Tips Menjalin Kerjasama Startup Dari CEO Pathsource Aaron Michel

kerjasama startup

Image dari Alleywatch.com

Sebagai sebuah startup, menjalin kerja sama dengan perusahaan besar yang sudah mapan tentu adalah sebuah cita-cita yang ingin diwujudkan. Karena dengan kerjasama yang terjalin ini diharapkan startup bisa mengakselerasi pertumbuhan nya semakin cepat. Bukan saja tentang mendapatkan keuntungan secara finansial, namun pengalaman dan kesempatan belajar bagi tim #startup jauh sangat dibutuhkan.

Namun untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan yang sudah mapan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah didapatkan. Halangan terbesar tentu saja bagaimana meyakinkan perusahaan besar bersedia menjalin kerjasama dengan startup yang tentu saja masih baru. Di bawah ini adalah tips bagaimana dan apa yang harus dilakukan sebuah startup ketika akan menjalin kerjasama dengan perusahaan besar dari CEO Pathsource, Aaron Michel.

1. Tentukan Dulu Tujuan Startup Dalam Menjalin Kerja Sama

Sangat berbahaya ketika Anda dan startup yang Anda bangun menjalin sebuah kerja sama namun tidak memiliki tujuan yang jelas. Sama saja Anda akan membuang-buang waktu dan energi saja tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Anda harus menentukan terlebih dulu apa tujuan Anda dalam menjalin kerjasama, keuntungan apa yang akan Anda dapatkan misalnya.

Bahkan ini sebenarnya sudah harus Anda pikirkan ketika sebuah startup akan memilih perusahaan yang akan diajak kerja sama. Memilih perusahaan yang bisa mengakomodasi kebutuhan sebuah startup akan memudahkan startup tentunya dalam perjalanannya ke depan. Jangan sampai kerja sama yang dijalin justru menguntungkan satu pihak saja.

Artikel lain: Tips Meningkatkan Traksi Startup Dari Indrasto Budisantoso, CEO Jojonomic

2. Pastikan Apa yang Diberikan Dan Apa yang Didapat

Lebih jauh lagi, dalam menjalin sebuah kerja sama dengan perusahaan besar, startup harus bisa memastikan apa yang akan diberikan dan apa yang akan didapat dari kerjasama yang dijalin. Prinsip keseimbangan dalam sebuah kerja sama tentu harus dijunjung tinggi.

Tidak harus mendapatkan keuntungan berupa finansial saja, namun lebih dari itu jalinan kerja sama yang langgeng dan bisa saling memberi manfaat jauh akan lebih ideal. Karena memang sebuah startup muncul untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, maka keberlangsungan dan bahkan perkembangan kepada sebuah penyempurnaan produk pasti juga akan menguntungkan.

3. Membangun Pertemanan Secara Personal Dengan Perusahaan Besar

Salah satu yang sangat bagus untuk dilakukan ketika akan menjalin sebuah kerjasama dengan perusahaan besar adalah dengan menjalin pertemanan secara personal dengan salah satu dari mereka. Jadi Anda sebagai startup bisa mencari kontak dari beberapa orang yang ada di perusahaan besar tersebut kemudian menjalin komunikasi yang intens dengan mereka.

Komunikasi yang Anda jalin dengan intens akan sangat membantu startup Anda lebih bisa diterima oleh perusahaan tersebut. Maka ada baiknya jika Anda mulai mencari kontak dari beberapa orang penting pada perusahaan besar tersebut.

4. Pentingnya Keselarasan Tujuan Dalam Kerja Sama

Ini sangat penting dibicarakan sebelum benar-benar kerja sama ini akan dijalankan . Keselarasan dalam sebuah kerja sama tidak harus memiliki tujuan yang sama, namun untuk mencapai tujuan masing-masing tentu sebaiknya tidak saling menghambat satu dengan yang lain. Maka perlu kiranya hal ini dibicarakan secara matang untuk kemudian dituangkan ke dalam sebuah strategi bisnis yang nyata. Untuk itulah pembicaraan yang lebih intens dan mendetail terkait tujuan ini harus dilakukan kedua pihak dengan detail.




Baca juga: Mau Pendapatan Startup Anda Meningkat? Cobalah 5 Tips Strategi Marketing Media Sosial Berikut Ini

5. Perlu Kesabaran Tinggi

Tips terakhir untuk startup dari Aaron untuk bekerja sama dengan perusahaan besar adalah sabar. Dibutuhkan kerja keras untuk mendapatkan kepercayaan dari perusahaan besar. Tidak mudah memang, Anda harus tetap bersabar dalam arti tetap berusaha untuk menjalin sebuah komunikasi yang hangat dengan banyak perusahaan besar. Perlu juga startup pahami bahwa tidak semua perusahaan besar juga cocok dengan sebuah startup baru.

Perlu banyak usaha untuk bisa meyakinkan sebuah perusahaan mapan dalam menjalin kerjasama dengan startup yang baru. Karena bagaimanapun juga sebuah perusahaan tentu akan mempelajari lebih dalam startup baru yang akan mereka jadikan sebagai mitra bisnis. Jadi bersabarlah untuk itu, jangan mudah menyerah.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud