iPhone 6s Diketahui Punya Garis Pembatas di Cover Belakang, Apa Maksud dan Fungsinya?

Image dari Knowyourmobile.com

Image dari Knowyourmobile.com

Teknologi memang selalu menarik untuk dipelajari dan ditelusuri. Apalagi untuk brand atau merk berkelas seperti #Apple. Sebagai perusahaan multinasional yang bergerak di bidang elektronik, Apple Inc. memang terus menjadi pusat perhatian dunia dengan segala penemuan dan pembaruan yang dilahirkannya.

Salah satu produk yang dihasilkan Apple Inc. yang juga sangat menyita perhatian publik adalah iPhone. Perangkat smartphone yang selalu menjadi incaran orang ini memang memiliki nama atau brand yang kuat untuk sebuah ponsel pintar eksklusif nan canggih. Maka tak ayal ketika generasi terbaru dari iPhone yang diluncurkan dan dijual perdana pada 25 September 2015 ini terus menyita fokus pecinta #gadget.

Generasi terbaru yang dimaksud tersebut adalah iPhone 6s/6s Plus. Dan iPhone 6s/6s yang merupakan seri atau generasi keenam dari iPhone ini memang unik karena memiliki rombakan desain yang berbeda dari seri iPhone sebelumnya. Jika dilihat, ukuran iPhone 6/6s ini memiliki layar lebih besar dibandingkan iPhone 5s.

Artikel lain: Inilah 7 Perubahan Terpenting Pada Sistem Operasi Terbaru iOS 9

Bobot iPhone teranyar besutan Apple ini pun lebih ringan dan tipis dari seri iPhone lawas tersebut. Lalu satu hal lagi yang menarik dari perombakan desain iPhone 6/6s yaitu hadirnya garis yang membatasi kamera dengan kover belakang iPhone yang terbuat dari aluminium. Seperti apakah maksud dan kegunaan dari garis pembatas pada cover belakang iPhone 6/6s ini? Berikut ulasannya.

iPhone 6s Tampil dengan Garis Pembatas Cover

Garis pembatas pada iPhone generasi terbaru ini sendiri bisa dilihat pada dua bagian yaitu di atas dan di bawah kover. Dalam sebuah kabar dinyatakan bahwa diduga garis pembatas cover ini konon terbuat dari material keramik dan kaca. Garis pembatas tersebut hadir dengan warna putih dalam seri iPhone 6s gold dan rose gold. Namun, garis pembatas ini tampil dengan warna keabu-abuan di seri iPhone 6s space gray.

Jadi Bahan Olokan Karena Dianggap Cukup Mengganggu

Karena garis pembatas ini baru ditemui pada iPhone 6/6s dan tidak dijumpai pada generasi iPhone sebelumnya maka banyak orang yang penasaran akan kehadiran garis pembatas tersebut. Mereka banyak yang bertanya apakah fungsi dari garis pembatas tersebut?

Jika dibandingkan dengan iPhone 5/5s dan iPhone 4/4s, cover belakangnya tidak memilik garis pembatas seperti yang ada di iPhone 6/6s. Maka beberapa orang yang ada malah mengolok-olok garis pembatas cover belakang tersebut karena dianggap  cukup `menggangu` tampilan keseluruhan iPhone 6/6s.

Dugaan Sebagai Penghantar Sinyal atau Antena

Dari pihak Apple sendiri sampai saat ini belum ada konfirmasi tentang maksud dan tujuan ditampilkannya garis pembatas pada cover belakang iPhone 6/6s. Meski tanpa adanya konfirmasi, menurut yang dilaporkan Tech Insider, telah ada beberapa pendapat dan spekulasi yang menduga bahwa garis pembatas tersebut berfungsi sebagai `antena` dari iPhone 6/6s.

Menurut pandangan Jeff Snyder, ahli perangkat #smartphone yang juga merangkap sebagai direktur marketing di iFixit (perusahaan yang menjual peralatan perbaikan gadget), menyatakan bahwa garis pembatas tersebut sebetulnya berfungsi sebagai penghantar sinyal iPhone yang hadir lewat cover belakang smartphone tersebut.




Lebih lanjut menurut Jeff Synder menyatakan bahwa sebenarnya pembatas ini bisa dilihat juga pada seri 4/4s dan 5/5s yang terbuat dari kaca di atas dan bawah kover. Pembatas pada seri 4/4s dan 5/5s ini memang diketahui hadir sebagai penyalur sinyal iPhone. Namun bedanya pada iPhone 6/6s ini tampilanya hadir benar-benar sebagai garis pembatas. Menurutnya Apple memang merubah pembatas tersebut karena isu perubahan desain semata.

Baca juga: 6 Tips Meningkatkan Performa iPhone Lama

Peluncuran Tercepat iPhone

Terlepas dari kontroversi garis pembatas cover belakang tadi yang pasti peluncuran dan pemasaran iPhone 6s dan 6s Plus ini sangat kencang. Bagaimana tidak, setelah menyambangi 76 negara sejak tiga pekan setelah peluncuran perdana pada 25 September 2015 kemarin, seri iPhone 6s nantinya akan meluncur ke berbagai wilayah lain di lebih dari 130 negara pada akhir tahun ini.

Geliat Apple dalam pemasaran ini memang cukup mencengangkan. Pasalnya penjualan di berbagai negara ini dinilai sebagai peluncuran tercepat iPhone yang pernah ada.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud