Tips Mencari Lowongan Kerja di Media Sosial Twitter, Mudah Lho!

Mencari-Lowongan-Kerja-Dari-Media-Sosial-Twitter

Era digital dan komunikasi memang membuat gaya hidup manusia mengalami banyak perubahan. Dunia #internet yang semakin massif diduga menjadi penyebab utama terjadinya perubahan gaya hidup manusia tersebut. Salah satu perubahan itu adalah cara mencari lowongan pekerjaan.

Mencari lowongan kerja kini semakin canggih dan luwes. Para pencari kerja di era komunikasi dan #teknologi tak perlu lagi pergi kesana kemari menyodorkan berkas lamarannya ke perusahaan atau menuju tempat tertentu yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan.

Dengan canggihnya teknologi itu seseorang bisa mencari lowongan kerja di depan perangkat gadgetnya di manapun dan kapanpun. Beberapa website pencari kerja bisa diakses dari gadget dari browser langsung atau mendownload aplikasinya dari Google Playstore.

Bagi yang suka berselancar di internet, Anda juga bisa mencari lowongan kerja di media sosial. Meski tak selengkap lowongan kerja di website pencari kerja, namun di social media tertentu yang populer seperti Twitter, lowongan kerja cukup banyak muncul dan bisa diandalkan.



1. Membuat Akun Twitter

Lalu bagaimana cara mencari lowongan kerja di media sosial #Twitter? Tentu syarat utamanya adalah Anda harus punya akun Twitter. Jika Anda belum punya akun Twitter, segeralah membuatnya. Dengan email yang Anda miliki, Anda bisa mulai melakukan sign up atau register untuk membuat akun twitter. Setelah selesai dibuat, ingat nama akun dan passwordnya untuk nanti log in.

Artikel terkait: Cara Membuat Akun Twitter Baru Dengan Cepat

2. Temukan Menu Search

Meski akun Anda baru dan belum punya follower dan belum memfollow akun lain, Anda sudah bisa melakukan pencarian lowongan kerja. Meski begitu, alangkah lebih baiknya Anda memfollow beberapa akun Twitter terutama yang berhubungan dengan lowongan kerja.

Cara mendapatkan info lowongan kerja dari Twitter adalah dengan cara menuju ke menu kotak search (pencarian) yang ada di bagian kanan atas (dengan lambang kaca pembesar). Nah di sana ketik saja lowongan kerja tertentu yang ingin Anda target. Misalnya: “lowongan kerja marketing” atau “lowongan kerja wartawan” dan lain-lain.

3. Perhatikan Kata Kunci

Saat Anda mengetik keyword atau kata kunci dalam kotak pencarian anda perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, jangan lupa dengan kata “lowongan”. Tanpa ada kata ini yang anda dapat mungkin saja bukan info lowongan namun informasi umum. Kedua, spesifikasi kerja.

Jika Anda tidak mendapatkan lowongan yang dicari pada pencarian umum dan Anda ternyata memiliki spesifikasi kerja atau profesi tertentu, Anda bisa mengetik kata kuncinya dengan lebih spesifik, seperti “lowongan kerja dokter gigi” atau “lowongan kerja guru kimia” dan lain sebagainya.

Artikel lain: Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner

4. Siapkan Browser Cepat

Jangan lupa saat saat Anda ingin mencari informasi lowongan kerja dari Twitter, perangkat gadget atau laptop dan komputer Anda harus sudah siap dengan browser (peramban internet) yang cukup cepat. Kenapa? Hal ini karena informasi lowongan kerja yang Anda dapatkan di Twitter itu berupa link yang nantinya akan meminta izin untuk menuju ke browser yang tentunya menyedot pulsa atau kuota internet Anda. Umumnya untuk gadget, browser opera mini adalah pilihan terbaik dan cepat untuk membuka link lowongan kerja di Twitter.

5. Perhatikan Sumber Akun Twitter

Semakin banyaknya akun Twitter yang baru dan juga banyaknya perusahaan yang mengumumkan informasi lowongan kerjanya via Twitter yang kemudian diteruskan oleh beberapa pihak ketiga membuat kita harus berhati-hati dan cermat dengan informasi lowongan kerja yang ada. Upayakan agar lebih fokus pada akun-akun Twitter yang dapat dipercaya dan sudah kredibel. Namun, informasi lowongan kerja yang disampaikan oleh pihak ketika bisa saja Anda percayai asal link yang diberikan menuju ke halaman website yang dapat dipercaya.

Baca juga: Situs Job Listing, Era Baru Media Online Pencari Kerja

6. Tanyakan Lebih Lanjut

Jika info lowongan kerja yang Anda peroleh masih membingungkan atau kurang jelas, Anda bisa menanyakan lebih lanjut pada akun yang memberikan informasi tersebut. Anda bisa bertanya dengan cara me-reply tweet info lowongan tersebut atau dengan bertanya lewat direct message jika Anda sudah saling memfollow atau bisa juga mengkontak langsung dengan menelepon atau via email jika si pemilik akun mencantumkannya pada profile dirinya.





1 comment on this postSubmit yours
  1. Kebanyakan para pencari kerja adalah yang berpendidikan tidak terlalu tinggi, jadi hanya mengharapkan untuk posisi karyawan biasa saja. Sedangkan jika mencari lowongan pekerjaan melalui apa yang disampaikan diatas belum bisa memadai. Hal itu yang membuat para pencari kerja membatalkan mencari lewat situs-situs tertentu..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud