Teknologi Tak Kunjung Siap, Apple iPhone 7 Bakal Minim Modifikasi

Teknologi Tak Kunjung Siap, Apple iPhone 7 Bakal Minim Modifikasi

iphone 7
Image dari Macworld.co.uk

Sebagai salah satu produk teknologi paling digemari saat ini, smartphone alias ponsel pintar tentu semakin menawarkan beragam kelebihan dan teknologi canggih yang dirangkum dalam berbagai fiturnya. Ini pula yang kemudian menjadi bahan bakar semangat bagi para produsen perangkat smartphone di seluruh dunia, terutama pemain besar seperti salah satunya Apple untuk terus berinovasi. Dengan senjata andalannya yakni iPhone, tidak berlebihan jika #Apple disebut sebagai salah satu produsen smartphone terdepan di dunia.

 Namun meskipun telah menyandang predikat tersebut, pada kenyataannya perusahaan besutan Steve Job tersebut masih seringkali menghadapi kendala dalam pengembangan perangkat ponsel pintarnya. Seperti yang dikabarkan beberapa waktu lalu, bahwa seri terbaru dari iPhone yakni iPhone 7 dan 7 plus tidak akan mengalami banyak perubahan baik dari sisi fitur maupun teknologi yang disematkan. Informasi selengkapnya telah kami rangkum pada artikel di bawah ini.

Teknologi Baru yang Belum Siap

Seperti diketahui hampir setiap tahun produsen perangkat teknologi Apple, selalu mampu menghadirkan seri terbaru ponsel pintar #iPhone dengan berbagai update di dalamnya. Dalam kurun waktu sekitar 2 tahun sekali, produk iPhone terus diperbaharui agar mampu bersaing dengan produk pabrikan yang lain. Namun pada tahun ini bertepatan dengan rencana dikeluarkannya seri iPhone 7 dan 7 plus, kabarnya Apple tidak akan memoles seri tersebut dengan banyak perubahan. Hanya akan ada sedikit modifikasi yang dilakukan terutama di bagian hardware-nya.

Setelah diusut lebih dalam, alasan mengapa seri iPhone 7 tidak akan mendapatkan banyak update adalah belum siapnya pengembangan teknologi baru untuk diterapkan pada seri tersebut. Kabarnya perusahaan yang berbasis di Cupertino California tersebut, membutuhkan waktu lebih lama untuk menyiapkan sejumlah teknologi mutakhir agar bisa dimasukkan pada seri iPhone terbaru.

Artikel lain: iPhone 6s Diketahui Punya Garis Pembatas di Cover Belakang, Apa Maksud dan Fungsinya?

Seakan tidak mau mengambil resiko untuk menerapkan teknologi “setengah matang” pada seri iPhone 7, akhirnya pihak pengembang memutuskan untuk hanya memberikan sedikit pembaruan pada seri tersebut.

Teknologi Terbaru yang Masih Dikembangkan

Kemudian tentu timbul pertanyaan, jika memang perusahaan Apple sedang mengembangkan teknologi terbaru untuk diterapkan pada seri iPhone berikutnya, lalu teknologi seperti apakah itu?

Salah satu kabar yang mencuat menyatakan bahwa, teknologi terbaru tersebut antara lain adanya kamera utama ganda. Kamera utama ganda memang belum diterapkan pada perangkat smartphone manapun. Jika memang benar adanya, kemungkinan kamera ganda tersebut akan mengadaptasi fitur penangkapan visual terbaru, seperti visual 360° serta video 3D berkualitas 4k.

Selain itu kabarnya Apple juga sedang mengembang teknologi layar OLED dengan bentuk lengkung yang dilengkapi dengan sensor sidik jari. Pengembangan layar OLED sendiri memang sedang gencar dikejar oleh banyak pabrikan #smartphone karena mampu menjalankan optimalisasi dari sisi ukuran. Dengan adanya layar OLED sendiri, penggunaan tombol fisik nantinya bisa dihilangkan, yang artinya ukuran smartphone bisa lebih tipis beberapa milimeter.

Baca juga: “Buang” Jack 3,5 MM, Apple Pede iPhone 7 Makin Greget

Pembaruan Seri iPhone 7

Kembali lagi membahas tentang seri iPhone 7, kabarnya beberapa pembaruan yang akan diterapkan yakni yang pertama dari penggunaan audio jack 3,5 mm yang akan diganti dengan port lightning. Konnektor jenis lightning dianggap mempunyai kelebihan selain bisa membuat perangkat lebih tipis, namun dari sisi fungsi seperti pengisian baterai juga bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Untuk kualitas audio lewat perangkat headphone, penggunaan konektor lightning juga bisa menghasilkan hasil output yang lebih menawan.

Namun pergantian jenis konektor ini, tidak membuat sejumlah hardware tambahan yang masih menggunakan jack 3,5 mm harus dibuang begitu saja. Karena nantinya, Apple akan tetap memasukkan adaptor lightning 3,5 mm dalam paket iPhone terbaru. Di luar beberapa pembaruan tersebut, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Apple terkait update apa yang akan diterapkan pada seri iPhone 7.

Kita tunggu saja hingga waktu peluncurannya, pada bulan September mendatang.

1 KOMENTAR

  1. Dedy Akas Website

    Wah… sayang banget saya pakainya Samsung…
    Namun artikel ini tetap bermanfaat buat tambah pengetahuan saya…
    Salam,

Tinggalkan Balasan