Tingkatkan Jumlah Unduhan Aplikasi Mobile Anda dengan 7 Tips Berikut Ini

pengembang aplikasi mobile

Image dari Technofaq.org

Saat ini aplikasi mobile memang sedang marak di dunia digital. Perkembangan teknologi smartphone dan jaringan #internet diduga kuat menjadi penyebab mengapa penggunaan aplikasi ini begitu massif. Namun karena saat ini persaingan aplikasi antar developer begitu ketat, Anda membutuhkan beberapa tips dan strategi untuk bisa menjadikan aplikasi Anda laris di-download dan populer.

Lalu seperti apakah tips untuk bisa menjadikan aplikasi ini laris manis di unduh pengguna #smartphone? Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Nama dan Garfis Aplikasi Mobile

Tips pertama untuk membuat #aplikasi mobile laris manis di-download adalah dengan memperhatikan nama dan ikon aplikasi. Untuk membuat laris, Anda harus memakai nama aplikasi yang mudah diingat oleh orang dan bersifat universal. Hal lain yang juga perlu diperhatikan yaitu grafis. Anda harus membuat grafis aplikasi yang mendukung. Tampilan grafis ini memang penting karena hal ini akan mampu menarik perhatian orang untuk mengunduhnya.

Artikel lain: Panduan Proses Pembuatan dan Peluncuran Aplikasi Mobile yang Efektif 

2. Jadikan User Sebagai Raja

Seperti layaknya konsumen atau pelanggan dalam bisnis, user (pengguna) dalam aplikasi juga sangat penting dan bahkan Anda perlakukan sebagai raja. Namanya raja memang harus disenangkan. Untuk menyenangkan raja ini, maka Anda harus menciptakan aplikasi yang sesuai dengan keinginan user, bukan seperti keinginan kita. Selain itu karena user banyak yang tidak menyukai advertising (iklan), maka Anda juga harus membuat aplikasi yang tidak banyak dengan iklan.




3. Jangan Melupakan Non-English Speaker

Lakukan localization untuk membuat aplikasi Anda laris di-download. Mengapa demikian? Ini karena terdapat banyak negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Bahasa Inggris yang cuma memiliki prosentase 27% dari pangsa pasar harusnya membuat para developer memahami pentingnya bahasa lokal. Namun saat membuat bahasa lokal Anda harus cermat membuatnya. Jangan hanya asal menterjemahkan saja, namun lebih dari itu Anda harus lakukan localization.

4. Jangan Ragu Bergabung dengan Toko Aplikasi

Agar lebih dikenal, Anda harus mampu berpromosi dengan efektif. Toko aplikasi adalah tempat yang paling bagus untuk mengenalkan aplikasi Anda. Namun sayangnya untuk membuat aplikasi masuk toko aplikasi tidaklah mudah. Meskipun sulit, namun bukan berarti Anda tidak bisa menembusnya.

Anda bisa membuat strategi dengan mengirim #email ke pihak berwenang aplikasi agar ditampilkan di toko aplikasi. Dengan trik ini Anda akan membuka sebuah kesempatan. Biasanya saat Anda mendapatkan respon, maka Anda akan diseuruh mengisi sebuah form untuk kemudian dikirim lagi via email.

5. Minta Rating Bintang 5

Selain mengirim email, seorang developer harus tidak boleh ragu untuk meminta untuk meminta rating bintang lima pada user. Beberapa kasus tidak adanya review dan penilaian memang bisa dikarenakan karena developer mau memintanya. Anda bisa melengkapi strategi ini dengan memberi item gratis sebagai tanda terima kasih kepada user yang memberi bintang. Dengan adanya bintang lima ini maka aplikasi Anda akan mencapai increase rating dan discoverability.

6. Free Marketing Memanfaatkan Media Sosial

Hampir semua bisnis kini memanfaatkan #media sosial sebagai sarana marketingnya. Selain gratis, media sosial memang telah terbukti mumpuni untuk memaksimalkan marketing. Anda sebagai developer juga tidak boleh ketinggalan dengan marketing media sosial ini. Mulailah dengan mencari hashtag yang sesuai dengan aplikasi yang Anda dibuat. Setelah ditemukan follow saja akun media sosial tersebut.




Saat mereka melakukan follow back, kirimkan private message ucapkan terima kasih dan beritahu bahwa kalian membuat aplikasi yang sesuai minat orang tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan link di bio dan profile picture-nya aplikasi Anda agar pengunjung yang datang bisa dengan mudah mendatangi halaman download aplikasi Anda.

Baca juga: 5 Mitos Ini Kerap Hantui Pengembang Startup Aplikasi Mobile

7. Berteman dengan Media

Terakhir, tips untuk bisa menjadikan aplikasi laris manis di-download adalah berteman dengan media. Anda harus mengenal dan memiliki banyak jaringan media massa untuk bisa mempromosikan aplikasi Anda.

Sebenarnya para developer saat ini memiliki kesempatan besar untuk memperluas relasi, sebab jumlah media massa ini sekarang sangat banyak. Ketika Anda mampu mendapatkan banyak teman dari media masaa ini, maka Anda akan lebih mudah untuk memperkenalkan aplikasi Anda kepada khalayak banyak.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Okay.. tips yang bagus.. akan dicoba..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud