Mau Pendapatan Startup Anda Meningkat? Cobalah 5 Tips Strategi Marketing Media Sosial Berikut Ini

Strategi Marketing Media Sosial

Image dari Socialmediabiz.org

Dalam dunia usaha digital ataupun #startup, pendapatan memang haruslah selalu dicapai untuk bisa terus menggerakkan roda bisnis. Lalu bagaimana cara memperoleh pendapatan dalam bisnis startup ini? Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan startegi marketing meda sosial.

Dalam strategi ini, para founder startup akan menggunakan #media sosial sebagai platform untuk memperkenalkan produk di dunia online langsung kepada konsumen. Maka dari sini, produk yang akan ditawarkan akan bisa langsung dilihat, dikomentari dan dibeli oleh para konsumen. Namun bagaimankah cara untuk bisa meningkatkan pendapatan dengan strategi marketing media sosial ini? Berikut ulasannya.

1. Ciptakan Karakter Media Sosial Startup Anda Senyata Mungkin

Tips pertama untuk meningkatkan pendapatan startup melalui strategi marketing media sosial adalah dengan membuat karakter senyata mungkin. Seperti layaknya akun Raditya Dika, Poconggg atau Dagelan yang sudah terkenal, Anda juga bisa meniru teknik mereka.

Akun-akun yang sudah populer tadi memang memiliki strategi yang baik dengan menciptakan karakter yang hidup dan sesuai dengan kehidupan para follower mereka. Dari sini maka tak mengherankan jika mereka kemudian mampu menarik banyak orang untuk mengikuti mereka. Anda sebagai founder strtup bisa meniru langkah mereka yaitu menciptakan karakter yang kuat pada akun media sosial Anda.

Artikel lain: Pentingnya Konten Animasi Dalam Marketing Via Media Sosial




Jangan lupa juga untuk menyesuaikan karakter yang akan Anda bangun ini dengan target pasar atau segementasi konsumen Anda. Setelah karakter tercipta, cobalah untuk terus konsisten karakter tersebut yang nantinya bisa menimbulkan keterikatan pada para follower. Saat Anda mampu menjalankan hal ini semua, maka akun media sosial startup Anda pun akan mampu menghasilkan dan meningkatkan pendapatan startup.

2. Bersosialisasilah dengan Konsumen Melalui Akun Media Sosial

Media sosial yang memiliki fungsi dasar untuk komunikasi memang akan menuntut Anda untuk bersosialisasi dengan para follower. Ya, tanpa ada komunikasi dan sosialisasi, maka akun media sosial ini akan tidak ada artinya. Maka dari itu cobalah untuk mengenali konsumen kamu dengan baik dan berkomunikasi serta bersosialisasilah sesuai dengan karakter konsumen Anda.

Balaslah setiap komentar dan pertanyaan yang disampaikan oleh follower. Dengan selalu membalas komentar dan pertanyaan dari follower maka selain Anda akan mampu membuat follower senang Anda juga akan memiliki referensi terkait apa yang diinginkan konsumen Anda. Dari sini maka Anda pun akan berpeluang meningkatkan pendapatan bisnis startup.

3. Buat Konten dengan Prinsip Edukatif, Informatif dan Menghibur

Dalam aktivitas bermain media sosial tentu saja kita tidak hanya membalas komentar dan menjawab pertanyaan. Namun lebih dari itu Anda juga akan melakukan postingan atau kicauan. Nah di sinilah langkah berikutnya yang bisa Anda ambil untuk mampu membawa follower pada pembelian. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membuat postingan yang edukatif, informatif dan menghibur.

Dengan konten-konten yang seperti ini maka follower yang melihatnya akan tertarik dan akan melakukan pembelian. Dan ketika banyak dari follower yang melakukan pembelian, maka secara otomatis pendapatan startup Anda pun akan meningkat.




4. Buatlah Kampanye Viral

Salah satu cara cepat untuk bisa menaikkan sebuah promo dan menambah follower dari strategi penggunaan media sosial adalah dengan membuat kampanye viral. Sesuatu yang viral memang sangat berpotensi untuk membuat pembelian jadi meningkat.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan terkait tips ini adalah dengan membuat kampanye tagar (#) dan tema yang dapat menjangkau banyak orang untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye tersebut. Usahakan untuk membuat pesan kampanye yang jelas dan tidak rumit. Saat Anda berhasil membuat kampanye yang viral, maka pendapatan startup Anda pun akan cepat meningkat.

Baca juga: Mencoba Trik Marketing Kombinasi Media Sosial

5. Berikan Banyak Hadiah

Terakhir cara dan tips untuk bisa meningkatkan pendapatan startup melalui #strategi marketing media sosial adalah dengan memberikan hadiah. Ya, hadiah memang sesuatu yang disukai banyak orang. Maka dari itu Anda bisa menggunakan teknik ini untuk bisa mensukseskan marketing media sosial Anda.

Buatlah semacam kuis dengan hadiah tertentu dari akun media sosial Anda. Dengan banyaknya orang yang ikut berpartisipasi maka produk startup Anda pun akan banyak dikenal dan peluang pembelian yang besar dan peningkatan pendapatan pun akan semakin besar.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Waah, mantap sekali trik nya mas, yang masih menjadi masalah bagi saya seorang pemula adalah bagaimana membuat konten yang edukatif, informatif sekaligus menghibur, gak kebayang, untuk membuat konten seperti harus membutuhkan berapa riset dan harus banyak belajar, hehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud