoiler.




3. Tidak Menambahkan XML Sitemap

Halaman XML Sitemap adalah halaman khusus yang mirip seperti daftar isi. Melalui halaman ini crawler mesin pencari dapat mengetahui konten apa saja yang ada di dalam sebuah website, dan seberapa sering website tersebut di-update. Memang crawler dapat menjelajahi sebuah website tanpa harus ada halaman XML sitemap, namun beberapa konten bisa terlewat. Misalnya beberapa konten di website Anda tidak terdapat internal link atau link menuju halaman lain, maka kemungkinan besar konten tersebut akan terlewat oleh crawler dari mesin pencari.

Jika kita membuat halaman XML Sitemap, maka akan terdapat link menuju semua halaman yang ingin kita indeks sehingga akan memudahkan crawler untuk menjelajahi setiap halaman. Kita bisa membuat halaman XML Sitemap dengan bantuan plugin WP SEO by Yoast, atau bisa juga dengan plugin Google XML Sitemap.

4. Tidak Mengatur Google Authorship

Sangat disayangkan jika saat ini website Anda tidak menggunakan Google Authorship. Selain sangat baik untuk branding nama Anda sebagai penulis, Google Authorship juga akan meningkatkan jumlah klik website Anda di mesin pencari karena gambar/ foto penulis akan terlihat di mesin pencari.

Keuntungan lainnya menggunakan Google Authorhip adalah dari sisi SEO sebuah website. Artikel dari penulis yang memiliki spesialisasi pada bidang tertentu cenderung memiliki ranking lebih bagus di Google dibandingkan dengan penulis yang jarang menulis tentang topik yang ditarget. Misalnya Anda memiliki spesialisasi pada bidang social media atau SEO, maka konten Anda tentang topik tersebut akan lebih baik di mesin pencari dibanding dengan konten dari penulis lain yang membangun konten ‘gado-gado’ di websitenya.

Artikel terkait: Author Rank, SEO dan Google Plus ~ Mengapa Mereka Penting?

5. Tidak Membangun Internal Links Pada Konten

Membangun konten pada sebuah website/ blog memang perlu dilakukan terus menerus untuk memberikan informasi terbaru seputar perkembangan bisnis Anda kepada klien/pembaca, termasuk mesin pencari. Selain itu, kita juga perlu membangun internal link antar konten terkait di dalam website. Ini dapat meningkatkan pengalaman user selama berada di website Anda.

Artikel terkait: Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?

6. Memasukkan Keywords Penting pada Konten Yang Buruk

Tentunya kita tidak ingin membangun konten yang tidak bermanfaat di dalam website bisnis. Bayangkan Anda membuat sebuah halaman yang isinya sama sekali tidak bermanfaat bagi pembaca Anda, di sana Anda memasukan kata kunci penting yang menggambarkan core bisnis Anda. Lalu Anda berusaha mengoptimasi halaman tersebut di mesin pencari dengan memberikan links ke halaman tersebut.

Jika halaman tersebut tidak memiliki value, tentu saja tidak akan mendapat posisi yang baik di mesin pencari. Atau jika memang Anda berhasil mengoptimasi halaman tersebut di mesin pencari, tentu pembaca akan merasa kecewa dengan konten Anda, dan langsung menutup halaman tersebut…Anda sendiri yang rugi. Perhatikan keywords yang Anda bidik, jika halaman tersebut memang penting, maka Anda harus membangun konten yang berkualitas di dalamnya.



70 total comments on this postSubmit yours
  1. Thanks om marikson manurung atas tipsnya ;)

  2. terimakasih om.. saya seneng banget dan betah kalo baca baca blog si om.. mantep isinya

  3. Tks infonya sangat menarik. Saya masih belajar wordpress nih masih banyak fiturnya juga yg belum familiar. Artikelnya cukup membuka wawasan. Tapi memang susah euy nambah trafik pengunjung 😑

  4. Saya kurang paham yang Google Authorship Mas.. coba saya cari tau lebih banyak ya.. Makasih informasinya Mas.

  5. wah bener banget om, yang om bilang itu kadang ane gak pake plugin dan emang itu sangat penting ternyata. gara gara baca diblog ini sekarang ane mengerti. baru belajar blog om nih ane. thanks om

  6. thanks gan artikelnya :D
    saya juga masih belajar pake wordpress

  7. Mas saya mau bertanya, kalau kita mengisi kotak meta descripsi di Yoast, saat di postingan, apa akan menghalangi bot google merayapi keseluruhan postingan ? dan hanya berfokus ke kata yang ada di kotak meta descripsi nya ?

  8. Wah ini sangat bermanfaat, saya juga mengunakan yoast, oiya pak meta tag itu penting atau tidak pak? Harus diisi atau tidak? Terimakasih

    • infonya sangat bermanfaat semoga saya bisa belajar lebih dari blog ini

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud