Panduan Proses Pembuatan dan Peluncuran Aplikasi Mobile yang Efektif 

Image dari Inmobi.com

Image dari Inmobi.com

Perkembangan perangkat #teknologi beberapa tahun belakangan ini turut mendukung perkembangan bidang industri lain yang memiliki kaitan dengan perangkat teknologi tersebut. Salah satunya adalah perkembangan industri aplikasi mobile.

Aplikasi mobile kini jumlahnya sangat beragam dan jenisnya pun variatif. Berbagai ide brilian untuk menciptakan aplikasi mobile yang bermanfaat bagi masyarakat dimanfaatkan untuk mendatangkan kegunaan sekaligus profit dengan nilai fantastis. Sebelum mulai mengembangkan aplikasi mobile, tentu saja beberapa hal berikut ini harus kita perhatikan dengan baik:

Benarkah Kita Tak Perlu Mahir Pemrograman?

Banyak orang yang menyangka kalau setiap pihak yang mengembangkan #aplikasi mobile adalah golongan orang yang pandai pemrograman. Padahal anggapan seperti ini jelas sangat keliru. Ternyata tak perlu kemampuan di bidang pemrograman untuk bisa menghasilkan suatu aplikasi mobile yang bermanfaat.

Hal yang paling dibutuhkan dalam mengembangkan aplikasi mobileadalah ide mengenai konsep aplikasi yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini juga sempat dilontarkan oleh Andreas Kambanis selaku pendiri Nibble Apps. Selama kita memiliki ide untuk membuat kreasi ide untuk aplikasi aplikasi mobile serta memiliki kemampuan pemasaran yang baik, maka kebutuhan untuk mengembangkan pemrograman aplikasi bisa dipenuhi secara outsourcing.

Artikel lain: Teknologi Mobile + Media Sosial ~ Ramuan Sempurna Suburnya Bisnis Mobile Ecommerce

Cara Memasarkan Aplikasi Mobile

Marketplace aplikasi mobile tergolong sebagai bursa aplikasi yang sangat besar. Berbagai macam aplikasi dari aneka kategori tergabung menjadi satu dalam marketplace tersebut. Sehingga hal yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar utama dalam proses pemasaran perdana aplikasi mobile yang kita kembangkan. Saat ini kita mengenal marketplace populer sesuai dengan sistem operasinya yakni Google Playstore untuk OS #Android, Apple Appstore untuk OS iOS dan beberapa marketplace lain.

Fokus permasalahan ini sangat penting untuk dibahas dan diselesaikan demi mendapatkan target pengguna aplikasi yang benar-benar sesuai dengan kehendak kita. Sehingga nantinya kita bisa memilih untuk mengembangkan fitur unik dalam aplikasi mobile atau justru membuat aplikasi mobile yang mampu memenuhi kebutuhan dari target pasar tertentu. Agar menguntungkan di kemudian hari, jangan lupa membidik target pasar yang besar sebelum memutuskan strategi pemasaran untuk aplikasi mobile.

Supaya Aplikasi Mobile Menghasilkan Uang

Proses monetisasi bisa dilakukan seiring dengan berjalannya kesuksesan sebuah aplikasi mobile. Ketika sebuah aplikasi mobile sudah meraih kesuksesan dan diminati oleh banyak pengguna gadget, maka melakukan monetisasi bukanlah hal yang sulit.

Ada beberapa jenis monetisasi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan profit dari pengembangan aplikasi mobile. Jenis monetisasi tersebut antara lain adalah :

  • Aplikasi yang membuat penggunanya membayar satu kali untuk mendapatkan akses lengkap

Jenis monetisasi seperti ini akan membuat setiap update fitur baru pada aplikasi tersebut akan menjadi fitur baru yang gratis. Mendapatkan profit tambahan dari jenis monetisasi ini akan tergolong sulit karena pengguna hanya membayar 1 kali untuk paket all in pada aplikasi mobile.




  • Aplikasi yang membuat pengguna membayar di awal, kemudian membayar lagi untuk setiap pengembangan fitur baru

Walaupun jenis monetisasi seperti ini tampak bisa mendatangkan banyak pendapatan tambahan, tetapi kita juga harus ingat bahwa ekspektasi pengguna #gadget menginginkan proses 1 kali pembayaran untuk mendapatkan semua fitur secara lengkap.

  • Aplikasi dengan model freemium

Model monetisasi yang satu ini biasanya dimanfaatkan oleh aplikasi #game. Setiap pengguna aplikasi yang ingin melanjutkan permainan ke level tertentu harus melakukan proses pembayaran. Sehingga aplikasi mobile ini hanya memberikan fitur gratis hingga tahap tertentu saja.

Model monetisasi ini cukup efektif karena bisa membuat penggunanya jadi penasaran dan memilih untuk membayar demi melanjutkan penggunaan aplikasi ke tahap yang lebih tinggi.

  • Aplikasi gratis yang dilengkapi dengan iklan

Banyak sekali aplikasi mobile yang tak segan memanfaatkan jenis monetisasi yang satu ini. Ketika sudah memiliki banyak pengguna, aplikasi akan tetap berjalan secara gratis dan dilengkapi dengan tampilan iklan saat aplikasi dijalankan.

Baca juga: 5 Tips Agar Aplikasi Mobile Anda Sukses dan Laris Manis

Sehingga pembuat aplikasi mobile akan mendapatkan profit dari para pemasang iklan yang memanfaatkan popularitas aplikasi. Rasanya tidak terlalu masalah bagi pengguna bila harus melihat tampilan iklan asalkan aplikasi yang digunakan bisa diperoleh secara gratis.

Meskipun tampak sederhana, panduan ini tentu sangat bermanfaat bagi kita yang ingin membuat aplikasi mobile. Mari menyiapkan konsep aplikasi dan strategi pemasaran yang tepat sebelum memutuskan untuk terjun ke bidang bisnis aplikasi mobile!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Sangat bermanfaat informasinya, kedepanya saya harap bisa juga membuat aplikasi mobile untuk pembaca blog saya :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud