Tips Pasang Iklan di Google Adwords, Ada Seni Tersendiri

Tips-Pasang-Iklan-di-Google-Adwords

Google Adwords merupakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Google. Sebagai mesin pencari terbesar di dunia (saat ini), #Google menjadi tempat yang tepat untuk menempatkan iklan usaha kita. Dengan memanfaatkaan kata kunci yang dicari di mesin pencari, Google memunculkan iklan yang sesuai dengan kata kunci itu. dengan begitu, maka target iklan akan lebih tepat dibandingkan dengan iklan jenis lainnya.

Di Google Adwords, kita bisa memasang iklan baik gambar maupun tulisan. Membuat iklan dengan beberapa baris kata inilah yang sejak dulu menjadi seni tersendiri. Tidak semua orang bisa merangkai kata untuk mengajak mereka mengklik iklan itu. Meskipun singkat, tapi kesulitan dalam merangkainya sangat tinggi. Selain memiliki seni tersendiri, copy writing ini tentunya harus mewakili dari iklan yang dipasang itu. Kalau tidak mewakili iklan itu, maka target iklan akan meleset dari target awal yang diinginkan.

Artikel lain: Facebook Ads vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?

Tips Pasang Iklan di Google Adwords

Oleh sebab itulah pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana tips pasang iklan di Google Adwords dengan cara membuat teks iklan yang lebih efektif. Tapi sebelum menginjak ke masalah ini, alangkah lebih baiknya kita mengenal beberapa kebijakan yang diterapkan oleh Google Adwords dalam iklan teks ini.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita menulis teks iklan untuk Google Search. Peraturan itu terdiri dari 4 bagian utama:

  1. Judul iklan (headline title) hanya diperbolehkan 25 karakter termasuk spasi.
  2. Untuk isi iklan (description line) yang terdiri dari 2 baris, hanya boleh diisi dengan 35 karakter termasuk spasi.
  3. Untuk display URL yang nantikan akan memunculkan link menuju website kita, hanya boleh diisi dengan 35 karakter termasuk spasi.
  4. Sedangkan destination URL sebagai link lengkap yang akan mengarahkan pengunjung setelah mengklik iklan tadi hanya diperbolehkan sebanyak 1024 karakter termasuk spasi.

Setelah itu kita juga harus memahami kebijakan yang diterapkan oleh Google Adwords. Hal ini perlu diperhatikan karena jika kita melanggarnya, iklan yang kita pasa akan di-banned secara permanen. Lebih lengkapnya apa saja peraturan itu, dapat dibaca di dalam Google Adwords.




Langkah selanjutnya setelah megetahuip peraturan dasar penulisan serta apa yang menjadi kebijakan Google Adwords, adalah membuat teks yang akan dipasang dalam iklan itu. sebelum merangkai kata, berikut ini beberapa tips pasang iklan di Google dengan memanfaatkan keajaiban kata-kata.

1. Perhatikan Relevansi

Tips pertama agar iklan teks sesuai dengan sasaran adalah relevansi. Relevansi ini harus dipertahakan antara isi teks, landing page, adgroup serta kata kunci yang kita targetkan. Dengan begitu maka iklan akan sesuai dengan target yang kita inginkan. Untuk mempermudah pemahannya, perhatikan contoh di bawah ini:

Kita membangun toko online yang menjual baju anak. Lalu kita membuat 1 group kata kunci yang berisikan tentang baju anak cewek. Setelahnya teks iklan yang dipasangkan harus sesuai dengan kata kuncinya seperti, “Promo diskon 50% baju lucu anak cewek terbaru!” Lalu ketika pengunjung mengklik iklan itu, maka akan diarahkan ke website kita yang berisi tentang pakaian anak cewek.

2. Informasi Tepat Sasaran

Sebagai media promosi, maka menjadi jendela pertama untuk memberikan informasi kepada pembeli. Sehingga informasi singkat tapi jelas harus kita berikan agar mereka tidak kebingungan. Dalam teks iklan ini, tulislah beberapa informasi penting, unik dan keunggulan produk itu.

Informasi yang bisa kita masukkan adalah detail produk, benefit penggunaan produk, special offer seperti diskon ataupun free ongkos kirim, serta keunggulan produk itu dibandingkan produk lainnya. Karena jumlah karakter dibatasi, di sinilah skill kita dalam merangkai kata singkat tapi mewakili tujuan iklan ini tersampaikan dengan baik.

3. Persuasi

Iklan online yang pas adalah terdapat pesan persuasive atau call to action. Dengan kata lain, ketika mengklik iklan itu, kita harus bisa mengajak mereka untuk melakukan aksi selanjutnya yaitu melakukan pembelian barang yang kita iklankan. Agar memudahkan pemahaman, berikut ini contoh kalimat peruasif dalam iklan, “gratis kirim baju cantik, promo terbatas hari ini!”

4. Lakukan Rotasi

Buatlah beberapa teks iklan lalu iklankan dalam waktu bersamaan. Perhatikan performa masing-masing iklan, setelah satu minggu lihatlah performa dari iklan-iklan itu. Lalu pilihlah mana iklan yang paling banyak menarik pengunjung dan menghasilkan konversi penjualan. Sedangkan iklan yang tidak memberikan hasil, lebih baik diganti atau pause pause iklan tersebut.




Baca juga: Tips Beriklan di Google Adwords, Memastikan Iklan Sesuai Sasaran

Itulah tadi beberapa tips pasang iklan di Google yang dapat memberikan target yang sesuai dengan harapan. Semoga artikel ini bermanfaat.



21 total comments on this postSubmit yours
  1. Infonya bagus dan tipsnya bermanfaat sekali..
    Masukkannya jelas dan mudah di pahami :)

  2. mas mau tanya kira-kira untuk newbie pilih keyword yang pesaingnya renda atau tinggi? terima kasih atas jawabannya

  3. Terima kasih tipsnya. Mau bikin iklan lebih baik lagi, masukannya sangat jelas

  4. Slmat siang, mo ikut nanya mas, sya brmnat pasang iklan adwords, cuma klo sign in ke GA knpa langsung diarahkannya bikin campaign ya, padahal sya ingin reset kata kunci dulu, tapi nyari icon nya itu ga ada, problemnya kira2 apa ya?

  5. Pembeyaran selain kartu kredit ga bisa ya om…?
    Info nya bagus sekali om….sangat bermanfaat buat sy yang baru belajar bisnis online

  6. saya pernah coba sekali pasang iklan di google adword pas lagi promosi 3 bulan cuma 250,000..tapi tidak ada kenaikan dalam pembelian,,hehe..gak tahu deh apa karena saya dananya cuma sedikit makanya jarang dimunculkan dan gak ada yang klik iklan saya

  7. informasinya menarik sekali gan, saya ingin beriklan namun tbelum punya kartu kredit.

  8. Makasih triknya gan.. setuju sekali kalau kata2 pendek pada iklan itu harus disusun sebaik mungkin..

  9. Memang pemasangan iklan mempunyai aturan tersendiri, mulai dari alamat web yang dituju, deskripsi iklan yang jelas, keyword yang tepat sasaran. sangat menjunjang keberhasilan iklan yang ditayangkan.
    Terima kasih artikel ini Mas…

  10. Mas, dalam menentukan atau mengatur biaya iklan adakah batas minimalnya ?

  11. info yang menarik om max,..sekalian saya minta ijin pasang link artikel ini di blog saya om..makasih konfirmasinya

  12. Tipsnya ok bgt Mas Manroe beberapa sudah saya terapkan pada web Travel saya dan berhasil saat ini saya lagi mengembangkan Situs Berita Portal General tapi lebih cenderung ke Otomotif pembahasannya kalo menurut Mas Manroe apabila saya memberikan fasilitas free seperti iklan otomotif free , atau submit artikel free bisa mendongkrak pengunjung secara signifikan nga ya Mas , sory nih agak Curhat Mas , thank untuk tanggapannya

  13. Hmm, mau tanya juga nih mas, saya kan punya website forum gitu (ada di link nama saya kan hehehe).

    Kira2 butuh dana berapa ya kalau mau pakai google adwords, rada pesimis juga soalnya forum ku nichenya (reksadana) kayanya sepi pembeli deh hehehe.Mohon jawabannya ya mas max, salam kenal juga dari saya.

    • Menurut saya isi dulu forumnya dengan thread yang berisi informasi mengenai informasi reksadana, bikin sebanyak mungkin. Setelah itu bisa promosi di Google Adwords dan Facebook. Kalau mempromosikannya dalam keadaan kosong seperti itu, dijamin akan rugi karena orang tidak mendapat informasi penting di sana dan langsung menutup websitenya.

      • Hmm…begitu ya, perbanyak konten dulu aja berarti. Agak kesulitan juga bikin kontennya, maklum ngerjain konten n setting forum dll masih sendiri soalnya hehehe.

        Oya maaf saya oot nih. Ok deh gak pake adwords, kalau saya bikin kontes buat thread, terus pemenang berdasarkan jumlah share ke social media (fb,twit,G+) terbanyak, nah secara gak langsung kan konten jadi banyak dan traffik pun jadi naik karena ada efek share ke social media,kira2 worth it gak?

        ditunggu jawabannya ya mas.

        • Sangat worth it! Kontes paling bagus itu bikin thread berkualitas dan bermanfaat dan masih berhubungan dengan core bisnisnya mas Raymond. Misalnya thread pengalaman yang bermain reksadana ataupun tips melakukan investasi. Yang tentukan mas Raymond :)

  14. biayanya tergantung keyword ga masbro??

    • Tergantung penawaran kita dan advertiser lain, biasanya keywords populer memang harganya jadi lebih mahal karena banyak pengiklan yang pasang bid yang mahal untuk keywords tersebut.

  15. Untuk biaya berapa ya…teknis pembayarannya seperti apa… thanks

    • Biaya kita yang atur sendiri, cara pembayarannya menggunakan kartu kredit pak :)

  16. waahh bermanfaat banget tipsnya nih, memang susah memilih kata-kata yang menarik untuk iklan nih, mampir balik ya, masih newbie nih :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud