Tips Mudah Membedakan iPhone Asli dan iPhone Replika

Tips Mudah Membedakan iPhone Asli dan iPhone Replika

Membedakan-iPhone-Asli-dan-iPhone-Replika

Popularitas produk teknologi besutan #Apple memang tidak perlu diragukan lagi Dengan material yang berkualitas, desain simpel dan classy serta teknologi yang mumpuni membuat produk-produk Apple menjadi salah satu yang paling bergengsi di kelasnya. Tidak mengherankan bila orang-orang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memiliki produk Apple.

Menyebut produk-produk Apple rasanya pasti tidak lengkap bila kita tidak membahas iPhone. Harga iPhone yang selangit membuat banyak pihak yang memanfaatkan ketenaran iPhone untuk membuat produk replikanya. Produk replika yang membanjiri pasaran kadangkala membuat kita kesulitan membedakan iPhone asli dengan produk palsu. Tapi kini, kita tinggal mempelajari tips mudah berikut ini supaya tidak keliru ketika ingin membeli iPhone asli:

1. Harga yang Terlalu Murah Patut Dicurigai

iPhone biasanya memiliki standar harga yang sudah ditetapkan oleh Apple maupun pihak distributor resmi. Jadi, kita patut curiga dengan iPhone yang harganya terlalu murah. iPhone yang harganya terlalu murah dan jauh di bawah harga standar bisa menjadi salah satu indikasi bahwa iPhone tersebut adalah produk replika. Bahkan di counter hp biasanya harga iPhone asli tidak akan berbeda jauh dengan harga dari distributor atau retailer Apple yang resmi.

Untuk menghindari kesalahan saat ingin membeli iPhone, usahakan untuk membeli iPhone melalui distributor resmi yang terjamin validitas dan keamanannya.

Artikel lain: 6 Alasan Kenapa iPhone Masih Menjadi Pilihan Dari Smartphone Lain

2. Material Penyusun Smartphone

Semua pengguna smartphone tentu paham kalau iPhone adalah produk kelas premium. Didesain dengan menggunakan material aluminium yang ringan, solid dan dipadukan dengan desain ergonomis membuat iPhone nyaman digenggam dan digunakan. Hal ini tentu saja berbeda dengan iPhone replika yang biasanya menggunakan bahan-bahan “seadanya” dan membuat iPhone tersebut menjadi tidak “mewah” ketika digenggam.

Material iPhone yang asli akan membuat dimensi dan bobot iPhone jadi lebih ringan dan nyaman saat digenggam atau disimpan di saku. Cermati perbedaan material penyusun iPhone ya sebelum memutuskan untuk membelinya.

3. iPhone Asli Tidak Memiliki Google Play Store

Apple memiliki toko aplikasi tersendiri yang membedakannya dengan produk smartphone lain. Apple Store (biasa dikenal dengan sebutan App Store) adalah toko aplikasi resmi yang bisa diakses dari iPhone. Kita tentu patut waspada dengan iPhone yang memiliki Google Play Store di dalamnya. Karena besar kemungkinan kalau iPhone tersebut hanya produk replika yang mengandalkan desain dan bentuk yang persis sama dengan iPhone.

Kita harus mencermati bagian fitur-fitur iPhone supaya tidak tertipu dengan produk replika. Biasanya iPhone menggunakan sistem operasi #Android sehingga memiliki akses Google Play Store ketika digunakan.

4. Screenshot Dengan Tombol Power dan Home Button

iPhone yang asli biasanya bisa melakukan screenshot dengan cara menekan tombol Power dan Home secara bersamaan. Jadi, bila sebuah iPhone tidak bisa melakukan screenshot dengan cara tersebut, maka bisa dipastikan kalau iPhone adalah produk replika yang tidak terjamin keasliannya. Cara ini sangat mudah dipraktekkan ketika kita hendak membeli iPhone.

5. iPhone Asli Bisa Dideteksi Itunes

Produk iPhone bisa dideteksi dan disinkronisasi dengan software iTunes karena iTunes adalah salah satu software asli yang dirilis oleh Apple. Jadi hanya produk-produk asli Apple yang bisa terdeteksi oleh iTunes.

Baca juga: Spesifikasi Apple Watch yang Diramalkan Booming Dalam Waktu Dekat

6. Aksesoris dan Kelengkapan iPhone

Aksesoris dan kelengkapan iPhone yang asli biasanya memiliki standar yang baik sesuai dengan prosedur dari Apple. Biasanya ada aksesoris dan kelengkapan yang dijual secara terpisah dan ada pula yang di bundling langsung dengan produk iPhone. Sedangkan untuk iPhone replika, biasanya aksesoris dan kelengkapannya jauh lebih banyak daripada iPhone yang asli. Alangkah baiknya bila kita mengecek kelengkapan apa saja yang akan diperoleh bila membeli produk iPhone asli supaya kita tidak mudah keliru saat membelinya.

Bergaya dengan iPhone keluaran terbaru memang sangat keren. Tapi jangan lupa untuk mengutamakan kualitas dan keorisinalitasan iPhone yang akan kita beli. Harga mahal yang harus kita bayar tentu sebanding dengan kualitas teknologi yang akan kita peroleh. Sebab produk smartphone berkualitas tidak akan mengecewakan kita di kemudian hari. Disamping itu, jangan lupa tanyakan prosedur garansi resmi sebelum membeli iPhone idaman, ya.

2 KOMENTAR

  1. Lucu juga kalau iphone tapi gak kedetect itunes & malah ada play store, bukan app store. ketawa sendiri bacanya. hehehe

  2. Resep Masakan Indonesia

    harus waspada nih sama produk replika

Tinggalkan Balasan