3 Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Salesman

kemampuan-Seorang-Salesman

Bagi Anda pebisnis yang bergerak pada bidang usaha jual beli, kemampuan dalam menjual sebuah produk adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Bagaimana Anda bisa menarik seseorang untuk membeli produk Anda menjadi kunci sukses dam bisnis Anda. Kemampuan menjadi seorang salesman yang handal juga diperlukan untuk menjaga stabilitas penjualan produk bisnis Anda.

Menjadi seorang salesman yang baik tidak hanya sekedar bagaimana cara menawarkan produk bisnis saja. Namun lebih dari itu, ada banyak faktor yang bisa kita pelajari untuk menjual sebuah produk bisnis. Ketika kita berlaku menjadi seorang salesman, kita harus memiliki beberapa kemampuan dasar untuk menjadi seorang salesman yang terpercaya.

Berikut di bawah ini adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang salesman ketika ia terjun pada market agar bisa sukses dalam menjual suatu produk. Simak ulasannya.

1. Mendengar Dengan Baik Keluhan Konsumen

Kemampuan ini yang sering diabaikan oleh banyak salesman. Baik salesman yang menjual jasa atau pun yang menjual barang, mendengar adalah kunci awal Anda untuk mendapatkan pembeli. Artinya di sini adalah sebuah proses membeli dari konsumen tidak bisa hanya berlangsung secara tiba-tiba bahwa konsumen ingin membeli produk Anda.

Ada tahapan proses yang jika Anda lakukan dengan baik akan berimplikasi langsung terhadap konsumen Anda. Yang sering terjadi adalah seorang salesman hanya berpikir bagaimana cara nya produk yang ia tawarkan segera terjual tanpa mendengarkan apapun dari konsumen.

Salesman terlalu banyak berfikir tentang target, komisi, bonus atau yang lainnya. Yang tidak disadari sebenarnya adalah agresifitas yang ambisius dari salesman terhadap konsumen semakin membuat konsumen menjauh dari Anda. Ingat, bahwa menjual produk adalah bukan saja tentang kebutuhan sales saja, namun di situ ada harapan, dan kebutuhan dari pelanggan.

Coba dengarkan dengan seksama apa keluhan dan apa yang dibutuhkan dari pelanggan atau konsumen Anda. Kesampingkan dahulu dari pikiran Anda tentang bonus, insentif dan lainnya. Fokuskan pikiran Anda pada apa yang disampaikan oleh klien Anda, lalu gunakan informasi yang telah Anda dapatkan untuk meyakinkan pada konsumen bahwa produk Anda adalah yang paling tepat.

2. Kemampuan Berkomunikasi Dengan Baik

Selalu mengarahkan pembicaraan pada produk yang Anda jual akan membuat pelanggan Anda muak. Kesan yang berlebihan dan hanya ingin mencari keuntungan sendiri akan melekat pada diri Anda. Sebaiknya adalah buatlah komunikasi yang hangat, pembicaraan yang tidak memaksa. Pembicaraan yang elegan tanpa ada kesan memaksa sebenarnya akan membuat produk Anda nampak semakin baik di mata klien.

Dengan memberi penjelasan yang mantab dan tidak berlebihan, akan membuat produk Anda lebih bernilai di mata pelanggan. Jelaskan dengan baik dan sedetail mungkin, biarkan klien Anda sendiri untuk membuat keputusan. Dalam proses penjualan, sebaiknya salesman bisa membatasi diri untuk tidak memosisikan diri menekan pada klien. Ingat itu.

3. Mampu Memahami Kebutuhan Para Pelanggan

Jika seorang sales berhasil melayani apa yang diinginkan pelanggan dengan baik, maka garansi kesuksesan ada di depan mata. Cobalah berlaku baik dengan merubah niat Anda. Jangan menjual produk hanya ingin mendapatkan sebuah keuntungan finansial saja, cobalah berjualan dengan hati.

Ketulusan Anda dalam memenuhi kebutuhan yang diinginkan pelanggan akan membawa produk Anda semakin berkibar di mata pelanggan. Tentu keinginan setiap pelanggan tidaklah sama, untuk itu Anda juga harus bisa mendapatkan pelanggan yang tertarget dengan baik agar sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.




Sikap melayani dari seorang salesman sangat membantu Anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Jika Anda sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen, pasti akan membuat pekerjaan Anda semakin mudah dan menguntungkan. Karena kepercayaan dari pelanggan adalah segalanya dalam dunia bisnis, terutama bagi Anda yang menjual produk atau jasa. So, dapatkan kepercayaa itu dan jaga dengan baik.

Itulah beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang salesman. Jika Anda memiliki kemampuan tersebut, gunakan dengan baik untuk mengelola bisnis Anda. Selalu tingkatkan kemampuan Anda, karena itu adalah modal yang sangat berharga dalam berbisnis.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Sepertinya ke3 tips di atas memang benar adanya. Sebagai seorang salesman semua kriteria tersebut harus kita miliki semua, dan sepertinya secara lahiriah kita sebagai manusia harus mampu menjadi seorang pemasar.

  2. Alhamdulillah saya jadi tambah ilmu tentang sales man. Terima kasih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud