Tips Agar Toko Online Semakin Populer di Facebook

Toko-Online-Semakin-Populer-di-Facebook-1

Facebook merupakan salah satu #media sosial yang hingga pertengahan tahun 2014 masih sangat populer di Indonesia. Berawal dari tahun 2009 ketika sekelompok para pecinta internet asal Indonesia mulai aktif menggunakan Facebook, media sosial ini akhirnya terus berkembang dan memiliki banyak pengguna aktif di Indonesia. Meskipun pada awalnya #Facebook  hanya digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi, kini penggunaan Facebook sebagai salah satu media iklan untuk toko online semakin populer dan bisa menyaingi kepopuleran #Google.

Nah, bila kita merupakan salah satu pebisnis online yang memanfaatkan Facebook untuk mempopulerkan halaman toko online, alangkah baiknya bila kita simak bersama-sama beberapa tips simpel seputar penggunaan Facebook untuk meningkatkan reputasi toko online di Facebook:

1. Pandailah Menyimak Hobi Orang Lain

Kecanggihan Facebook membuat kita tak perlu lagi repot-repot melakukan promosi yang terlalu luas. Carilah target pengguna Facebook dengan hobi tertentu. Misalnya saja bila kita memiliki bisnis di bidang kuliner, maka carilah para pengguna Facebook yang hobi berwisata kuliner dan mencicipi produk-produk kuliner baru. Hal ini tentu akan terasa lebih spesifik dan berkualitas, daripada menggapai banyak pengguna Facebook yang ternyata kurang potensial bagi bisnis online yang kita jalankan.

Artikel lain: Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial

2. Berikan Kemudahan Pada Audiens

Agar pengguna Facebook mendapat kemudahan untuk mengakses toko online, sertakanlah link yang mengarah langsung ke website toko online ketika di klik. Selain mencantumkan link toko online, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan jasa iklan sekali klik yang akan mengarah langsung ke toko online. Jangan lupa untuk mempertimbangkan untung dan rugi dari penggunaan jasa iklan tersebut sebelum benar-benar memutuskan untuk menggunakannya.

Untuk mengetahui detil mengenai hal tersebut kita bisa mendapatkannya secara lengkap ketika mengakses layanan Facebook Ads. Di dalamnya nantinya juga telah dilengkapi berbagai fitur yang akan mempermudah kita memperkenalkan toko online yang sedang kita garap.




3. Memanfaatkan Fans Page di Facebook

Jumlah fans Facebook bukanlah penentu kesuksesan sebuah bisnis. Dulu mungkin kita sering mendengar cerita mengenai kesuksesan sejumlah akun Facebook yang memiliki puluhan ribu followers aktif. Namun sadarilah bahwa banyak sedikitnya jumlah fans Facebook bukanlah penentu kesuksesan suatu bisnis online. Yang kita perlukan adalah peningkatan omset penjualan pada toko online, dan bukan berarti semakin banyak jumlah fasn Facebook akan meningkatkan omset penjualan.

Artikel lain: Belajar Konsep 3C – Sukses Berbisnis via Sosial Media

Menurut riset terbaru, hanya 3% fans Facebook yang akan melihat ­posting-an baru Anda di halaman Facebook. Jadi, cobalah untuk fokus pada hal lain, seperti penggunaan fitur page post engagement yang mampu mendorong peningkatan jumlah fans yang berkunjung ke toko online Anda. Pertimbangkan juga untuk membayar iklan di Facebook agar fans dan pengguna Facebook lainnya lebih banyak melihat promosi toko online Anda.

4. Fitur Custom Audience yang Bermanfaat

Mungkin tak banyak yang tahu mengenai fitur custom audience, sebelumnya Facebook telah merilis secara resmi pada halaman iklan mereka. Bila kita sudah memiliki daftar email aktif dengan jumlah yang cukup banyak, kita bisa mulai menggunakan fitur Facebook yang satu ini.

Melalui fitur ini, kita dapat mengunggah konten Facebook dan mengarahkannya pada pengguna Facebook yang potensial. Selain itu, kita juga dapat memasukkan daftar email pelanggan setia Anda, agar Facebook membuat pengaturan untuk tak lagi mengirimkan posting promosi Anda ke email-email tersebut.

5. Fitur Power Editor yang Berhubungan Dengan Media Pengakses Facebook

Kecanggihan teknologi smartphone dan gadget membuat banyak orang tak lagi mengakses Facebook dari laptop atau PC. Dengan satu kali sentuhan, mereka dapat dengan mudah mengakses Facebook melalui smartphone atau gadget lainnya. Facebook memahami hal ini dan berusaha untuk menciptakan fitur yang sesuai dengan kondisi tersebut. Fitur power editor pada Facebook dapat membantu para pebisnis online untuk mempersempit sistem promosi.

Jadi, jika kita bertujuan untuk menarik rasa penasaran para pengguna Facebook yang memakai smartphone atau gadget, kita dapat membuat posting konten yang ditujukan untuk kalangan tersebut. Selain pengguna smartphone dan gadget, power editor juga memfasilitasi posting konten untuk para pengguna Facebook yang menggunakan desktop (laptop dan PC).

Baca juga: Memanfaatkan Fasilitas Google+ Communities untuk Bisnis

Meskipun melakukan promosi via online itu gampang-gampang susah, kita dapat memanfaatkan fitur-fitur Facebook untuk memperlancar sistem promosi bisnis online. Karena zaman semakin berkembang dan modern, kita juga harus ikut berkembang dan berinovasi untuk mencapai target bisnis yang kita inginkan.

Simak video menarik berikut ini,



8 total comments on this postSubmit yours
  1. kalo ane setuju sama yang nomer 2 tuh gan, pernah belanja tema website karena ribet jadi males deh akhirnya.

  2. saya punya website dan fanspage..berharap dl dengan py website lebih banyak lagi penjualan…ngak taunya teteap Facebook yg memebrikan penjualan yang bagus…mmng benar mas..iklan itu perlu tapi ngk harus mahal..tq tips” nya mas…jdi lebih bersemangat lagi buat terus berjuang biar bisnis yang sudah hampir 2tahun ini tetap berdiri kokoh dan makin banyak pembeli..hehee

  3. ada juga mas caranya melalui memberikan pelayanan super ke customer, nnti customer nya karena puas akan ceritain tntng kita ke teman temannya, kan salah satu cara agar populer juga

  4. untuk ke halaman Introducing Graph Search, untuk pengaktivasian dari pihak FBnya ko ga bisa ya.??? untuk klik button “joint waiting list” udah gak ga ada lagi… setiap di klick munculnya “http://search.fb.com/” tolong dong agan khalid atau maxmanroe, solusi aktifasi fb graphnya gimana nih??? ane lagi butuh bgt nich…
    terima kasih sebelumnya…

  5. sebelum punya website, saya hanya jualan di facebook, ternyata cukup capek tiap hari mengobok-obok facebook terus..hehehe
    makasih tipsnya…salam sukses.

  6. jumpa lagi gan,
    Saya setuju bahwa penjualan melalui facebook tidak memerlukan biaya promosi yang tinggi, lain halnya dengan melalui keyword yang sangat tinggi persaingannya yang tentunya biaya yang dikeluarkanpun tidaklah sedikit.
    Terimakasih tipsnya gan, saya akan coba saran dari Anda, salam

  7. saya sudah pernah mempromosikan iklan di facebook beberapa saat memang mempunyai pengunjung yang banyak namun setelah sekian kalinya pengunjung sudah banyak menghilangkan penasaran dengan promosi iklan itu,,, buat saya memang mempunyai keuntungan jika kita mempunyai cukup biaya untuk iklan.

  8. makasi untuk tipsnya :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud