5 Jenis Bisnis Online yang Menguntungkan dan Nyaris Tanpa Modal

Jenis Bisnis Online

Ilustrasi Bisnis Online

Apa benar ada jenis bisnis online yang bisa dijalankan nyaris tanpa modal? Tentu saja. Informasi ini sebenarnya sudah umum, namun masih banyak pengguna internet yang tidak percaya bahwa bisnis online itu bisa berjalan dengan nyaris tanpa modal.

Memulai bisnis online dan menghasilkan uang, ini bisa dilakukan oleh semua orang yang punya komputer/ laptop/ gadget, itu pasti. Ini kelebihan bisnis online: tidak butuh modal besar, tidak harus punya pengalaman teknis, dan tidak wajib ahli dalam membuat website.

Menjalankan bisnis online, Anda bisa tinggal di mana saja yang Anda inginkan, mengatur jadwal Anda sendiri, dan bekerja sesedikit atau sebanyak yang Anda inginkan, tergantung seberapa cepat atau besar Anda ingin bisnis Anda berkembang.

Anda bisa mempertimbangkan satu dari sekian banyak cara menghasilkan uang dari internet dengan biaya minim, atau nyaris tanpa biaya sama sekali. Berikut ini adalah beberapa dari sekian banyak solusi memiliki usaha sendiri yang bisa didapatkan dari internet.

1. Bisnis Dropship, Jenis Bisnis Online Modal Minim

Ide dasar di balik bisnis dropship adalah bahwa, sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tidak perlu menyimpan atau menyetok barang dan tidak perlu menangani pengiriman barang kepada pelanggan Anda.




Ini tentunya memangkas biaya dan resiko memiliki gudang yang penuh dengan barang yang tidak terjual. Selain itu, Anda terhindar dari kerumitan proses pengiriman pesanan ke seluruh pelosok Indonesia atau bahkan luar negeri.

Sebagai gantinya, Anda bekerja dengan perusahaan atau bisnis yang mengkhususkan diri pada jenis bisnis online dropship. Begini cara kerjanya:

  • Anda bekerjasama dengan suplier dropship
  • Selanjutnya, Anda melisting produk yang dijual ke website Anda atau di platform marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia
  • Ketika Anda pembelian, maka Anda menerima uang dari pembeli lalu memesan barang dari suplier dropship. Biasanya suplier ini memberikan harga lebih murah kepada dropshipper.
  • Selanjutnya, suplier melakukan packing dan mengirim barang ke pembeli dimana pada bagian pengirim tertera nama Anda.

Cukup mudah bukan? Dengan usaha dropship, Anda dapat menawarkan berbagai macam produk, sehingga biaya operasional untuk bisnis Anda sangat rendah.

Namun, ada kekurangan dari model bisnis dropship ini. Anda harus menemukan supplier/ produsen yang punya reputasi baik dan dapat diandalkan untuk mengirim barang ke pelanggan Anda. Jika pesanan terlambat, tidak dikirim, atau produk berkualitas buruk, maka Anda yang disalahkan.

Selain itu, karena pasar ini sangat kompetitif, marginnya (perbedaan antara harga grosir dan seberapa banyak Anda dapat menjual produk) lebih rendah. Tapi, tetap saja bisnis dropship merupakan salah satu pilihan untuk memulai bisnis internet dengan biaya rendah atau nyaris tanpa biaya.




Artikel terkait: Belajar Menentukan Jenis Bisnis Online yang Cocok untuk Dijalankan

2. Bisnis Affiliate Marketing

Jenis bisnis online affiliate marketing ini agak mirip dengan bisnis dropship namun ada beberapa perbedaan mendasar. Dengan model bisnis online ini, sekali lagi Anda tidak perlu menyetok barang dan tidak perlu khawatir tentang proses pengiriman produk ke pelanggan.

Bahkan, bila Anda tidak punya produk, Anda tetap bisa menjual produk orang lain dan mengambil keuntungan. Pada dasarnya, Anda hanya perlu memilih ceruk menguntungkan untuk bisnis online Anda, kemudian menemukan mitra afiliasi yang memiliki produk yang tersedia di ceruk itu.

Perbedaan mendasar antara dropship dengan affiliate marketing adalah pada teknologinya. Pada bisnis dropship, kita sebagai dropshipper harus berkomunikasi dengan calon pembeli, biasanya via chatting.

Pada bisnis affiliate, sebagai affiliate marketer Anda tidak harus berkomunikasi dengan calon pembeli, tapi cukup mempromosikan link khusus milik Anda. Bila terjadi pembelian melalui link Anda tersebut, maka Anda akan mendapat komisi.

Beberapa e-commerce yang menawarkan kesempatan menjadi affiliate:

  • Amazon.com
  • Blibli.com
  • Bhinneka.com
  • Ratakan.com
  • Idaff.com

3. Blogging for Money

Jika Anda memiliki keahlian atau minat pada suatu topik, maka Anda bisa menghasilkan uang dengan membangun sebuah blog. Manfaatkan layanan platform blogging gratis seperti Blogger (www.blogger.com) untuk membuat blog. Atau Anda juga bisa membuat situs dengan membeli domain dan hosting sendiri dengan harga yang terjangkau.

Anda mungkin berpikir bahwa kegiatan blogging hanyalah menulis artikel. Bisa jadi, bila itu yang Anda inginkan. Tapi menulis artikel di blog hanyalah awal. Selain menulis artikel, Anda juga bisa memposting foto, video, dan link ke situs lain, memposting ulang berita dan artikel lain. Ada banyak yang bisa dilakukan, asalkan berkaitan dengan niche Anda.

Konten seperti apa yang harus Anda berikan? Apa saja yang berhubungan dengan minat dan keahlian Anda, misalnya artikel tutorial, artikel daftar top-10, komentar tentang tren, artikel tips dan trik Anda. Pada dasarnya, Anda hanya perlu memberikan konten yang bermanfaat, ada banyak sekali ide yang bisa digali.

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, diantaranya:

  • Google AdSense

Iklan berbasi PPC ini sangat populer di Indonesia, dimana para pemilik website/ blog bisa menampilkan iklan di website mereka. Setiap kali pengunjung mengklik sebuah iklan, maka Anda akan menghasilkan uang. Jumlah per klik iklan biasanya kecil, namun jika jumlah klik iklan banyak tentu saja hasilnya besar.

  • Iklan Mandiri di Blog

Anda juga bisa menawarkan spot iklan banner di blog Anda. Misalnya blog Anda fokus membahas topik tentang ibu dan anak, kemungkinan besar bisnis yang berhubungan dengan topik blog Anda akan bersedia memasang iklan dengan biaya tertentu.

  • Pemasaran Afiliasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas. Di dalam website Anda, Anda bisa menyertakan tautan ke produk yang dipromosikan, dan setiap kali seseorang membeli produk, Anda mendapat komisi.

Anda bisa mengintegrasikan iklan dengan konten agar semakin besar kemungkinan Anda akan menghasilkan penjualan. Misalnya, Anda bisa melakukan review produk – yang merupakan konten yang bermanfaat – dan kemudian menyertakan tautan untuk membeli produk di bawah dimana link tersebut adalah link afiliasi Anda.

4. Menjadi YouTuber

Pernahkah Anda menonton video YouTube? Tentu saja Anda Pernah! YouTube adalah salah satu situs web terpopuler di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna menonton video selama berjam-jam setiap hari.

Anda bisa memanfaatkan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. Anda tidak harus membuat video viral. Namun, jika itu terjadi dimana video Anda dilihat orang dari seluruh dunia dengan jutaan views, itu merupakan keuntungan tersendiri.

Anda bisa mengikuti strategi yang telah terbukti meningkatkan jumlah penayangan beberapa video. Mulailah dengan menciptakan konten yang bermanfaat, sesuatu yang menarik untuk ditonton orang. Dan itu berhasil di berbagai niche yang berbeda. Video Anda bisa berupa tutorial, tips dan trik tentang topik tertentu, opini, bermain musik, bernyanyi, dan lain sebagainya. Tidak ada batasan konten video yang bisa Anda ciptakan.

Pendapatan YouTuber berasal dari iklan yang tayang di video Anda. Langkah pertama, Anda membuat akun YouTube dan mulai mengupload video. Kemudian Anda bisa mengaktifkan opsi monetisasi di setelan YouTube Anda.

Pada dasarnya, ini memperbolehkan Google untuk menyertakan iklan AdSense singkat di dalam video Anda. Tentu Anda perrnah Anda melihat iklan jika Anda menonton video YouTube. Saat pemirsa mengeklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan uang.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Beberapa tip untuk membuat video yang tampak profesional (tidak perlu peralatan mahal):

  • Anda bisa menggunakan smartphone atau kamera video sederhana. Tapi pastikan pencahayaannya bagus sehingga objek dalam video Anda terlihat jernih.
  • Pastikan audio terdengar jelas. Anda tentu tidak ingin suara AC, kebisingan konstruksi, atau gangguan lainnya terdengar dalam video.
  • Gunakan perangkat lunak pengeditan sederhana seperti iMovie untuk meletakkan judul di awal video dan untuk mengedit kekurangan.

5. Menjual Produk Informasi

Bila Anda ingin memiliki bisnis internet, Anda tidak harus menjual produk fisik. Sebenarnya, menjual produk informasi digital adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk menghasilkan uang.

Ada banyak cara untuk membuat produk informasi, namun format yang paling populer meliputi:

  • Audio: rekaman telekonferensi, wawancara, kursus, atau beberapa produk audio lainnya
  • Video: rekaman webinar , sebuah wawancara, tutorial
  • Teks: sebuah ebook, buklet instruksi, panduan perjalanan

Di masing-masing kategori ini Anda bisa kreatif dalam membuat jenis dan format konten, selama itu menarik dan bermanfaat. Tidak peduli jenis produk informasi mana yang Anda jual, ini bisa menjadi penghasilan pasif.

PENUTUP

Salah satu cara terbaik bisa berhasil di bisnis online adalah memastikan Anda berada di ceruk pasar yang menguntungkan. Perhatikan trend, baik itu di media sosial atau pun media lainnya.

Selain itu, Anda tidak harus membatasi diri pada satu jenis bisnis online. Mulailah dengan satu jenis bisnis online sampai menghasilkan, kemudian Anda bisa mencoba model bisnis yang lain untuk menambah sumber penghasilan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Ternyata ada banyak cara mendapatkan uang dari internet, semua tergantung dari kita mau usaha atau gak.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud