Tips Menjadi Salesman Hebat Dari Joe Girard, Salesman Handal Kelas Dunia

Joe Girard

Image dari Celebritywc.com

Menjalani pekerjaan sebagai seorang salesman tidaklah mudah. Tuntutan untuk selalu menjual sebuah produk setiap hari, seringkali menjadi beban berat yang kemudian seringkali membuat seorang salesman menjadi stres. Kemampuan salesman dalam meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian menjadi kunci sukses menjadi seorang salesman.

Dalam dunia salesman internasional, ada salah satu nama yang dianggap sebagai seorang salesman yang sangat fenomenal. Ia adalah Joe Girard, prestasinya adalah ia mampu menjual 3 mobil setiap hari dimana salesman yang lain hanya mampu menjual 1 mobil saja. Puncak prestasi Girard adalah ketika ia mampu menjual 6 mobil dalam satu hari. Apakah yang membuat Girard begitu sukses dalam melakukan penjualan, di bawah ini adalah tips yang dibagikan Girard untuk para salesman agar lebih sukses menjalani karirnya.

1. Pisahkan Antara Masalah Personal Dan Profesional

Sebenarnya apapun pekerjaan kita, kita harus mampu menjadi seorang yang profesional. Demikian juga menjadi seorang salesman, apapun masalah yang sedang menerpa kita, sudah seharusnya kita tetap tampak menarik di depan konsumen.

Ini juga yang dilakukan oleh Girard, ia menjelaskan bahwa ia selalu berusaha tetap ceria apapun kondisi buruk yang sedang menimpa dirinya. Sehingga tentu saja ini akan membuat suasana ceria antara salesman dan konsumen sehingga bisa membuat konsumen yakin dengan kita. Dan tentunya akan semakin meningkatkan potensi konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Artikel lain: Mengapa Karir Salesman Adalah Batu Pijakan Sempurna Menjadi Pebisnis Besar




2. Prinsip Joe Girard “Klien Adalah Raja”

Klien adalah raja, adalah prinsip legendaris yang harus tetap dipegang teguh untuk para salesman. Artinya seorang salesman harus memperlakukan konsumen sebagai seorang raja dalam menghormatinya. Contoh sederhana adalah, ketika membuat janji bertemu dengan konsumen, maka salesman harus menepatinya, jangan sampai salesman mengecewakan konsumen sekali saja.

Hal seperti ini sangat penting dalam dunia jual beli, karena menepati janji bisa membuat konsumen akan semakin yakin dan percaya dengan salesman. Kepercayaan konsumen sangat berharga bagi seorang salesman, karena tentu saja akan sangat berpengaruh pada penjualan.

3. Pentingnya Kedisiplinan Dalam Mengelola Waktu

Tips dari Girard selanjutnya untuk menjadi salesman handal adalah kedisplinan dalam mengelola waktu. Baik waktu salesman sendiri atau waktu ketika membuat janji dengan klien. Untuk salesman sendiri, jangan bersantai-santai saja ketika dalam waktu bekerja. Salesman harus mampu memanfaatkan waktu sedetikpun agar bisa efektif dan efisien.

Untuk konsumen, ketika Anda membuat janji, tepatilah, jangan sampai Anda terlambat meski konsumen tersebut belum tentu membeli iproduk yang Anda tawarkan. Disiplin bisa menaikkan kredibilitas seorang salesman dan tentunya juga bisa menarik simpati konsumen.

4. Perhatikan Etika Dalam Menemui Konsumen

Seorang salesman harus mampu memahami konsumen dan calon pembelinya. Salesman harus bisa menyesuaikan diri dan harus tahu etika seperti apa yang harus dijaga ketika bertemu dengan konsumen. Tata cara makan, melucu atau pun berpakaian harus diperhatikan dengan benar. Ketika misalnya bertemu dengan konsumen yang pejabat dengan konsumen anak muda, tentu di sini tidak bisa disamakan.




Ketika bertemu dengan konsumen anak muda, salesman dituntut bisa menyesuaikan diri, misalnya cara berpakaian, pakaian sedikit kasual akan mendekatkan diri salesman dengan konsumen yang masih muda. Sementara jika salesman bertemu dengan konsumen pejabat yang ingin membeli mobil mewah, maka pakaian resmi bisa menjadi pilihan yang baik.

Baca juga: 3 Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Salesman

5. Salesman Harus Memberikan Informasi yang Lengkap Dan Jujur

Meski tujuan utama dari salesman adalah menjual produk sebanyak-banyaknya, namun salesman harus bisa menyampaikan informasi yang lengkap dan terutama jujur. Artinya salesman tidak boleh menyampaikan informasi yang tidak benar terkait produknya, karena ini akibatnya akan kembali pada salesman sendiri. Mungkin dengan informasi bohong Anda, konsumen kemudian bisa membeli produk Anda saat itu.

Tapi untuk masa yang akan datang, konsumen tentu tidak akan kembali pada Anda karena merasa Anda bohongi. Tapi jika Anda menyampaikan informasi yang jujur dan sesuai dengan fakta yang ada, maka keberlangsungan hubungan Anda dengan klien bisa membawa klien untuk membeli produk Anda lagi karena mereka sudah percaya dengan Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud