4 Penyebab Bisnis Online Anda Sulit Berkembang

Image dari bbb.org

Image dari bbb.org

Sekarang ini jamannya bisnis online, hampir semua hal bisa dijual secara online. Perhatikan saja perkembangan di dunia maya saat ini, ada banyak sekali orang yang sudah memanfaatkan jaringan internet dalam melakukan transaksi, melakukan promosi, atau menyampaikan informasi lain yang berhubungan dengan produk atau jasa yang mereka miliki.

Tentu orang awam akan menganggap bahwa para pebisnis online adalah orang-orang yang memiliki wawasan luas atau dianggap sebagai orang cerdas. Bagaimana tidak, para pebisnis online umumnya banyak menghabiskan waktu di depan perangkat komputer lalu sesekali mengecek saldo di rekening. Namun, walaupun banyak yang sukses di bisnis internet, sebenarnya kebanyakan konglomerat sukses dengan bisnis di dunia nyata bukan dunia maya.

Meski ada yang bilang bisnis online itu gampang, namun sebenarnya bisnis online tidaklah semudah yang dibayangkan. Bisnis online butuh kerja keras dan cerdas yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, disamping itu kita juga harus memiliki ilmu pemasaran online yang jitu. Memang banyak yang sukses dengan bisnis online, namun Anda juga harus menyadari bahwa banyak pula orang yang mengalami kegagalan.

Salah satu faktor penentu kesuksesan adalah karena produk atau jasa yang ditawarkan banyak peminatnya, dan Anda menjual produk berkualitas didukung dengan pemasaran yang baik. Sayangnya, ada banyak yang gagal mengembangkan bisnis online miliknya karena berbagai hal. Ilmu pemasaran online sangat penting dalam hal ini, dan itulah perlunya kita harus terus belajar untuk mencapai target di bisnis online.

Berikut ini kami akan tuliskan beberapa penyebab mengapa bisnis online Anda tidak berkembang atau dalam arti produk maupun jasa Anda sepi pelanggan:

1. Tidak Menguasai Trik Pemasaran Online

Sebenarnya ada banyak sekali ilmu dan trik dalam pemasaran online. Sebagai seorang pebisnis online tentu saja Anda harus menguasai hal ini, setidaknya minimal Anda tahu beberapa dari sekian banyak. Sebagai contoh adalah trik dalam memilih keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ya, keywords adalah kata kunci yang digunakan oleh user untuk dapat menemukan situs-situs di mesin pencari atau iklan dari produk maupun jasa di internet. Misalnya ketika Anda memiliki jasa online sebagai seorang desainer grafis, Anda tidak harus mencantumkan kata-kata rumit dalam website maupun halaman iklan Anda.

Kata kunci yang sederhana dan populer justru membuat orang mudah menemukan lapak Anda. Jadi sederhananya Anda bisa gunakan kata kunci atau keyword seperti “Jasa desain grafis” atau “Jasa desain grafis online” atau mungkin bisa dengan “Jasa desain grafis murah”. Semakin banyak orang yang menemukan situs atau lapakan Anda, maka akan membuat bisnis online Anda berkembang. Cukup banyak strategi pemasaran online lain, dan sebagai online preneur mau tidak mau Anda harus mempelajarinya.

2. Halaman Lapak Anda Kurang Menarik

Apakah sebuah tampilan situs website atau lapak online bisa berpengaruh? Tentu saja sangat berpengaruh. Ini adalah hal penting yang memang harus kita perhatikan jika ingin berhasil di bisnis online. Bagaimana mungkin orang akan tertarik untuk bertransaksi dengan kita ketika melihat halaman lapak online kita acak-acakan? Untuk itulah Anda harus meluangkan waktu untuk memperbaiki tampilan situs atau lapak online sehingga akan menarik konsumen untuk menjelajahi website Anda dan mau melakukan langkah selanjutnya, yaitu bertransaksi dengan Anda.

Saya beberapa kali menemukan website penipu di dunia maya yang menggunakan situs gratisan (blogger, webs, dan lainnya) untuk menarik perhatian calon konsumen, saya tidak bilang semua pengguna situs gratisan untuk lapak adalah penipu. Tapi kenyataannya memang ada banyak orang yang memanfaatkan platform gratisan untuk membuat website untuk melancarkan penipuan mereka.

Nah jika Anda serius membangun bisnis online, setidaknya Anda harus berani mengeluarkan modal untuk membuat website yang lebih baik dan rapih dengan Top Level Domain yang unik. Selain tampilan website yang user friendly dan kerapihan dalam menyusun katalog produk, penting juga untuk memberikan deskripsi lebih lengkap mengenai produk atau jasa Anda sebagai referensi bagi para calon pembeli.




Artikel lain: Tips Memilih Domain untuk Bisnis Anda

3. Kurangnya Pemasaran via Media Sosial

Faktor pertama mengapa bisnis online Anda tidak berkembang adalah kurangnya pemasaran atau pemberian informasi produk dan jasa via media sosial. Ya, ketika Anda sudah memiliki website yang menyertakan katalog produk, Anda juga harus rajin  melakukan promosi via #media sosial, tentunya dengan cara yang baik.

Tidak semua orang mengetahui alamat situs Anda, bahkan sebagus apapun sebuah website jika tidak dikenal tentu bisnis Anda tidak akan berkembang. Untuk itulah mengapa Anda harus memberikan informasi produk dan jasa melalui media sosial seperti Facebook, Twiter, Google+, forum maupun situs jual beli online. Media sosial selalu memiliki pengakses selama 24 jam, dan itulah peluang Anda memasarkan apa yang Anda miliki.

4. Kurangnya Networking atau Mitra

Membangun networking atau mitra adalah hal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis online. Saat ini sedang populer, seorang pebisnis online penyedia produk atau jasa memiliki partner yang bertindak sebagai reseller. Para reseller ini adalah mitra yang akan membantu mengembangkan bisnis online kita karena mereka juga memasarkan produk atau jasa kita, tentunya mereka akan mengambil sedikit keuntungan dari selisih harga jual produk.

Reseller bisa memiliki peran sangat vital karena mereka menjadi orang yang sering berhubungan langsung kepada end user atau pengecer lain. Selain reseller, mungkin Anda juga harus membangun relasi dengan orang yang bisa bertindak sebagai dropshipper. Nah untuk mendukung hal ini, sebagai penyedia produk tentu kita harus mempersiapkan diri dengan mempersiapkan proses packing dan pengiriman barang ke pembeli.

Baca juga: Bisnis Dropship, Bisnis Tanpa Produk Sendiri

Di atas tadi adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan jika ingin berhasil di bisnis online. Pastinya masih ada hal lain yang bisa mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis online. Kalau Anda punya masukan dan tips untuk mengembangkan bisnis online, mohon bagikan melalui halaman komentar. Terimakasih :)

Berikut ini adalah video bagus dari Anne Ahira buat Anda yang ingin membangun bisnis online




19 total comments on this postSubmit yours
  1. nambah pencerahan lagi alhamdulilah

  2. bisnis dua tahun berjalan karna masih di barengin dengan hal lain dan masih mengerjakan sendiri sungguh membantu berjualan di dunia online namun sebagian besar konsumen lebih banyak oflinenya dan mudah2an tahun ini bisa lebih fokus lagi, ammiiinnn

  3. Gampang2 susah mempraktekan seo itu, selain itu ilmu yang pas2an membuat website jalan di tempat. Sedangkan kebijakan google juga berubah2 demi penyempurnaan. Jadi trik seo yang tahun lalu belum tentu bagus untuk tahun berikutnya. Bisnis online itu klo gak hobi akan melelahkan sekali.

  4. Selama ini saya melakukan pemasaran lewat blog dan media sosial G , Fb, hanya itu saja. Setelah membaca artikel diatas saya sadar betul kurang gencar dalam hal promo media sosial. Buat rekan2 yang tengah memulai usaha online, tetap totalitas dalam strategi pemasaran seperti kesimpulan yg saya dapat dari Maxmanroe diatas. Thanks a lot bang atas ilmu barunya

  5. Kira-kira kalau mau promosi iklan di sosial media bagusnya yang mana ya?
    Facebook, google adsense atau ada ide kreatif lainnya?
    Saya menyediakan produk-produk perawatan rambut..

  6. Review blog onlineshop saya dong mas, apakah sdh memenuhi syarat blm…. sistemnya dropship ini… dr tampilan sdh meyakinkan blm sprti itu? Makasih

  7. Bagus artikelnya sangat membantu, perlu di optimalkan lagi nich iklannya biar lebih dahsyat.

  8. Teman, apa anda juga awalnya dari Ane Ahira, sy sdh lama tahu tentang Ane Ahira.sering di kirimi email jg, tpi sy msh ragu.karena kemampuan sy msh nol.takut tdk bisa mengikuti/gagal._selama ini sy belajar sendiri,bikin web sendiri,agak susah jg siy tdk punya suhu._tks

  9. kalau hal di atas sudah dilakukan dan saya menemukan kendala yang utama adalah BAGAIMANA CARA MENANAMKAN KEPERCAYAAN kepada customer kalau toko online kita itu benar-benar terpecaya? hal ini yang sampai sekarang istilahnya belum pecah telur. hiihi

  10. Mungkin lebih dimaksimalkan lagi dari segi kualitas produk,promosi dan pelayanan.Karena bukan tidak mungkin bisnis yang kita mulai melalui online jika dikerjakan secara maksimal akan menghasilkan profit yang luar biasa.

    Yang penting Optimis dan Maksimal insyaallah hasilnya luar biasa.

  11. Gampang-gampang susah. dibilang susah banyak juga yang sukses di bisnis online, dibilang gampang gak sedikit juga yang gagal.
    Saya masih baru di bisnis online, dan ingin sukses di bidang ini.

  12. Bukan berarti bisnis oline harus promo via online juga kan? bisa juga promo fisik di RL, konvensional sih, tapi pemasaran jalur ini menurut saya layak dicoba. dan sekali lagi target pasar harus tepat.

  13. yang agak susah adalah cara bagaimana mengoptimalkan social media. kadang orang merasa terganggu jika ada yg menawarkan sesuatu

  14. cara membangun link di situs jaring sosial yang baik bagai mana?? apa hanya menaruh alamat situs atau cara lain?

  15. Ke 4 point diatas benar adanya .) . Apalagi klo yg punya bisnis online rajin posting tips2 seputar produk yg dijual, dan rajin blogwalking. Orderan lancar mengalir tanpa perlu promosi besar2an (mis. pakai iklan berbayar).

  16. Sepertinya saya harus beralih ke platform berbayar nie Mas daripada yang gratisan. Tapi menurut saya ilmu SEO dan rajin menulis bisa menjadi senjata utama dalam mengembangkan Bisnis Online kita. Sayang blog saya terkena efek penguin untuk kata kunci “belajar bahasa Inggris”, dulu prosentasenya hampir 61% berdasarkan statistic ahref.com. Sulit sekali untuk menurunkannya. Saya pingin memperdalam ilmu saya tentang SEO untuk mengembangkan ilmu berbisnis online saya. Mungkin ada masukan buat saya Mas ? O ya koneksi internet yang bagus, tidak lemot juga menentukan sekali untuk optimasi bisnis onlie :)

  17. Tapi masalahnya ketika,semua kriteria diatas sudah kita lakukan,contoh,website lapak oke,berbayar,baik domain maupun hostingan,share jejaringan social udah gencar dan network mitra lumayan ada,tapi kenyataanya,bisnis online belum juga booming,kira-kira masalahnya dimana,ada masukan,ditunggu,terimaksih.

    • Mungkin promosinya kurang tepat sasaran mas, sehingga konversi penjualan tidak sesuai dengan harapan. Selain itu trend pasar dan persaingan yang ketat juga mempengaruhi perkembangan bisnis online.

      Perlu inovasi, menawarkan sesuatu yang berbeda dengan pesaing, misal; kita mengemas produk dengan kemasan yang lebih unik. Atau pemasaran melalui customer kita sendiri, misal; kita berikan diskon pada pelanggan yang mau share bisnis kita di Facebook mereka, masih banyak cara sebenarnya mas.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud