Facebook Ads vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?

Facebook-Ads-Vs-Google-Adwords

Facebook Ads Vs Google Adwords – Dalam membangun sebuah bisnis, promosi memegang peranan penting. Apapun jenis usaha maupun jasa yang sedangdirintis, jika tidak ada promosi yang dilakukan maka calon konsumen kemungkinan tidak akan mengetahui bisnis tersebut. Mereka tidak akan mengetahui apa produk itu, apa kegunaannya dan apa kelebihannya. Kalau mereka tidak mengetahui produk itu, bagaimana mereka bisa tertarik untuk membelinya? Maka dari itulah banyak sekali penjual yang dengan kreatif membuat iklan. Tujuannya tentu menarik minat konsumen untuk membeli produk itu.

Sekarang ini, perkembangan promosi dunia usaha sudah berkembang dengan pesat. Tidak hanya memanfaatkan media elektronik maupun media cetak, kini promosi produk itu bisa dilakukan juga di dunia maya. Di dunia mayapun ada banyak jenis strategi promosi yang dijalankan. Promosi itu bisa dilakukan dengan tanpa modal ataupun dengan mengeluarkan modal terlebih dahulu. Nah, cara cepat untuk mendatangkan pembeli adalah dengan media berbayar. Ada dua jenis iklan berbayar yang memang sudah tidak diragukan lagi keunggulannya, yaitu Google dan Facebook.

Artikel lain: Facebook vs Twitter, Mana Yang Paling Bagus Untuk Bisnis?

Facebook Ads Vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?

Google dan Facebook memang membuat sebuah program iklan berbayar yang menggiring pengunjung untuk melihat iklan yang akan kita pasang di sana. Keduanya memiliki pangsa pasar yang luas. Google sebagai mesin pencari, menggunakan hasil pencarian sebagai media untuk menampilkan iklan. Sedangkan Facebook sebagai media sosial, dengan jumlah penggunanya yang begitu banyak, bisa dijadikan sebagai tempat yang pas untuk meletakkan iklan. Lalu kalau ingin memilih salah satu, manakah yang paling efektif? Facebook Ads vs Google Adwords?

Banyak orang yang ingin mendalami dunia internet marketing kebingungan dengan pertanyaan ini. Pasalnya keduanya memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Meskipun begitu, dari keduanya pasti ada yang paling efektif dalam menggiring pengunjung untuk mengunjungi website bisnis kita. Jawaban dari mana yang paling efektif antara kedua media iklan berbayar ini, akan terjawab dengan beberapa penjelasan di bawah ini:

1. Facebook Ads

Facebook Ads merupakan layanan periklanan yang disediakan oleh media sosial terbesar di dunia, #Facebook. Peletakan iklan mereka berada di sisi kanan tampilan media sosial Facebook dengan keterangan “Sponsored” dan juga di bagian News Feed.




Kelebihan:

Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, maka Facebook menjadi tempat di mana banyak orang bersosial setiap harinya. Dari banyaknya orang inilah Facebook memanfaatkan yang namanya Efek Viral dari para penggunanya.

Sehingga Facebook memungkinkan kita sebagai orang yang memasang iklan untuk menentukan target dari iklan yang kita pasang. Pengaturan itu mulai dari usia, status, bahasa, dan negara. Dengan begitu, maka Facebook akan menayangkan iklan dengan melihat profil penggunanya.

Kekurangan:

Kekurangan dari media iklan berbayar yang satu ini adalah iklan hanya dapat dilihat oleh mereka yang menggunakan Facebook. Meskipun menjadi media sosial terbesar di dunia untuk saat ini, tentunya tidak semua orang memiliki akun Facebook.




Masih banyak orang yang tidak memiliki akun Facebook sehingga membuat target iklan di Facebook hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja yaitu mereka para pengguna Facebook aktif.

2. Google Adwords

Google Adwords merupakan sebuah program pengiklanan yang dibuat oleh perusahaan situs mesin pencari terbesar di dunia, #Google. Sebagai mesin pencari terbesar (untuk saat ini) tentunya prospek Google akan memanfaatkan mesin ini sebagai tempat untuk memasangkan iklan.

Kelebihan:

Kelebihan dari Google Adwords adalah:

  • Sebagai mesin pencari terbesar saat ini, tentunya Google memiliki pangsa pasar yang sangat besar.
  • Kita dapat mengatur peletakan iklan yang mudah dilihat oleh orang lain
  • Kita dapat memilih kategori iklan sehingga ketika orang mencari suatu kata kunci yang berhubungan dengan promosi kita, maka iklan itu akan muncul di sana.
  • Iklan akan sesuai dengan target. Dengan memanfaatkan kata kunci yang dicari, maka iklan akan sesuai dengan target yang kita incar.
  • Pengunjung tidak harus melakukan login ke Google untuk bisa melihat iklan itu. Sehingga akan menjangkau lebih banyak orang yang membuka mesin pencari ini.

Kekurangan:

  • Jika iklan terdapat link yang mencurigakan atau iklan ternyata melanggar peraturan dari Google Adwords, maka iklan itu akan di-banned secara permanen. Jadi perlu berhati-hati dalam memasang iklan di sana. Perhatikan juga TOS mereka agar tidak melanggar peraturan itu.
  • Dalam proses pembayaran iklan yang kita pasang, pembayarannya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit saja. (UPDATE) Sekarang kita bisa bayar iklan Google Adwords dengan cara deposit via transfer ATM.

Baca juga: Pemasaran Melalui Media Sosial Jadi Lebih Efektif dengan Trik Ini

Melihat kekurangan dan kelebihannya, manakah yang paling efektif Facebook Ads vs Google Adwords? Itu kembali kepada calon pengiklan. Dari ulasan di atas, kita tentu dapat memilih layanan mana sepertinya yang paling pas dengan kebutuhan bisnis kita.

Related tag: #Media Promosi



19 total comments on this postSubmit yours
  1. Menurut pandangan subjektif mas Max, apakah efektif kalau saya ingin memasang adwords untuk blog kuliner saya?
    Jadi bukan buat bisnis cuma untuk naikin traffic aja. Thanks

  2. dengan tidak memihak salah satu dari mereka, pasang iklan di fb itu ibaratnya pasang spanduk atau bagi brosur di mall ,mereka tidak sedang mencari informasi tentang apapun yang produk kita tawarkan, jadi lebih ke branding fungsinya bukan penjualan,..nahh kalo adword ibaratnya adalah orang yang sakit dan sedang cari obat, mereka punya masalah dan sedang mencari solusi, mereka lebih siap untuk membeli produk atau penawaran jasa kita,..jadi kalo ingin direct selling atau ingin mengahsilkan penjualan langsung adword lebih tepat, jadi tergantung tujuan kita beriklan ,mau branding kah ? supaya webkita di kenal banyak orang ? atau mau langsung dapat pembeli ? dan mohon izin koreksi pembayaran google adwords sekarang sudah bisa via transfer bank tidak selalu harus dengan kartu kredit.

    • Saya setuju dengan jawaban mas Ferry. Saya sendiri menggunakan Facebook Ads untuk membangun brand (branding), tapi untuk konversi saya lebih percaya pada Google Adwords

  3. Kalau menurut saya sekarang lebih efektif Facebook ads kali ya mas.. atau hanya lagi trend aja ?

  4. Lebih baik iklan di Google. Pakai jasa SEO atau belajar SEO karena bisa iklan terus selamanya di Google secara Gratissss…

    Minat jasa seo atau private seo silahkan hub 085216187222

  5. bagus sih tp lebih tertarik ke google, karena gak semua orang setiap hari buka facebook, tapi kalau google rata rata orang buka browser untuk cari sesuatu

  6. dari sisi biaya terhadap klik iklan, kira2 mana yang lebih powerfull pak, diantara 2 ads itu?

  7. apa efeknya langsung bisa dirasakan misalkan untuk promote blog mas jika melalui fb ads?..maaf..nuebie…

  8. Masih bingung untuk menentukan nih mas karena satu sama lain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

  9. keren bisa memilih referensi nih, antara ads sma adwords hehe

  10. Sebenerny si lebih enak facebook ads, lbh banyak org membuka jejaring social dr pada googlelig..setiap hr past buka fb..tp blm tntu buka google..hanya pendapat

  11. Semua ada keuntungan dan kekurangannya masing-masing…

  12. om max, di cariin sama cikgu hahahahaha, btw artikel nya bagus bagus nih gw suka baca2 blog lo yg satu ini walaupun sekarang udah mulai melebar kategori nya tapi ogut memaklumi sebagai pembaca ,, :)

    • Cikgu siapa mas, soalnya guru saya banyak hehehe

  13. Thanks buat info-nya, ada trik-trik membuat materi iklan di facebook yang jitu gak? klo ada share juga dong disini :)

  14. Kekurangan Facebook juga menurt sy, data demografi yg diberikan kurang valid. Namanya usia, hobbi, pendidikan, dll sangat bisa dimanipulasi pengguna facebook. Padahal ketika kita melakukan target pasar di iklan facebook, parameter2 yg digunakan adalah data2 ini.

  15. Saya pernah pake adword, hanya biaya promosi harus besar kalau budget promosi terbatas keyword yang di pilih ngga bisa banyak jadi Klik sedikit… solusi terbaik belajar seo gan..heee

  16. Keduanya sama-sama bagus, tapi saya akan pilih miliknya google.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud