Takut Resiko, Lebih Baik Jangan Berbisnis!

resiko bisnis

Image dari Amaribakery.com

Kesuksesan dan kekayaan seseorang dalam menjalani bisnis memang sering menjadi impian bagi orang lain. Penampakan kehidupan yang serba berkecukupan dan makmur sangat menggiurkan memang. Tak pelak hal ini kemudian menjadi pemicu orang lain untuk berbondong-bondong turut serta menekuni dunia bisnis.

Padahal untuk mencapai kesuksesan tersebut harus melalui jalan yang tak mudah. Banyak sekali rintangan dan hambatan yang harus ditanggung ketika menjalankan bisnis. Resiko bisnis tentu lebih besar dari pada menjadi seorang pegawai atau karyawan dari perusahaan. Dan, resiko itu kerap kali sangat jauh di luar dugaan kita.

Jika tidak memiliki tekad kuat dan semangat pantang menyerah ketika Anda menekuni dunia bisnis, maka sulit bagi Anda untuk bisa sukses. Apalagi bagi Anda yang takut dengan resiko, lebih baik jangan terjun ke dunia bisnis dulu. Resiko dalam bisnis adalah keniscayaan, dan bukan untuk ditakuti melainkan untuk dihadapi dan dicarikan jalan keluarnya.

1. Semua Bisnis Pasti Ada Resikonya

Semua bisnis pasti membawa resikonya masing-masing, jadi jika Anda masih takut dengan resiko, itu artinya Anda belum siap menjadi seorang pengusaha. Berbisnis sekecil apapun tetap juga memiliki resiko, baik bisnis online maupun offline sama juga. Seorang pengusaha mau tidak mau harus menghadapi segala resiko bisnis dengan tegar dan tetap berusaha mencari solusi yang tepat untuk masalah bisnisnya.

Jika Anda hanya sibuk menghindari resiko karena takut dengannya, itu hanya akan menghabiskan energi Anda saja. Lebih baik hadapi dengan gagah berani setiap resiko yang ada untuk kemudian jika misalnya Anda gagal melewatinya, maka itu akan menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk ke depannya.




Artikel lain: Kenali 5 Resiko ini Sebelum Merintis Bisnis Baru

2. Resiko Seringkali Lebih Berat Daripada yang Kita Pikirkan

Saat kita memulai menjalankan bisnis, pasti kita akan mengkalkulasikan seberapa besar untung, rugi dan bahkan sampai resiko yang akan dihadapi. Namun demikian meski kita sudah menghitung dengan seksama, seringkali resiko datang lebih cepat dan biasanya lebih berat dari apa yang sudah kita pikirkan sebelumnya. Dan inilah yang sering membuat para pengusaha tidak siap menghadapi keadaan tersebut.

Mental dan ketahanan yang ekstra yang akan membedakan hasil akhir dalam proses meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Jika Anda kuat, maka bisa jadi Anda akan bisa melewati keadaan berat tersebut dengan selamat dan justru akan menjadi titik balik kesuksesan bisnis Anda.

3. Anda Sendiri yang Harus Menanggung Resikonya

Seberat apapun resiko yang akan dihadapi, Anda sendirilah yang akan menanggung semuanya. Jadi, seorang pengusaha harus siap lahir batin menanggung segala resiko terberat dan terburuk pada bisnisnya. Tidak bisa Anda melimpahkan tanggung jawab menanggung resiko ini pada orang lain. Karena jika suksespun Andalah yang paling merasa bahagia dan bangga pada pencapaian yang sudah tercapai.

Terkadang memang sangat berat menjalaninya, namun jika Anda sudah mencapai apa yang Anda targetkan, maka beratnya perjalanan Anda akan menjadi sebuah cerita bahagia yang menyenangkan.




Baca juga: Inilah 5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Sendiri Tanpa Berpartner

4. Kegagalan Adalah Resiko yang Mengerikan

Tentu semua resiko yang paling ditakuti seorang pengusaha adalah gagal dalam menjalankan bisnisnya. Namun sebenarnya ada yang lebih mengerikan dari pada sekedar gagal dalam menjalankan bisnis. Dan yang paling berbahaya adalah jika Anda menyerah begitu saja pada kegagalan tersebut. Jika Anda menyerah pada kegagalan, maka selamanya Anda tidak akan pernah mengenyam kesuksesan.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa resiko berbisnis hanya ada dua, yaitu kesuksesan dan kegagalan. Gagal yang dimaksud adalah ketika Anda berhenti mencoba dan menyerah pada kegagalan itu sendiri. Jadi Anda harus sadar akan hal ini, percayalah, tidak ada orang yang tak pernah mengalami kegagalan di dunia ini.

Nah sobat, bagaimana sekarang, masih takut memulai menjalankan bisnis sendiri, atau justru sama sekali tak punya keinginan untuk berbisnis. Pilihan itu ada di tangan Anda sendiri,  namun tetap perlu Anda ketahui bahwa semua bisnis pasti memiliki resiko, dan itu tak akan pernah bisa Anda hindari. Hadapi dengan dewasa dan bijaksana agar Anda bisa melewatinya dengan hasil yang memuaskan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud