4 Tips Manajemen Perusahaan Startup Dari Reno Rafly, CEO Catalyst Bold

4 Tips Manajemen Perusahaan Startup Dari Reno Rafly, CEO Catalyst Bold

Tips-Manajemen-Perusahaan-Startup-Dari-Reno-Rafly

Menjalankan perusahaan berbasis digital (startup) memang tidak semudah apa yang kita dibayangkan. Meskipun berkonsep teknologi namun perusahaan startup juga membutuhkan manajemen yang baik dan mumpuni agar bisa sukses. Karena itu setiap founder startups haruslah memperhatikan hal yang berhubungan dengan manajemen perusahaan startup jika tak ingin perusahaan rintisan-nya tersebut gagal total.

Sepenting itukah peranan manajemen hingga memiliki resiko yang tinggi seperti itu? jawabnya adalah iya. Menurut Reno Rafly selaku CEO Catalyst Bold dan juga konsultan sumber daya manusia (SDM) spesialis #startup di New York dan Indonesia, startup yang tidak dikelola dengan manajemen yang baik maka startup bia tamat riwayat alias bubar. Lalu seperti apakah tips dan trik untuk bisa membuat manajeman startup ini berjalan lebih baik dan kuat?

1. Definisikan dan Inventarisir Kebutuhan Perusahaan

Tips pertama untuk membuat manajemen startup lebih baik dan lebih kuat adalah dengan mendefinisikan dan menginventarisir kebutuhan perusahaannya terlebih dahulu. Tidak sedikit founder yang salah menerjemahkan manajemen ini dengan melakukan pembagian peran dan tugas. Jadi yang terjadi biasanya ada pembagian tugas seketika dengan menetukan siapa yang akan jadi chief executive officer (CEO), chief marketing officer (CMO), chief technical officer (CTO), dan chief finance officer (CFO).

Posisi-posisi ini memang tidak ada yang salah, namun menjadi tidak benar ketika sebenarnya posisi atau beberapa posisi ini tidak terlalu dibutuhkan perusahaan Anda. Maka dari itu yang seharusnya founder lakukan dalam hal manajemen startup ini adalah dengan menginventarisir terlebih dahulu kebutuhan perusahaan startup Anda.

Nah, setelah Anda tahu kebutuhan perusahaan maka Anda bisa mulai menentukan posisi dan orang-orangnya. Saat memilih orang-orang yang ini Anda harus menyesuaikan dengan skill dan pengetahuan yang dimilikinya. Dengan melakukan hal ini maka startup Anda akan berjalan dengan efektif dan efisien. Bila memang Anda membutuhkan posisi dan jabatan yang dirangkap maka jangan ragu untuk melakukannya, karena hal ini biasa dilakukan pada perusahaan startup, tentu saja Anda harus menjelaskan dan menuliskan dengan jelas peran dan tanggung jawabnya.

Artikel lain: Tips Menjalin Kerjasama Startup Dari CEO Pathsource Aaron Michel

2. Jangan Mencari Karyawan Yang Sekadar Pintar

Berikutnya tips untuk membangun manajemen startup yang lebih baik dan kuat adalah dengan tidak mencari karyawan yang hanya sekedar pintar. Mengapa? Sebab ada yang lebih penting dari sekedar pintar yaitu karyawan yang mau bekerja keras dengan keinginan belajar yang tinggi. Dengan karyawan yang mau bekerja keras dan memiliki keinginan belajar yang tinggi maka startup Anda bisa bertumbuh dengan cepat.

Bila Anda mencari karyawan yang hanya pintar saja bisa jadi mereka hanya bekerja seadanya saja, tidak punya totalitas dalam bekerja. Hal ini terjadi karena mereka seringkali hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak mau tahu dengan goal perusahaan. Bahkan tidak jarang karyawan-karyawan yang pintar ini hanya akan menyusahkan saja dan sering meremehkan.

3. Mengatasi Konflik Dengan Baik

Dalam setiap perusahaan, termasuk perusahaan startup memang tak bisa dihindari akan adanya konflik. Nah untuk itu Anda sebagai founder startup harus mampu mengelola dan mengatasi masalah konflik ini dengan baik agar manajemen perusahaan jadi lebih kuat. Jangan biarkan bibit konflik tumbuh menjadi besar.

Jika memang Anda menemui bibit konflik di perusahaan maka segera atasi secepat mungkin, jangan tunggu menjadi besar dan sulit untuk dikendalikan. Dalam hal pengambilan keputusan yang rawan konflik maka Anda sebagai CEO juga tak perlu memaksakan kehendak, tapi lebih mengedepankan keputusan bersama.

Artikel lain: Menilik Perkembangan Industri Startup Di Kota “Singo Edan”

4. Munculkan Kepercayaan dan Penuhi Ekpektasi Karyawan Dalam Meningkatkan Keahlian

Terakhir, tips untuk membangun manajemen startup yang lebih baik dan kuat adalah dengan memunculkan kepercayaan dan memenuhi ekpektasi karyawan dalam meningkatkan keahliannya. Ya, karyawan memang membutuhkan pemimpin dan perusahaan yang meyakinkan dan membuat dirinya percaya akan masa depannya di perusahaan.

Ingat juga, bisa jadi karyawan-karyawan Anda adalah orang-orang dari generasi millennia yang memiliki pengetahuan banyak dari internet. Maka dari itu Anda sebagai founder startup haruslah mampu memberikan kepercayaan. Jangan lupa juga untuk memenuhi ekpektasi mereka dalam meningkatkan keahlian. Lakukan beberapa kali pelatihan yang bisa membuat karyawan semakin terampil dan semakin percaya diri dengan dirinya dan perusahaan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan