Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast

Image dari managewp.com
Image dari managewp.com

Plugin WordPress SEO by Yoast adalah salah satu plugin WordPress andalan saya untuk memaksimakan SEO on page website Maxmanroe.com. Dengan berbagai fitur di dalamnya, kita bisa dengan mudah mengatur optimasi website dengan maksimal. Sebenarnya sudah ada cukup banyak artikel yang membahas tentang plugin WordPress SEO by Yoast, tapi karena permintaan dari salah satu pembaca, akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel ini.

Di artikel ini, saya akan membahas cara setting plugin ini di blog Maxmanroe.com, mungkin cara setting yang saya jelaskan di artikel ini agak berbeda dengan cara setting di blog lain. Namun fungsi dan manfaatnya sendiri tentu akan sama untuk tiap blog WordPress. Beberapa fitur yang terdapat dalam plugins WP SEO by Yoast antara lain:

  • Tersedianya box untuk mengatur judul blog, judul artikel, dan deskripsi yang bisa kita atur dengan mudah.
  • Previews snippet dari Google Search.
  • Konfigurasi meta robot: noodp meta tags, noydir meta tags, mengatur noindex atau nofollow sebuah halaman.
  • Konfigurasi header/ footer RSS.
  • Mengatur breadcrumbs tiap halaman posts
  • Dan masih banyak lagi.

Jadi plugin ini memang sangat lengkap untuk membantu SEO on page website Anda. Menurut saya plugin WP SEO by Yoast masih jauh lebih baik dibandingkan dengan plugin sejenis seperti All In One SEO Pack. Ok, berikut ini adalah cara setting plugin WP SEO by Yoast ala Maxmanroe.com.

Artikel lain: Cara membuat blog gratis di WordPress.com dan Blogger.com

Menginstall Plugin WP SEO by Yoast

Langkah pertama adalah menginstal plugin ini dari dashaboard WordPress Anda. Caranya sangat mudah, setelah login ke WP admin, klik plugins lalu klik add new. Di bagian kolom search, Anda bisa ketikkan keywords “WP SEO by Yoast” lalu klik search plugins. Nanti akan muncul hasil pencarian plugins dan akan terlihat plugins WordPress SEO by Yoast, klik install now. Setelah menginstal, langkah selanjutnya adalah mengaktivasi plugin tersebut. Berikut adalah tampilan plugin ini di dashboard saya.

Cara Setting Plugin WP SEO by Yoast

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak sekali orang yang menggunakan plugin ini dan kemungkinan besar ada beberapa diantara mereka yang memiliki cara yang berbeda dalam menyetting plugin ini. Yang dijelaskan di artikel ini adalah cara setting plugin WP SEO by Yoast di website Maxmanroe.com.

1. Data Transfer

Bila sebelumnya Anda menggunakan plugins sejenis, misalnya plugin All In One SEO Pack, WooThemes SEO Framework, dan lainnya, maka sangat disarankan untuk mengimport data yang sebelumnya di buat pada plugins tersebut. Anda bisa menggunakan plugin lain untuk mengimport data tersebut dengan mudah, yaitu dengan plugin SEO Data Transporter. Tapi jika blog Anda masih baru Anda tidak perlu melakukan ini.

2. General Setting

Langkah berikutnya adalah membuat pengaturan dari dashboard plugin WP SEO by Yoast dengan cara meng-klik icon plugin tersebut di sebelah kiri WP admin Anda. Di sana Anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut ini:

Di sana kita akan melihat beberapa pengaturan seperti Tracking, Security, dan Webmaster Tools. Pada kolom checklist tracking saya biarkan kosong karena saya tidak ingin si pembuat plugin men-track data dari WordPress saya. Sedangkan pada bagian Securitu saya centang, ini sangat penting bila website Anda punya beberapa Author sehingga mereka tidak bisa sembarangan melakukan pengaturan yang tidak Anda inginkan.

Pada bagian webmaster kita bisa memasukkan kode Webmaster tools dari beberapa layanan seperti, Google webmaster tools, Bing webmaster tools, dan lainnya. Sebenarnya fasilitas ini sangat memudahkan pemilik blog untuk memasukkan kode webmaster tools ke dalam website mereka, tapi saya tidak menggunakan fasilitas ini karena saya terbiasa melakukannya secara manual. Kolom ini saya biarkan kosong. Buat teman-teman yang belum terbiasa untuk memasukkan kode webmater tools ke blognya, saya sarankan untuk menggunakan fasilitas ini. Setelah selesai melakukan setting di sini, jangan lupa untuk klik Save Changes.

3. Pengaturan Titles & Metas

Pada halaman Titles & Metas kita akan melihat beberapa bagian yang bisa kita setting, diantaranya adalah General, Home, Post Types, Taxonomies, dan Other. Saya hanya melakukan setting pada dua bagian saja, yaitu General dan Home. Sedangkan pada bagian Post Types dan yang lain saya biarkan default.

3.1. General

Di sini kita bisa mengatur Title Settings, Sitewide meta settings, dan Clean up the head. Sesuaikan pengaturan dengan yang Anda inginkan. Untuk website Maxmanroe.com saya membuat settingan General seperti pada gambar di bawah. Setelah selesai, jangan lupa klik Save Changes.

3.2. Home

Pada bagian ini kita bisa mengatur Title (judul) untuk website, Meta description website, dan juga Meta Keywords. Perlu diperhatikan bahwa Google dan search engine lainnya membatasi jumlah karakter Title dan Description sebuah website di halaman pencarian mereka, karena itu sebaiknya masukkan Title dan Description yang singkat, padat, dan jelas. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci atau keywords utama untuk website Anda pada bagian Meta Keywords. Setelah selesai mengisi data website Anda, jangan lupa klik Save Changes.

4. Pengaturan Social

Pada halaman ini kita bisa menambahkan akun media sosial milik kita, seperti Facebook Fans Page, Twitter, dan Google+ Page. Tidak sulit untuk membuat pengaturan di halaman ini, kita hanya perlu menambahkan akun media sosial kita ke dalamnya, lalu klik Save Changes. Lihat gambar di bawah.

4.1. Facebook

4.2 Twitter

4.3 Google+

Artikel terkait: Cara menambahkan Twitter cards pada blog WordPress

5. Pengaturan XML Sitemaps

Pada halaman ini kita bisa mengatur XML sitemaps untuk website yang akan kita optimalkan agar mudah dibaca oleh robot Google dan mesin pencari lainnya. Fasilitas ini tidak saya gunakan untuk website Maxmanroe.com karena saya lebih suka dengan plugin lain untuk membuat sitemaps, yaitu plugin Google XML sitemaps. Tapi Anda juga bisa menggunakan fasilitas XML sitemaps dari plugin WP SEO by Yoast ini.

6. Permalinks Settings

Di sini kita bisa mengatur permalinks untuk website yang kita bangun agar lebih SEO friendly. Walaupun menurut saya fasilitas ini sangat bagus, tapi saya lebih memilih untuk mengatur permalinks website saya secara manual, yaitu setting permalinks dari  dashboard WordPress.

7. Internal Links

Ini adalah salah satu fasilitas yang saya suka dari plugin WP SEO by Yoast. Kita bisa memasang breadcrumbs untuk website kita dengan sangat mudah. Cukup melakukan sedikit settingan dari halaman internal links. Anda juga perlu memasukkan kode yang di sediakan ke dalam thema Anda. Saya meletakkan kode tersebut ke dalam single.php, persis di atas tag Content. Lihat gambar

7. RSS

Di halaman ini kita bisa mengatur RSS untuk website yang kita buat. Kita bisa menambahkan link atau bahkan sepatah dua kata, baik itu di atas maupun di bawah konten, dan ini akan dibaca oleh para subscriber. Disarankan untuk menambahkan link di awal atau di akhir konten, ini untuk mengantisipasi jika seseorang (scrapers) mengambil feed website Anda ke auto blog, sehingga Anda tidak akan kehilangan kredit sebagai pemilik konten yang asli. Jangan lupa klik Save Changes.

8. Import & Export

Perhatikan pada poin 1 di atas, jika sebelumnya Anda pernah menggunakan plugin SEO lain, misalnya All In One SEO Pack dan ingin menggantinya dengan WP SEO by Yoast maka Anda bisa mengimport datanya langsung melalui halaman ini, tentunya setelah melakukan langkah pada poin 1 di atas. Fasilitas ini sangat memudahkan kita karena tidak perlu mengatur Meta tag lagi dari awal, tinggal menggunakan setting kita terdahulu pada plugin lain. Fasilitas ini belum pernah saya gunakan karena di awal membangun website Maxmanroe.com, saya sudah langsung menggunakan plugin WP SEO by Yoast.

9. Bulk Title Editor dan Bulk Description Editori

Dari dua halaman ini kita bisa mengedit Title tiap postingan dan juga Deskripsi nya tanpa harus masuk ke editor masing-masing postingan artikel. Saya belum pernah menggunakan fasilitas ini, jadi tidak perlu saya jelaskan lebih jauh hehehe.

10. Edit Files

Kita bisa mengedit file Robot.txt untuk website kita dari halaman ini. Selain itu, kita juga bisa mengedit file .htacces website kita dari sini, namun untuk mengedit file .htacces, Anda harus pastikan bahwa file Anda tersebut writable.

11. Extensions

Nah, ini adalah halaman terakhir untuk plugins WP SEO by Yoast. Di sini kita bisa mendapatkan fasilitas tambahan dari si pembuat plugin, misalnya seperti WP SEO Premium, Video SEO, Local SEO, dan Video training untuk SEO. Tapi untuk mendapatkan fasilitas ini kita harus mengeluarkan uang untuk membeli licensi produknya. Tenang aja, kita tidak harus menggunakan fasilitas ini karena dengan 10 fasilitas gratis di atas saja website kita sudah sangat optimal dari sisi SEO.

Baca juga: Cara membuat web/ blog WordPress versi mobile dengan WPTouch Pro

Di atas tadi adalah cara setting plugin WordPress SEO by Yoast yang saya terapkan pada website Maxmanroe.com. Bila Anda ada pertanyaan atau masukan, silahkan tambahkan di kolom komentar. Terimakasih :)

Tag: #Plugin WordPress

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

239 pemikiran pada “Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast”

  1. versi yoast sekarang ini sudah ada kolom deskripsi untuk postingan. Nah pertanyaannya, deskripsi untuk Content Type bagusnya gimana mas?
    kadang kalau pake excerpt, snippet yang diambil google kadang tidak sesuai.

    Balas
    • Udah ada kog dari dulu, tapi memang kadang yang tampil di Google tidak sesuai dengan deskripsi yang dimasukkan di YOAST.

      Balas
  2. Antara plugin Yoast seo dengan Rank Math itu lebih powerful yang mana ya gan….

    Balas
  3. Perlu di update ini artikelnya Min, udah berubah screenshootnya. Btw, saat ini saya pakai editor gutenberg, dan settingan YOAST yang edit single meta itu ga keluar. ga tau deh apa belum compatible?

    Alhasil saya disable lagi gutenberg nya.

    Balas
  4. Langsung ditepakan gan, hanya saja versi plugin yang saya instal sudah yang terbaru lagi jadi setingannya sedikit agak berbeda teteapi intinya sama.

    Balas
  5. Kok tampilan sekarang beda yaa??
    apa udah gak bisa yang free?
    mohon penjelasannya bang max

    Balas
    • YOAST masih ada yang gratis kog mas. Bedanya dengan yang premium, di YOAST premium kita bisa optimasi beberapa keywords sekaligus, kalo yang gratis kan cuma satu keyword

      Balas
  6. Mohon bantuannya,

    category_sitemap.xml yg di generate plugin yoast seo di web saya di anggap tidak valid dan di anggap html oleh google console. bagaimana cara memperbaiki nya?

    terima kasih.

    Balas
  7. Akhirnya selsesai juga setting yoastnya meskipun tampilan yoast sekarang berbeda dengan artikel maxmanroe tetapi masih bisa di pahami, terima kasih mas..

    Balas
  8. Bang.. jika web nya nonton movie SEO nya sama seperti web artikel kah? Atau ada perbedaan?

    Balas
    • Kalau yang saya baca sih versi premiumnya bisa menambahkan focus keywords, jadi bisa lebih dari satu focus keywordsnya. Ini bagus buat SEO. Sampai saat ini saya masih puas dengan versi yang gratis, mungkin nanti mau coba versi yang premiumnya.

      Balas
  9. mau nanya nih mas.. udah setting setting gitu liat hasilnya nunggu berapa lama ya ?

    Balas
  10. cukup membantu cara setting seo by yoast,biar website TOP seperti maxmanroe di urutan teratas terus,makasih ms

    Balas
  11. Saya tanya mas, kalau di webmaster tools cara verifikasi di yandex bagaimana ya?
    Apakah penting verifikasi di yandex?
    Terimakasih.

    Balas
  12. Mas ! untuk tampilan pengaturan plugin yoast nya sekarang sudah berbeda, di ulas ulang kembali dong mas, biar pada pengguna pemula selfhosting mengerti.

    sebelum nya terima kasih mas

    Balas
  13. Sebelumnya pake all in one seo..baru beberapa bln ini pake yoast ternyata lebih banyak settingnya dan dicombine hasilnya mantab

    Balas
  14. mas mw tanya saya kan sblumnya instal plugin Seo yg lain trs sy berpindah ke yoast tp saya lupa gak eksport import yg sebelumnya dlu. itu bagaimana yah, coz di robot txt masih tertulis robot txt yg dlu.

    Balas
  15. Haturnuhun gan infona, Saya cari-cari info tentang setting plugin yoast untuk web baru saya. alhamdulilah dapat disini

    Balas
  16. Terima kasih banyak gan…artikelnya sangat membantu saya dalam mengoptimalkan web saya, karena ini adalah hal yang baru dan sangat rumit menurut saya.. gan kalau boleh tanya, plugin apalagi sih yg berguna untuk meningkatkan traffic web ?

    Balas
  17. ” Anda harus pastikan bahwa file Anda tersebut writable.”

    cara memastikan writable gimana gan?

    Balas
  18. tips nya bagus dan sangat membantu walaupun skrng tampilannya sudah beda, walaupun beda sedikit bisa dipahami roal nya, nah yang masih timbul pertanyaan kenapa webmaster pas di verifikasi selalu gagal. mohon pencerahannya Maklum masih newbie

    Balas
  19. maaf… cuma ngasi saran kalau tipsnya sudah kadaluarsa karena sekarang tampilannya beda… langsung tombol dan bukan centang lagi… sy mampir karna lupa satu pengaturan… sukses selalu

    Balas
  20. pak sekarang udah update yang terbaru ,, mohon ulasan lebih detail yang terbaru sekarang ini di bulan maret. thank maxmanroe

    Balas
  21. Gan, punya Yoast yang premium ga?
    minta donggg… pleaseee…:)
    kirim ke email ane ya gannn, hatur nuhun

    Balas
  22. Bang manroe tengkiyuu tipssnya.. perlu saya coba ni.. mana tau yahuud dan makin mantap blog saya

    Balas
  23. banyak referensi yang membinggungkan saya soal SEO ini karena perbedaan settingan.

    saya hanya ingin tanyakan settingan SEO untuk Online shop, terutama konten mengenai Ketegori produk dan keterangan produk, link media. terutama berhubungan dengan URL kategori, apakah hrs di remove/buat pendek atau biarkan default yg penting kata kuncinya saja?
    setingan PERMANENT LINK dan ADVANCE di seo yoast yg berbeda2 soalnya tiap web.
    mhn bantuannya mas, terimakasih

    Balas
  24. sekarang WordPress SEO by Yoast udah gak muncul lagi om, sekarang yg ada yoast seo versi 4.0.8, tolong ya om di ulas.. terima kasih banyak

    klo sudah tolong di kasih tau saya

    Balas
  25. untuk setingan setiap web apakah bisa disamakan dengan setingan mas? atau ada perbedaan ?

    Balas
  26. Gan, aku masih bingung mau pakai plugin All In One Pack atau pakai Yoast. Sarannya gan?

    Balas
  27. saat saya install plugin google xml sitemap kok ada warning ya mas, suruh mengaktifkan sitemap dari yoast. apa nggak bermasalah?

    Balas
  28. Makasih gan atas panduannya yang ini. Saya yang pemula dalam blog hosting sendiri, sangat terbantu. Sukses selalu

    Balas
  29. mas terima kasih panduan diblog ini sangat membantu buat pemula seperti saya :)

    mau nanya mas :
    sy baru aja aktifkan 2 plugin yoast seo dan Google XML Sitemaps, setelah itu ada warning ini :

    “the Google XML Sitemaps plugin(s) might cause issues when used in conjunction with Yoast SEO.
    Both Yoast SEO and Google XML Sitemaps can create XML sitemaps. Having two XML sitemaps is not beneficial for search engines, yet might slow down your site”

    pinginnya sih ttp pake 2 plugin ini sekaligus..
    saya memilih untuk activekan google XML sitemap dan de-active kan bagian sitemap yoast..

    gimana menurut mas.. apakah langkah saya ini aman dan sudah betul? sy agak bingung.. hehe mohon sedikit pencerahannya

    terima kasih.

    Balas
  30. 9. Bulk Title Editor dan Bulk Description Editori
    kok yg ini ga dibahas mas…

    tolong buatkan dong artikelnya mastah.
    trims.

    Balas
    • Banyak plugin bagus yang gratis, tapi ada juga plugin berbayar. Biasanya plugin berbayar untuk fitur tertentu yg tidak tersedia pada plugins gratisan

      Balas
  31. maaf numpang tanya gan, kalau settingnya seperti itu apa duplikat konten akan menjadi pengaruh atau sebaliknya? thanks.

    Balas
  32. Sangat membantu sekali bagi saya yang newbie ingin membuat website dari wordpress. Terima Kasih

    Balas
    • Om Dimdim, pada prinsipnya sama saja untuk versi terbaru, namun lebih indah memang kalau panduan ini diupdate sesuai Yoast yang baru…hehehe…

      Sebelumnya, terima kasih panduan demi panduannya sudah berbagi ilmu untuk Mas Marikxon.. hebat.. terima kasih… cendoll segunung… top..

      Balas
  33. Gan.. bedanya sama All In One SEO itu gimana ya…? klo yoast kan artikle yang udah seo muncul ijo..Bagusan Yoast apa AIO.. bingung neh… coz blog ane yang pake yoast itu jos, yang pake AIO masih tergopoh2..

    Balas
    • Sebenarnya hampir sama, tapi saya lebih suka YOAST karena lebih lengkap. Plugin bukan faktor penentu, pakai YOAST tapi ga ngerti settingnya sama aja seperti tidak pakai.

      Balas
  34. gan, ane sudah pasang wp seo by yoast tp ketika saya install google xml sitemaps ko harus pilih salah satu ya, kenapa ..

    Balas
  35. Makasih ya mas buat tutorialnya
    Jadi ga bingung lagi seting Yoastnya.
    Mau tanya, kalo
    – Pos (post)
    – Laman (page)
    – Media (attachment)
    ini kita tidak centang semua, dengan berharap sitemap gambarnya bagus juga apakah itu juga tidak apa apa?

    Trims buat jawabannya

    Balas
  36. mas, saya pakai smartmag theme, dan untuk seo pakai yoast tapi kenapa pas cek di chkme tidak ada H1 untuk homepage ya. saya pakai pengaturan seperti sampean diatas. thanks semoga dibalas :-)

    Balas
    • Itu settingan dari Theme nya mas, sepertinya harus sedikit dimodifikasi. ATAU cek manual saja liat page source homepage nya, kadang cek menggunakan tools lain tidak akurat.

      Balas
  37. saya kurang ngerti gan pada saat pengisiannya, pas saya download plugin ya kok berbeda…
    maklum saya masih gaptek….

    trima kasih…

    Balas
  38. Saya pernah baca di shoutmeloud, yoast.com, wpbeginner,.tapi pengaturannya beda-beda ya.. Jadi bingung mau ikut yg mana?

    Balas
  39. gan minta settingan untuk versi yang sekarang (Version: 2.2.1) kalau ada, tapi untuk garis besarnya udh mengerti sih.

    Balas
  40. mas mau nanya ne apa beda nya seo yoast yang free dengan yang premiun nya ya?mohon info nya tks

    Balas
  41. Ini SEO yoast versi berapa yah? kok gambar gambarnya beda ama tampilan di dasboard saya. punya saya lebih sederhana, banyak yg gak ada seperti di gambar :(

    Balas
  42. Gan, kl kita pakai 2 SEO Yoast WordPress SEO sm All in One SEO itu bs ga? nnt berpengaruh baik atau buruk ke kinerja website kita.

    terima kasih

    Balas
  43. terima kasih om max.. sangat membantu untuk new blogger spti saya :)

    Balas
  44. setelah sebelumnya ngeblog di blogspot, sekarang pindah di wp untung nya banyak tutorial yang memudahkan seperti ini
    thanks maxmanroe

    Balas
  45. Wah. . . Sayangnya sebagian tutorial sepertinya tidak dapat saya praktekan. Berhubung saya cuma pakai WordPress gratisan. Bukan di Hosting. Hehehe. . . :-D

    Balas
  46. terima kasih ilmunya.. saya telah mengaplikasikan di website sy.. terima kasih sekali lagi :)

    Balas
  47. sangat bermanfaat, apakah setting seperti ini bisa mencegah terjadi duplicat meta deskripsi?
    terima kasih

    Balas
  48. mas setiap kali saya mau aktifkan google xml sitemap selalu ada pesan peringatan yang intinya google xml sitemap ga bisa digunakan karena xml sitemap by yoast . . Nah cara settingnya gmana ya mas, saya mau aktifin google xml sitemap. Trims :)

    Balas
    • Pakai salah satu saja, kalau sudah mengaktifkan XML sitemap yang di YOAST maka tidak perlu lagi menginstal plugin Google XML sitemaps. Setingan Anda tidak harus sama dengan settingan saya :)

      Balas
  49. mantab… udah pake yoast dari awal cuma disetting ala kadarnya, dengan baca ini jadi ditambahi lagi setingan2 untuk yang lainya.
    thanks

    Balas
  50. Sangat bermanfaat sekali. Terima kasih atas informasinya mas manroe..krn dengan website ini menjadi bahan rujukan atau referensi saya dalam belajar internet marketing.

    Balas
  51. wah keren ini plugin, bisa ngarahin juga buat artikel yang seo banget :D makasih tutorialnya…

    Balas
  52. mas, jika setingan seo by yoast nya di terapkan di web toko online kira – kira bagus nggk ya?

    Balas
  53. Aku lagi nyari Plus in SEO yang cocok banyak banget referensi yang membantu ternyata di web ini, makasih ya mas

    Balas
  54. Thanks gan. Ane gunain sebagian seting dr sini. Ane juga baru di wordpress. Salam

    Balas
  55. Hi there,
    kenapa pilihan plug in tidak ada pada wordpress saya. kebetulan saya baru buat dan yang model free mode. mohon pencerahannya
    Sincerely,
    Hendra

    Balas
  56. Makasih gan tutor nya… Yang penting usaha ya, buat pasang SEO by yoast… Mudah2an bner2 SEO deh jadinya..hehehe

    Balas
  57. mantap bro artikelnya.
    saya salut banget sama web ini kata kunci apa saja tentang tutorial wodpress selalu muncul di halaman depan google.

    Balas
  58. Makasih tutorialnya, setelah saya jalankan dan ketika di google mengetik dengan kata kunci ” baju anime supercell” maka web saya nongkrong di page one :)

    Balas
  59. hampir beberapa kali saya selalu mengunjungi Blog ini dan mendapatkan banyak pencerahan. terimakasih Admin Blog maxmanroe dan tetap berkarya.

    Balas
  60. jos mbah.. lagi belajar dan muter2 kok langsung nemu.. makasih tutornya mbah guru,,,

    Balas
  61. Saya mau nanya nih. Kira-kira kalau untuk plugin SEO, yang paling bagus itu SEO By Yoast atau All In One SEO?

    Balas
  62. Alhamdulillah, cari-cari settingan seo by yoast ketemunya di maxmanroe. pastinya terpercaya.. :) terimakasih

    Balas
  63. Kepengen banget bisa bermain di wordpress, masih cari-cari referensi untuk belajar di wordpress.
    Menurut Sob, bagus bermain di blogspot atau wordpress?

    Balas
  64. gimana web qt bisa laris manis pengunjung kayak gini gan ane beli domai dah 3 bulan masih sepi jg web nya,…

    Balas
    • WordPress.com memang tidak bisa diinstal plugins mas, plugins ini hanya bisa diinstal di web selfhosted yang menggunakan script WordPress.org

      Balas
  65. Mas, saya sedang mencoba membangun bisnis online. Saya memakai website dari wordpress. Saya memakai plugin seo by yoast. Dan saya bingung gimana cara settingnya. Inform yang ada di web maxmanroe.com sangat membantu saya. Thanks maxmanroe

    Balas
  66. Cara settingplugins yoast nya bermamfaat mas saya akan coba di setinggannya di blog saya,terima kasih mas sangat membantu saya

    Balas
  67. makasih banget ilmunya gan sangat bermanfaat sekali
    langsung saya pratekin ke blog saya ;)

    Balas
  68. nunggu ke wifi-an dulu buat setting…koneksi dirumah ngadat…terima kasih ilmunya mas :)

    Balas
  69. makasih banyak sharingnya yg sangat bermanfaat mas Marikxon, langsung saya diterapkan di blog saya :D

    salam sukses :)

    Balas
  70. Mas perkenalkan saya arfi baru mengenal WP
    Mau ty kalo versi WP sekarang kalo mau ke dashboard ko tidak ada item pluginnya ya Mas, terus cara installnya bagaimana??? terima kasih…

    Balas
    • Saya perhatikan blog mas Arfi pakai yg gratisan ya. Kalau wordpress.com memang tidak ada plugins mas, plugins hanya bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan web wordpress self hosted, harus punya domain dan hosting sendiri.

      Balas
  71. Selamat malam mas,, saat akan melakukan seting General dan Home kok tidak bisa ya mas, tombol nya di klik tidak bisa mengarahkan ke isi General dan Home moohn pencerahannya.. kami tunggu balasannya ke emal gan.

    Balas
  72. terima kasih mas infonya, totorialnya sangat bermanfaat
    saya juga salut sama peringkat seonya blog ini.

    Balas
  73. pad abagian Title Separator sebaiknya pilih symbol yang mana ? maaksih atas jawabnnya

    Balas
  74. Mas. Saya kan baru ganti seo. Dr all n one seo pack ke seo yoast. Saat pengisian webmasternya berhasil mas. Tp saat mw ngisi tab title dan metas nya. Tab tsb ngga bs diisi mas. Tidak tersedia kolom isiannya. Mohon pencerahannya ya mas… makasih.

    Balas
    • Saya belum pernah mengalami yg seperti ini. Ada beberapa pertanyaan, WordPressnya pakai versi berapa? Kalau pakai WP versi lama penggunaan plugin WP SEO bisa bermasalah. Kuota disk space nya masih banyak ga? Kasus plugin crash sering terjadi karena diskspace kurang atau internet lemot.

      Balas
  75. Makasih mas, ternyata ada settinganya ya,,,
    Saya juga belajar WP, semoga sukses dengan tulisan Anda.

    Terima kasih

    Balas
  76. Langsung di praktekan, dari dulu sudah pasang plugin ini tapi tidak tahu cara setingnya :D

    Balas
  77. Pengen banget belajar wordpress, tapi tak ada waktu karna belajar wordpress tidak bisa instan, akhirnya masih pakai blogspot

    Balas
  78. Assalamualakum, wow sangat membantu sekali mas. terimakasih saya blm pake Yoast … mungkin akan saya coba.

    Balas
  79. terimakasih tutorialnya sangt lengkap memudahkan saya dalam mempraktekannya.

    Balas
  80. saya kurang paham disini ” Anda juga perlu memasukkan kode yang di sediakan ke dalam thema Anda. Saya meletakkan kode tersebut ke dalam single.php, persis di atas tag Content. ” maksudnya kode yang dimana ya pak?

    Balas
    • Coba perhatikan poin 7 (Internal Links). Agar breadcrumbs nya muncul dengan baik, kita harus menambahkan script yang sudah disediakan di sana ke file single.php

      Balas
  81. Terimaksih gan tutorialnya sudah saya terapkan seperti adanya agan sting di website agan, banyak ilmu yang agan turunkan thks banyak. slam kenal

    Balas
  82. hmmm….. lega, setelah membaca tutor dan langsung praktek meski bolak balik ..makasih infonya, sangat bermanfaat untuk web yg sedang saya bangun sendiri
    thanks!
    USE YOUR IMAGINATIONS

    Balas
  83. Keren banget artikelnya sangat jelas dan bermanfaat.. Terima kasih

    Ditunggu kunjungan baliknya ya.

    Balas
  84. Ini lah keuntungan wrodpress dari platfrom blog lain. mempunyai plug in seo yang kaya elment jadi kita bisa cari bermacam-macam puzell seo tanpa harus repot-repot seperti blogger.

    Jadi mau pindah ke Wp

    Balas
  85. Terimakasih masih gan. Saya mencoba setup plugin SEO by yoast dengan settingan seperti yg di artikel ini. Semoga bisa terindex sama google, bing, yahoo, ask, dll amin.

    Balas
  86. kalo misalnya di template kita tidak ada single.php kode internal linksnya kita masukan ke mana?

    Balas
  87. membantu sekali gan artikelnya saya jadi bisa membangun wp saya sendiri terima kasih ya mas :D

    Balas
  88. artikelnya sangat membantu buat saya yang masih baru belajar seo…. terimakasih n sukses selalu.

    Balas
  89. udah saya coba di web baru saya smoga saja dengan mencoba artikel ini pengunjung blog saya banyak, terima kasih gan.

    Balas
  90. Ok, Makasih Gan. Sudah saya coba nih. Mudah-mudahan pengunjung jadi banyak…!

    Balas
  91. tutorial Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast yang anda tulisakan ini sangat membantu sekali
    sudah lama saya mencari informasi mengenai hali ini
    terimakasih ya mas telah berbagi hehe

    Balas
  92. Terima kasih mas…atas infonya……dah lama saya tunggu-tungu nih…..baru dapat hari ini..numpang bookmark ya mas……..he…..he……

    Balas
  93. Makasih om,,tutorialnya,,kebetulan ane baru mau nyoba pake plugin ini,,mudah’mudahan traffiknya makin joss,,heee

    Balas
  94. Makasih gan, ane pake plug in ini, tapi nggak tau cara settingnya… Postingan di atas dangan membantu… Makasih gan :D

    Balas
  95. baik mas…thanks infonya….tapi klo liat tampilannya sepertinya ada yang lain dan masih baru tuk Yoast sekarang

    Balas
  96. Mantab gan, tapi sayang blog ane pake blogspot, jadi gak bisa pake plugin. Mudah-mudahan tahun depan KN Food buka toko online berbasis WP deh biar lebih cepat ngetop di Google

    Balas
  97. Makasih infonya mas… kebetulan sy lagi setting2 plugin seo by yoast nih…

    Balas
  98. artikel sangat membantu, om kalo untuk pengaturan post types dan selanjutnya di biarkan defaul atau bagaimana. di sini saya liat di bagian Titles dan metas hanya bagian General dan bagian Home saja.

    Balas
    • Pengaturan post types sebenarnya bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan, tapi kalau mau dibiarkan default pun tidak masalah :)

      Balas
  99. ahh sudah bisa mas kmarin masalah temanya yg g suport mas, kalau cara masang site maps/yoast di blog wordpress yg geratisan gimn y gan? dan tolong cek *website” gan. detile produknya kok g bisa ngeregedit y gan, kira2 itu masalahnya apa y gan? thanks buat bantuannya gan

    Balas
  100. Plugin seo by yoast adalah plugin “ajaib” yang memungkinkan seo on page kita lebih maksimal,namun kualitas dan teknik menulis artikel yang menjadi penentu seo on page kita berkualitas, intinya plugin ini sebagai supportnya, karena ada indikator yang ditunjukkan oleh warna merah kuning dan hijau terkait sejauh mana kualitas artikel yang kita buat sudah baik secara seo on page,.anyway artikelnya bagus banget, thanks

    Balas
    • kalau dari segi SEO, lebih baik by Yoas gan.
      Tapi kalo nyari yang lebih mudah, lebih baik All Seo.
      Soalnya saya pernah coba All Seo gan.

      Selamat mencoba :)

      Balas
  101. oh ya om, mau tanya lagi, gimana cara agar website kita terindex di alexa.com?dan bagaimana cara meningkatkan traffic web kita?

    Balas
  102. om, mau tanya, kok setting “Home” pada YOAST SEO-nya ga sama dengan punya saya.
    ini tulisan pada bagian home yoastnya-

    Homepage & Front page
    You can determine the title and description for the front page by editing the front page itself »

    You can determine the title and description for the blog page by editing the blog page itself »

    Mohon pencerahannya om???

    Balas
  103. permisi gann mau tanya Titles & Metas – Yoast WordPress SEO dan socialnya kok g bisa diedit yaa,,mohon bantuannya gan

    Balas
    • Ga bisa diedit maksudnya gimana? Tidak bisa diklik atau apa? Saya selalu menggunakan Plugin Yoast untuk beberapa blog saya, tidak pernah ada masalah.

      Balas
  104. Makasih ya mas atas tutorialnya, bermanfaat banget.
    Semoga web saya juga bisa seseo seperti blog ini.

    Balas
  105. Sumpah Mas…, ane sangat pusing dalam beberapa waktu untuk setting ini plugin secara ane kagak ngerti bahasa inggirs…, dan alhamdulillah dengan artikel mas ini ane bisa dengan sangat mudah memahami nya dengan setiap screen shot yang Mas jabarkan…, Terima kasih mas…, sungguh sangat berguna….

    Balas
  106. thanks mas,
    ane mau tanya nih mas ko di kategory blog ane judl blog jadi dobel yah? please mohon pencerahannya.

    Balas
    • Kemungkinan besar karena menggunakan title di bagian General WordPress nya. Biasanya bagian title dan tagline WordPress tersebut saya kosongin, saya setting dari plugin WP SEO nya saja.

      Settings > General.

      Balas
  107. Wah ini info yang lumayan menarik mas. Bisa langsung saya praktikkan. sangat jelas sekali penjelasannya. terimakasih ya.

    Balas
  108. Mantap Bos,saya sudah praktekan semua Ilmu diatas,yg semula saya pakai Seo Al in sekarang sudah saya ganti Pakai Yoast,lebih lengkap ajah,tapi sedikit pusing jga setinganya maklum,newbie.

    Balas
  109. makasih mas sebelumnya tutorial ini…

    saya mau tanya mas..saya masih belum paham cara meletakan kode breadcrumbs tepatnya disimpan dimana ya?

    Balas
  110. terimakasih om sharing cara setting pluggin seo by yoast. tutoralnya komplit banget. langsung di praktekin.

    Balas
  111. Cara setting seo yoast Anda terlihat sederhana. Dari 9 web yang saya baca, cara Anda paling singkat, tapi web Anda berada di no 1 halaman 1 google untuk kata kunci “cara setting seo yoast”. Hebat ! Kok bisa ya ? Mungkin Anda berkenan berbagi informasi tentang ini. Trimakasih :)

    Balas
  112. Cara setting seo yoast Anda sangat sederhana. Dari artikel 9 web yang saya baca punya anda paling singkat cara settingnya. Tapi web Anda berada di no 1 halaman 1 untuk kata kunci "cara setting seo yoast", Hebat ! Kok bisa ya ? Kalau berkenan bisa dishare dong ilmunya.
    Ini adalah web saya http://www.antonprasetyo.com, baru ada 29 artikel di dalamnya karena baru rajin menulis pertengahan Juli 2014. Tapi artikelnya belum bisa masuk halaman 1 goolge

    Balas
  113. Ajib banget panduannya Om, lengkap dan tersusun rapi sehingga mudah untuk dipraktekan. Ma kasih banyak yach… :-)

    Balas
  114. infonya lengkap, senang sekali bisa ketemu blog ini, apalagi tips wordpresnya mantap dah pokoknya, salam sukses

    Balas
  115. nyari konfigurasi seo wordpress kemana mana, akhirnya dapet juga yang lengkap
    makasih mas

    Balas
  116. Makasi mas atas tutorialnya, ini tutorial yang sanggat lengkap untuk plugin yoast, sebelumnya saya juga uda menggunkan plugin ini tp binggung gak tau cara ngaturnya. yang jadi pertanyaan saya sampai saat ini, apakah Meta description pada home itu gak mempengaruhi Meta description pada post kita ??? thanks

    Balas
  117. gan saya pakai theme soliloquy.. ga terdapat single.php adanya single_post_nav.php gimana tu gan?

    Balas
  118. Nambah ilmu lagi nih tentang setting plugin seo, selama ini saya pakai platinum seo pack mas, terima kasih untuk infonya…

    Balas
  119. kalau pakai blogger udah lumayan ngerti tapi kalau pake wordpres masih belum terlalu paham.. ikut menyimak sob..

    Balas
  120. kalo di blogger kan ada di menu setelan
    Terdaftar di Blogger. Dapat diakses mesin telusur pilih ya atau tidak

    dan pertanyaan saya apakah di wp ada settingan seperti itu…….?

    mohon jawabanya

    Balas
  121. wah pak, saya mencoba menggunakan ini, soalnya yg AIO SEO rasanya kok tidak ada perubahan berarti. hehe.

    Balas
  122. Thanks mas ,
    saya nyari sana sini , bari disini yang njelasin bisa membuat saya mudeng hehehe

    Balas
  123. Ini plugin SEO favorit saya, di luar sana banyak orang yang mengatakan plugin ini rumit/ribet dibandingkan All In One SEO Pack

    Balas
  124. Yoast memang plugin SEO yang handal, saya sangat terbantu dengan seo score pada saat kita membuat title, description, keywordny

    Balas
  125. kalau untuk permalink dari seo yoast nya itu semua di hilangin ceklisnya mas?

    Balas
    • Seperti yang saya tulis di artikel, bagian permalink di WP SEO tidak saya utak-atik karena permalink web ini diatur manual dari pengaturan WordPress nya :-)

      Balas
  126. Ini kisah nyata yang saya alami sekitar 2 atau 3 minggu yang lalu.. Saya selama ini kurang faham seo. Lagi belajar sana sini, hehe. Jadi pas posting artikel ya begitu aja jelasin produk tas. Karena saya produksi tas, jualan produk tas online. Memang sudah lama saya pakai plugin YOAST tapi ya dibiarkan default aja karena enggak ngerti settingnya. Pas saya coba ikutin setting nya dari artikel ini, tiba-tiba besoknya, web saya ada di halaman 1 pakai keyword tas kamera, jual tas kamera, tas kamera murah, walau enggak nomor 1…mantap. Terima kasih banyak mas…

    Balas
  127. Mas Saya Mau Menanyakan, Kalau Postingan Udah Saya Buat Semua, Saya Baru Masang Plugin, Apa Itu Berpengaruh Pada Pencarian Di Google. Trimakasih.

    Balas
    • Ya ngaruh dong… tapi kalau blog wordpress kan bisa di-update postingannya. Bisa di Edit, dan di update… hasilnya kemungkinan akan lebih bagus di SERP Google.

      Balas
  128. Ini plugin SEO favorit saya, di luar sana banyak orang yang mengatakan plugin ini rumit/ribet dibandingkan All In One SEO Pack.

    Dengan fitur plugin ini tag, category dan gambar bisa bersaing dengan post maupun custom post type di SERP, nah kalau memakai AIO SEO Pack boro-boro bersaing, tag-nya aja secara default noindex.

    Biarpun menunya banyak plugin ini lebih ringan dibandingkan AIO SEO Pack, intinya WordPress SEO by Yoast bukan sekedar plugin SEO untuk menambahkan meta tag.

    Balas
  129. harus dicoba nih sob, saya bener-bener pemula ngeblog di wordrpess, terimakasih akan saya coba cara settingnya.

    Balas
  130. “seo yoast wordpress update” terbaru sepertinya makin ribet aja setting nya,tidak lama lagi cara setting plug ini pasti di persulit oleh pembuatnya,agar kita pakai paket “setting seo yoast premium” ,:D

    Balas
    • Setting ga terlalu ribet sih mas menurut saya, cuma memang fiturnya nambah. Mudah-mudahan versi gratisnya masih ada terus lah, soalnya sangat membantu pengguna WordPress :)

      Balas
      • iya,tapi di bagian setting Permalinks bagian category base yoast terbaru sudah di hilangkan,jadinya banyak kategori tidak di temukan di mesin pencari,

        Balas
  131. untuk pengaturan di Home Tiitle mending ditulis langsung gitu ya?
    gak usah pake $$title$$ atau yg kayak default ya?trus nanti pengaturan manual yang di title theme bisa bentrok gak ya?

    Balas
    • Kalau mau otomatis bisa pake $ dan ga perlu dimasukin judul lagi, saya memasukkan Title untuk home secara manual. Kalau untuk Title artikel post, saya biarkan default karena saya settingnya dari halaman postingaan secara manual.

      Balas
  132. waah udah ada neh bang max, makasih ya udah dibuatin artikel ini..btw, untuk reco idblognetwork saya bisa recomendasi bang max, kalau mau?tapi jangan yg blog/website ini ya?(iklannya udah banyaaak banget) atau bang max udah punya akun idblognetwork ya? soalnya artikel di blog ini banyak yang tentang review suatu produk(kalau ga salah ya?)..

    Balas
  133. Selamat pagi mas, saya mau nanya mas ato bsa di beri ulasannya. KElebihan dari AIO Seo Pack apa saja. Terus kalo saya ganti plugn SEO ke Yoast akan kah berpengaruh ke SERP menurun ato bagaimana. Thz

    Balas
    • Saya udah lama banget ga pake AIO SEO Pack, semua website saya dipasang WP SEO by Yoast mas. Saya tadinya pake juga AIO SEO Pack, tapi karna fitur dari WP SEO lebih banyak, ya saya pindah haluan hehehe.

      Pada dasarnya fungsi kedua plugin hampir sama ya, dan WP SEO punya banyak kelebihan. Jadi menurut saya tidak akan mengakibatkan hal yang buruk pada website kita. Yang pasti settingan pada plugin lama sebaiknya diimport dulu dan disesuaikan dengan plugin WP SEO.

      Balas
  134. Breadcrumbs yang ada di yoast itu breadcrumb yang kelihatan di hasil pencarian google ya gan?

    Kalau memang iya, apa gak sebaiknya tidak dipasang aja ya? karena dengan munculnya breadcrumb, permalink blog kita di hasil pencarian jadi tidak keliatan.

    Balas
    • Pertama-tama kita harus tahu dulu apa fungsi breadcrumbs itu apa, biar tidak terjadi opini yang simpang siur. Mungkin ada baiknya mas “Tips Blogger Pemula” Googling dulu apa tujuan dibuatnya breadcrumbs untuk blog. Thanks

      Balas

Tinggalkan Balasan