Mengapa Karir Salesman Adalah Batu Pijakan Sempurna Menjadi Pebisnis Besar

salesman

Bagi kebanyakan orang jika mendengar karir sebagai salesman, mungkin akan terfikir jenis pekerjaan yang remeh dan tidak potensial. Bahkan tak sedikit dari kita yang sangat menghindari pekerjaan yang satu ini meski bagi yang baru mencari kerja sekalipun.

Baik dalam hal tugas yang diemban ataupun gaji yang didapatkan, menjadi seorang salesman tentu cukup berat untuk dijalani. Beban target penjualan, lokasi yang tidak bersahabat hingga kendala lain menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh seorang salesman.

Namun yang tidak banyak disadari adalah sebenarnya dengan menjadi seorang sales kita akan mengerti banyak hal tentang dunia bisnis secara riil, langsung di lapangan. Berbeda dengan posisi lain yang ada di kantor yang pada dasarnya hanya fokus pada satu bidangnya saja, seorang salesman harus mampu menguasai berbagai kompetensi bisnis mulai penjualan, komunikasi, #promosi, hubungan masyarakat, bahkan tugas manajerial jika memang bekerja dalam tim selesman.

Inilah sebabnya mengapa tidak sedikit dari orang yang kini bertitle sebagai pebisnis sukses dulunya ternyata memulai dari seorang salesman. Dan berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa menjadi salesman adalah modal berharga untuk melangkah menjadi seorang pebisnis besar.

Artikel lain: 3 Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Salesman




1. Belajar dari Penolakan

Mendapat penolakan adalah makanan rutin para salesman. Mereka harus mempertebal mental dan mengasah skill penjualan setiap waktu agar bisa tetap bertahan menjalankan pekerjaan tersebut.

Jika dibandingkan dengan pekerja yang berada di kantor, tentunya juga pernah menerima penolakan dari bos atau atasan bukan? Berarti pelajaran dan pengalaman yang didapatkan sama saja dengan seorang salesman? Jawabnya tentu tidak.

Yang dihadapi oleh salesman adalah konsumen langsung, pihak yang nantinya akan menjadi penentu apakah bisnis kita berjaya atau tidak. Dan jika kita sadari, penolakan dari konsumen secara langsung juga dialami oleh mereka yang berada di jajaran atas sebuah bisnis. Yang membedakan para petinggi harus menghadapi klien besar yang juga menjadi kunci sukses sebuah bisnis.

Dari sini Anda bisa menyadari bahwa skill yang Anda asah saat ini sebenarnya akan sangat berguna ketika berada di tampuk kesuksesan bisnis Anda kelak.

2. Penguasaan Kemampuan Lapangan

Saat berada di lapangan kita akan mempelajari lebih banyak hal terkait hal teknis. Inilah yang menjadi kesempatan besar yang bisa dimanfaatkan oleh seorang salesman.




Mereka mempunyai cukup banyak waktu untuk menyerap sebanyak-banyaknya ilmu langsung dari pasar, konsumen, hingga pebisnis sukses lain. Tinggal seberapa besar semangat kita untuk melakukan hal tersebut dan terus konsisten menjalankannya.

Sebagai contoh di lapangan kita akan menemukan jawaban mengapa produk atau layanan yang ditawarkan kurang diminati atau sebaliknya bisa sangat dibutuhkan oleh konsumen. Ini adalah informasi teknis yang sangat berharga bagi kita. Bahkan jika suatu saat kita memutuskan menjalankan bisnis sendiri, kita dapat memanfaatkan informasi tersebut sebagai amunisi bisnis kita.

3. Menjadi Salesman Berarti Menjadi Pekerja Kreatif

Masih sejalan dengan alasan sebelumnya, ketika seorang salesman menghadapi masalah atau penolakan dari konsumen tentu mereka harus berfikir lebih keras bagaimana agar produk tersebut bisa diterima. Inilah yang pelan-pelan akan memahat sisi kreatif yang ada dalam otak Anda.

Memang tidak ada yang mudah, namun perlahan berbagai solusi akan timbul jika mau terus berfikir. Kita akan terbiasa menjadi manusia yang solutif atau mudah memecahkan masalah.

Kini bayangkan jika kini sebagai seorang sales, masalah yang Anda hadapi adalah bagaimana memenuhi target berapa kali sales dalam satu bulan, tapi nanti jika Tuhan mentakdirkan Anda menjadi seorang pebisnis besar masalahnya akan berkembang mulai target bulanan, tahunan, masalah tenaga kerja, permodalan investor dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Aplikasi Mobile Pendukung Kegiatan Sales Profesional

4. Memupuk Keberanian Berbisnis

Menjadi pebisnis berarti harus mempunyai mental baja terkait keberanian melangkah. Tidak hanya berani menghadapi orang lain, baik itu konsumen atau rekan bisnis, lebih jauh keberanian juga dibutuhkan pada saat mengambil tantangan bisnis yang lebih besar lagi.

Lagi-lagi kecakapan ini juga menjadi konsumsi harian pada salesman lapangan. Anda serasa sudah kenyang jika harus berani menawarkan produk atau layanan. Anda sudah sangat terbiasa berbicara dengan tutur kata profesianal serta sangat meyakinkan. Jika terus dipupuk, nantinya kemampuan tersebut akan kian terasah seiring jalan Anda menuju kesuksesan.

Bagi rekan-rekan yang saat ini berprofesi sebagai seorang salesman atau masih bimbang untuk menjadi salesman, yakinlah semua pekerjaan yang dilakukan dari sangat dasar akan memperkuat ketika kita sudah besar. Tanamkan bahwa Anda adalah pribadi yang sangat beruntung bisa mempunyai kesempatan digembleng lewat karir salesman. Tetap optimis dan terus belajar, semangat berbisnis!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Kalau salesman begitu bermanfaat, kenapa justru banyak orang yang menghindari pekerjaan ini?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud