Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Mendukung Bisnis Online

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Mendukung Bisnis Online

Tips-Memilih-Jasa-Pengiriman-Barang

Lahan bisnis online berkonsep e-commerce saat ini memang menjadi ladang subur untuk memperoleh keuntungan. Beragam produk dan jasa ditawarkan oleh sejumlah bisnis online dengan keunggulan dan potensi yang berbeda-beda. Jadi, tidak mengherankan bila banyak orang yang melirik bisnis online sebagai bisnis utama maupun bisnis sampingan untuk menambah penghasilan.

Khusus untuk bisnis online yang mengandalkan produk, kita harus lebih cermat dalam mengirim produk tersebut kepada para pelanggan. Ada hal-hal penting tentang jasa pengiriman yang kita gunakan untuk mengirim produk ke berbagai daerah. Beberapa tips berikut ini patut dipelajari supaya kita bisa memilih jasa pengiriman barang yang handal dan tepat:

1. Gunakan Jasa Pengiriman yang Sudah Populer

Jasa pengiriman barang yang sudah populer biasanya memiliki rute pengiriman yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan #jasa pengiriman lainnya. Rute yang lengkap akan memudahkan kita mengirim produk ke daerah-daerah yang letaknya cukup jauh dari kota besar. Sehingga kita tidak akan mengalami kendala pengiriman produk dan bisa menjangkau seluruh daerah di kawasan Indonesia.

Artikel lain: Bisnis Anda Melayani Service Delivery? Bersiaplah Dengan Tantangan Kedepan

2. Jasa Pengiriman yang Punya Standar Ongkos Kirim

Standar ongkos kirim yang jelas dan rinci akan memudahkan kita saat harus menghitung total pembelian dan ongkos kirim untuk pelanggan. Kemudahan ini bahkan bisa kita peroleh melalui website jasa pengiriman barang. Kita bisa menggunakan fitur website tertentu untuk membantu menghitung ongkos kirim dari satu daerah ke daerah lain. Selain bergantung pada jauh dekatnya daerah tujuan pengiriman, ongkos kirim biasanya juga dihitung berdasarkan bobot barang yang akan kita kirimkan.

3. Perhatikan Kecepatan Pengiriman

Semua pelanggan yang sudah membayar produk idamannya tentu akan tidak sabar menunggu produk tersebut sampai di tangannya. Ini menjadi tugas utama kita dalam memilih jasa pengiriman yang cepat dan tepat. Jasa pengiriman yang bisa diandalkan biasanya memiliki sistem pengiriman yang terorganisir dengan baik sehingga keterlambatan pengiriman barang bisa diminimalkan.

4. Mudahnya Melakukan Tracking

Selalu saja ada pelanggan yang tidak sabaran dan ingin mengetahui dimana produk pesanannya berada. Nah, dalam menghadapi pelanggan yang tidak sabaran dan merepotkan, kita bisa mengandalkan sistem tracking yang dimiliki oleh suatu jasa pengiriman. Berikan nomor resi pengiriman pada si pelanggan supaya dia merasa puas dan bisa memantau sendiri paket pesanan yang sudah ia bayarkan pada kita.

5. Pilihan Paket Pengiriman yang Beragam

Ada pelanggan yang bersedia membayar ongkos kirim lebih mahal asalkan barang pesanannya cepat sampai, tapi ada pula pelanggan yang ingin menggunakan jasa reguler dengan ongkos kirim yang lebih terjangkau. Semua keinginan pelanggan bisa diatasi bila kita memilih jasa pengiriman yang menyediakan beragam pilihan paket pengiriman sesuai kebutuhan. Biasanya suatu jasa pengiriman akan menyediakan layanan pengiriman reguler, layanan pengiriman kilat (1 hari sampai di tempat tujuan) dan layanan pengiriman khusus lainnya.

6. Jaminan Keamanan Barang yang Dikirimkan

Kadangkala bisnis online tidak selalu mengirimkan produk-produk biasa seperti baju, sepatu atau produk fashion lainnya. Bisnis online juga seringkali menjual produk-produk lain seperti perhiasan, gadget dan makanan. Produk-produk khusus tersebut membutuhkan penanganan yang lebih teliti dan aman saat berada dalam proses pengiriman.

Jadi, mengirimkan barang-barang yang rentan rusak atau hilang harus dilakukan melalui jasa pengiriman yang terpercaya. Karena biasanya jasa pengiriman yang baik akan memberikan jaminan asuransi atas peristiwa kerusakan atau kehilangan barang yang dikirimkan.

Baca juga: Titipan Kilat JNE – Peluang Usaha Agen Pengiriman Barang

7. Berbagai Akses Kemudahan Lainnya

Bila kita memiliki bisnis online yang cukup besar dengan jumlah pengiriman barang yang banyak setiap harinya, jasa pengiriman tertentu bisa kita manfaatkan untuk menjemput barang-barang tersebut ke lokasi kita. Fasilitas jemput barang ini tentu akan membantu kita menghemat waktu dan tenaga. Tanpa harus pergi ke outlet jasa pengiriman, kita bisa segera mengirim barang secara praktis dan cepat.

Kini kita belajar bahwa bisnis online bukan hanya soal promosi dan kualitas barang yang baik. Karena memilih jasa pengiriman barang yang bisa diandalkan juga menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan bisnis kita. Mulai sekarang, kita harus lebih teliti dan cermat dalam memilih jasa pengiriman yang tepat.

1 KOMENTAR

  1. usaha ekspedisi

    Mantap infonya, thanks Min. Ane jadi lebih tahu cara ngirim lewat JNE.
    :D

Tinggalkan Balasan