Tips Beriklan di Google Adwords, Memastikan Iklan Sesuai Sasaran

Beriklan-di-Google-Adwords

Tips Beriklan di Google Adwords – Dunia maya saat ini sudah menjadi salah satu tempat untuk melakukan promosi. Semakin dekatnya kehidupan kita sehari-hari dengan dunia maya, membuat tempat ini menjadi tempat berkumpul semua orang. Lihat saja setelah perkembangan gadget semakin mendukung kita berdekatan dengan dunia maya, sejak bangun tidur hingga akan tidur lagi kita selalu terhubung dengan dunia maya. Selain sebagai tempat untuk berkomunikasi, dunia maya juga menjadi lahan untuk membangun #bisnis online.

Sama halnya dengan bisnis di dunia nyata, membangun bisnis di dunia maya juga memerlukan usaha keras. Memiliki teknik promosi yang tepat adalah salah satu hal yang mempengaruhi keberlangsungan bisnis ini. Inilah keuntungan dari dunia maya, kita bisa melakukan promosi secara gratis. Melalui blog/ website dan juga media sosial kita bisa melakukan promosi dengan gratis.

Sayangnya kita tidak bisa menargetkan promosi itu dengan mudah. Akibatnya tentu promosi tidak tepat sasaran. Kalau cara itu ternyata kurang berhasil, iklan berbayar adalah pilihan kedua. Dengan pilihan ini, maka iklan akan tepat sasaran sehingga akan memperbesar kemungkinan konsumen membeli produk kita.

Artikel lain: Facebook Ads vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?

Tips Google Adwords dalam Menjamin Ketepatan Targetnya

#Google Adword merupakan salah satu layanan iklan berbayar yang ada di dunia maya. Layanan ini dimiliki oleh Google. Google memanfaatkan kata kunci pencarian sebagai salah satu aspek memfilter iklan yang ada. Jika kita sudah meletakkan kata kunci di iklan yang akan dipasang, maka jika kata kunci yang diketik sesuai dengan kata kunci iklan kita, maka iklan akan muncul di hasil pencarian itu. Sayangnya untuk memilih kata kunci yang tepat untuk diletakkan di iklan yang kita pasang tidaklah mudah. Kalau salah meletakkan kata kunci, bisa dipastikan iklan tidak sesuai dengan sasaran.

Oleh karena itu diperlukanlah trik agar iklan yang kita pasang di Google Adwords mampu meningkatkan jumlah klik ke website kita. Berikut ini sudah kami rangkumkan beberapa tips Google Adwors untuk menjamin ketepatan target iklannya.




1. Riset Keywords

Untuk mementukan kata kunci apa saja yang pas dengan iklan kita, diperlukan sebuah riset. Dengan riset inilah kita dapat menentukan keyword berdasarkan data yang valid. Dari riset ini kita akan mendapatkan data valid yang meliputi jumlah pencarian, tingkat persaingan kata kunci, trend kata kunci serta estimasi biaya iklan dari setiap klik kata kunci itu.

Riset ini dapat dilakukan dengan beberap tools. Tools ini sudah disediakan oleh #Google dan dapat digunakan dengan gratis. Google Trends adalah tools yang bisa kita gunakan. Untuk menggunakannya kita bisa mengunjungi tools itu di google.com/trends. Setelah membukanya kita bisa menggunakan fitur Search Term Query.

Fitur ini akan memberikan kita gambaran apa saja kata kunci yang tepat untuk iklan kita. Satu tips untuk memilih kata kunci yang tepat adalah dengan menggunakan kata kunci yang paling relevan dengan iklan yang kita pasang. Hindari menggunakan kata terlalu umum agar iklan sesuai dengan target.

2. Mengkategorikan Kata Kunci

Setelah ada beberapa kata kunci yang didapatkan, pisahkan kata kunci ke dalam beberapa kategori. Dalam Google Trends dikenal dengan istilah adgrouping. Kumpulkan kata kunci dengan kategori yang sesuai. Contohnya jika kita mengiklankan website jual monitor komputer dan televisi, maka kata kunci monitor LCD dapat dimasukkan ke dalam kategori monitor komputer.

Mengumpulkan kategori kata kunci ini bertujuan untuk meningkatkan target kata kunci. Dengan kategori iklan itu, kita bisa membuat iklan yang sesuai dengan kata kunci di group kategori itu.




3. Lakukan Keyword Matching Type

Setelah adgrouping, kini proses selanjutnya adalah melakukan pencocokan kata kunci. Langkah ini dikenal dengan keyword matching type. Dengan langkah ini maka setiap keyword akan memperlihatkan iklan yang berbeda.

Ada 4 jenis matching keyword ini yaitu broad yang fokus ke target keyword dengan trafik tinggi. Phrase untuk target iklan yang mengambil prasa dari kata kunci. Exact digunakan untuk menerapkan iklan yang hanya fokus ke kata kunci yang ditargetkan. Sedangkan yang terakhir adalah negative, yang berguna untuk melakukan filter untuk kata kunci tertentu. Dengan langkah ini maka jika mengetikkan kata negative itu, iklan kita tidak akan muncul di sana.

4. Evaluasi Keywords

Google menyediakan evaluasi keyword dengan table yang ada. Table ini berisi tentang jumlah klikl, jumlah impressions, CTR keyword, quality score keyword dan beberapa informasi lainnya. dari evaluasi inilah yang bisa menjadi bahan evaluasi apakah iklan yang kita pasang sudah tertarget dengan sempurna atau tidak.

Baca juga: 9 Elemen Penting Dalam SEO Website Anda Untuk Jangka Panjang

Itulah tadi beberapa tips singkat beriklan di Google Adwords untuk menjamin apakah iklan yang kita pasang sesuai dengan target atau tidak. Kalau tidak tertarget, bisa jadi iklan akan sia-sia belaka.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya tertarik dengan sistem google adword, tapi masih bingung bagaimana cara daftarnya. Terutama masalah kartu kredit dan cara penggunaannya. Thanks

  2. Mas kalo mau menentukan keyword untuk beriklan di adwords. Pakai google keyword tool saja juga bisa ?? Makasih sebelumnya

  3. Mas itu anchor textnya ada tanda # maksudnya biar apa tuh mas. Thanks

    • Sengaja, itu tagar untuk menandakan tags yang terkait dengan kata kunci :)

  4. Belum Niat Pasang Google AD Sob … Blog Sepi Visitor Lagi Proses SEO Dulu Dan Blogwalking :D Jadi Tolong Bantu Yah

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud