“Buang” Jack 3,5 MM, Apple Pede iPhone 7 Makin Greget

iPhone 7 Lightning Connector

Image dari Engineering.com

Dari ranah industri perangkat mobile, tahun 2016 diprediksi masih akan dihujani oleh beragam produk terbaru dari produsen kenamaan dunia. Salah satunya yang tentu tidak akan absen dari persaingan tersebut adalah pabrikan Apple. Perusahaan teknologi raksasa yang satu ini, di setiap tahun selalu menyimpan kejutan pada produk rilisan terbarunya.

Dan untuk tahun 2016, seri terbaru yakni #iPhone 7 menjadi salah satu produk yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta gadget di seluruh dunia. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan. Selain jaminan adanya pembaharuan yang kian mutakhir, seri kali ini tentunya akan membawa kesan baru dibanding para pendahulunya.

Salah satu informasi yang telah bocor ke ranah media yakni keputusan #Apple yang tidak lagi menggunakan port jack 3,5 MM pada perangkat iPhone 7. Seperti apakah terobosan teknologi yang dilakukan oleh Apple ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Diharapkan Semakin Mempermudah Pengguna

Seperti kita ketahui bersama bahwa port jack 3,5 MM merupakan fitur hardware yang sudah sangat lama diadopsi perangkat mobile. Tipe jack yang satu ini memang sudah banyak digunakan sebagai alternatif penyambung kabel earphone yang berhubungan dengan audio.

Langkah besar diambil oleh Apple melalui keputusannya melepas jack 3,5 mm pada perangkat iPhone 7. Nantinya port audio akan dialihkan menggunakan teknologi lightning port. Port tersebut merupakan lubang yang sama yang kita gunakan untuk mengisi daya baterai.




Artikel lain: Inilah Kronologis Alasan Google Bayar “Upeti” 14 Triliun Pada Apple

Dengan adanya terobosan itu, Apple mengklaim akan memberikan banyak manfaat selain dalam kualitas audio namun juga peningkatan penggunaan. Berikut tiga alasan utama keputusan Apple tidak lagi menggunakan jack 3,5 MM.

1. Menghadirkan Perangkat iPhone 7 yang Lebih Ramping

Perangkat mobile seperti #smartphone yang didesain semakin tipis, nampaknya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Selain tampak stylish, perangkat tipis juga dinilai lebih efisien dalam hal penggunaan serta mobilitas.

Dengan tidak diaplikasikannya lagi tipe jack 3,5 MM  dan beralih pada lightning port sebagai lubang “serba bisa”. Praktis memberi ruang pangkas untuk ketebalan perangkat iPhone 7. Nantinya diperkirakan gadget canggih ini akan hadir lebih tipis 1 mm berkat pengubahan tersebut.

2. Kualitas Audio yang Lebih Mantap

Alasan kedua di balik keputusan Apple tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas audio yang dihasilkan perangkat iPhone 7. Dalam keterangan pihak Apple, penggunaan lightning connector dipastikan akan memberikan kualitas output audio yang lebih jernih dibanding jack 3,5 MM.




Selain itu untuk mendukung upaya peningkatan kualitas audio, kabarnya Apple juga sedang menggodok sebuah layanan bertajuk Hi-Res Musik. Jika memang benar-benar dikembangkan, tentunya perangkat iPhone 7 akan semakin memanjakan dan tak boleh dilewatkan oleh para penikmat musik.

Baca juga: Pastikan Keamanan iPhone Dari Serangan Hacker Dengan 7 Langkah Berikut Ini

3. Tambahan Informasi yang Lebih Luas

Saat ini layanan dan media untuk mendapatkan informasi secara digital sudah begitu beragam. Demikian juga dengan langkah Apple yang akan mengaplikasikan lightning connector untuk kebutuhan audio, diharapkan bisa memberikan pengalaman berbeda bagi para pengguna untuk mendapatkan informasi tambahan.

Pasalnya jika pengguna mengkonfigurasikan musik dengan #aplikasi seperti Spotify, maka ketika mereka menghubungkan headphone dengan lightning connector pengguna tidak hanya akan mendengarkan musik namun juga mendengarkan informasi atau berita terbaru dari layanan aplikasi tersebut. Selain meningkatkan kualitas hiburan, dengan begitu tentu kita akan bisa menjadi lebih update dan tidak ketinggalan informasi terhangat.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud