Ini Fitur Andalan Windows 10, Sayang Untuk Dilewatkan

Fitur-Andalan-Windows-10

Siapa yang tidak mengenal sistem operasi Windows? Akhir tahun lalu, Microsoft selaku pengembang platform paling top ini mengumumkan bahwa Windows 9 yang akan diluncurkan akan resmi dikenal sebagai Windows 10.

Berbicara mengenai nama baru, Terry Myerson – Executive Vice Prsident of Microsoft’s Operating System Group- menyatakan bahwa pemberian nama Windows 9 tidak sejalan dengan salah satu strategi internal perusahaan. Oleh karena itu, pihak Microsoft memutuskan untuk “melewati” angka 9 dan langsung menuju angka 10.

Bukan hanya soal nama yang cukup kontroversial, Windows 10 juga dihadirkan dengan beberapa fitur baru cukup keren. Apa saja sih yang paling baru dari platform andalan perusahaan asal Amerika Serikat ini? Berikut ini ulasan singkat mengenai fitur andalan Windows 10,

1. Touch, Touch, Touch

Dirancang agar dapat digunakan oleh profesional maupun pemula, Microsoft rupanya belum “jera” mengupayakan fitur touch pada sistem operasi terbarunya. Salah satu pihak dari Microsoft menyatakan bahwa pengembang ingin mendukung pengguna yang telah terbiasa menggunakan Windows 8 semakin nyaman dengan berbagai peningkatan pada sistem sentuhan platform ini.

Joe Belfiore selaku representative Microsoft membuat perumpamaan cukup menarik terkait fitur ini. Ia menyatakan bahwa pengembang Windows 10 ingin agar pengguna Windows 7 mampu merasakan peningkatan seperti ketika upgrade dari mengendarai Toyota Prius ke Tesla tanpa harus belajar dan beradaptasi lagi.

2. Start Menu is Back

Sebagian pengguna Windows 8 merindukan kehadiran start menu pada sistem operasinya. Hal inilah yang mendorong pihak Microsoft cukup yakin untuk “menghidupkan” kembali layanan ini dengan fitur lebih canggih.




Dalam beberapa kesempatan, pihak Microsoft menyatakan bahwa nantinya start menu platform terbaru adalah gabungan dari Windows 7 dan Windows 8. Tampilan start menu nantinya akan dibagi menjadi dua bagian yaitu ikon aplikasi tradisional di sebelah kiri dan live tiles si sebelah kanan. Anda juga tidak perlu repot mencari layanan search sebab start menu ini telah dilengkapi sistem pencarian canggih yang juga mampu menampilkan hasil pencarian dari laman.

3. Task View

Pengembang sistem operasi ini juga menghadirkan layanan task view lebih canggih dibandingkan sang pendahulu karena Anda dapat membuat virtual desktop yang memungkinkan Anda berganti aplikasi dengan lebih mudah dan cepat.

Anda dapat membuat dua virtual desktop misalnya, dengan virtual desktop pertama berisi aplikasi untuk bekerja dan yang lain berisi aplikasi hiburan. Dengan demikian, Anda tak perlu bingung mencari aplikasi lagi kan?

4. Snap Assistant

Layanan snap dalam Windows 8 memungkinkan pengguna menjalankan beberapa aplikasi dalam satu layar secara bersamaan sehingga dapat mengelola pekerjaan dengan lebih mudah. Fitur ini kini hadir lebih canggih karena Anda dapat menampilkan #aplikasi yang dijalankan dengan bentuk screen baru maupun Windows tiles.

5. Command Prompt

Salah satu perkembangan paling menarik bagi pengguna setia Windows adalah bahwa sistem operasi terbaru akan dilengkapi dengan keyboard shortcut untuk layanan command prompt. Hmmm, hal ini tentu menjadikan kegiatan mengelolah segala pekerjaan menjadi lebih mudah, kan.




6. Layanan Windows Explorer

Pembaruan juga terjadi pada layanan Windows Explorer di sistem operasi terbaru. Dalam versi terdahulunya Windows Explorer akan menampilkan daftar drives dan beberapa daftar libraries, namun kini layanan ini mampu langsung menampilkan lokasi yang telah didaftar sebagai favorit, sering dikunjungi, serta baru saja dikunjungi.

Layanan ini juga dirumorkan akan memiliki tombol “share” lho.

7. Continum

Continum merupakan salah satu layanan spesial dari Microsoft yang memungkinkan pengguna mengubah mode secara otomatis jika sistem operasi tidak mendeteksi kehadiran keyboard. Anda yang menggunakan perangkat hybrid dapat semakin mudah menggunakan platform ini, kan.

8. Mengirim Feedback Langsung ke Microsoft

Microsoft telah mengembangkan aplikasi feedback yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan maupun komplain secara langsung terhadap segala pengalaman Anda menjalankan sistem operasi satu ini.

Beberapa layanan Windows 10 tersebut cukup menarik untuk disimak, kan? Sayangnya, belum ada pernyataan jelas mengenai kapan sistem operasi #komputer terbaru ini diluncurkan namun pihak Microsoft menjanjikan pertengahan tahun 2015 sistem operasi ini telah siap dijalankan. Apakah Anda siap merasakan pengalaman memainkan Windows terbaru? Selamat menanti, ya.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud