Inilah 5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Sendiri Tanpa Berpartner

menjalankan bisnis sendirian

Image dari Askatma.com

Memulai bisnis memang sulit, terlebih bagi kita yang memang belum berpengalaman sama sekali sebelumnya. Biasanya untuk sedikit meringankan beban tersebut, seseorang bisa berpartner dengan teman lain untuk memulai bisnisnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada kelebihan sendiri bagi Anda yang berani dan mau membangun serta mengelola bisnis sendiri.

Dan kelebihan ini tentu tidak bisa Anda dapatkan ketika Anda memulai bisnis bersama teman dan partner bisnis. Kelebihan ini bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin membangun sebuah bisnis baru. Untuk lebih detail kelebihan membangun bisnis sendiri, bisa Anda simak di bawah ini rinciannya.

1. Full Kendali Ada Pada Anda

Dengan menjalankan usaha dan bisnis sendiri tanpa berpartner, maka tentu kendali dan kontrol full berada di Anda. Tinggal bagaimana Anda akan membawa bisnis Anda, akan menuju kesuksesan atau justru gagal. Disini Anda tidak perlu memikirkan orang lain dalam mengambil keputusan, karena Anda yang memiliki sepenuhnya bisnis Anda.

Berbeda jika Anda memiliki partner dalam mendirikan bisnis, tentu Anda harus berdiskusi dengan partner Anda sebelum mengambil kebijakan yang bersifat strategis. Jika Anda yang membangun, mendirikan dan merintis bisnis sendiri, maka teman diskusi Anda adalah staf atau karyawan Anda sendiri yang sifatnya adalah memberi masukan saja. Karena tentu saja posisi karyawan atau pegawai tidak sama dengan partner.

Artikel lain: Mencari Partner Dalam Bisnis, Simak 10 Ciri Orang Tulus Ini




2. Anda Bisa Lebih Cepat Memulai

sering terjadi ketika dalam proses mendirikan bisnis bersama-sama sedikit sulit untuk segera merealisasikannya. Ini karena dalam proses diskusi pasti akan ada beberapa hal perbedaan yang memerlukan diskusi lebih mendalam. Seperti misalnya bagaimana sistem bagi hasilnya, bagaimana jika nanti bisnis bangkrut, dan lain sebagainya. Nah, hal-hal tersebut sangat memakan waktu dan energi sehingga bisnis tidak akan segera terwujud.

Berbeda jika Anda yang membangunnya sendiri, Anda bisa segera mewujudkannya karena semuanya Andalah yang menanggungnya. Bisnis pun bisa semakin lincah dalam pergerakannya, itu kelebihannya.

3. Keuntungan Menjadi Milik Anda Sepenuhnya

Ini yang tidak Anda dapatkan ketika membangun bisnis secara partnership, karena jika Anda yang memiliki bisnis sendiri, maka keuntungan tentu menjadi milik Anda sepenuhnya. Dan keuntungan ini tentu lebih besar dari pada Anda berbisnis dengan berpartner. Selain itu, dalam pembagian keuntungan biasanya menjadi hal yang sangat krusial dan berpotensi menimbulkan konflik jika tidak bisa mengatur secara adil.

4. Anda Bisa Bebas Berkreasi dan Berinovasi

Dalam menjalankan bisnis tentu akan memerlukan kreasi dan inovasi setiap waktu agar tetap bisa bertahan dan tetap eksis. Inovasi dan kreasi ini jika Anda mengerjakan bisnis bersama teman atau partner Anda, ini akan sedikit memakan waktu karena perlu didiskusikan dengan partner Anda.

Namun jika Anda menjalankan bisnis sendiri, Anda yang menjadi penentu kreasi dan inovasi dalam berbisnis. Sehingga Anda bebas menentukan kapan waktu yang tepat untuk berinovasi, dan inovasi apa yang akan Anda lakukan terhadap bisnis. Kadang kecepatan dalam mengambil keputusan bisa menjadi faktor sukses seseorang dalam menjalankan bisnisnya.




Baca juga: 5 Tips Yakinkan Partner Bisnis Dalam Membangun Startup 

5. Kepuasan Diri Dalam Pencapaian Lebih Terasa

Kepuasan diri tentu akan lebih terasa ketika Anda mencapai kesuksesan dalam bisnis yang Anda bangun sendiri. Karena energi, usaha dan kerja keras Anda seakan terbayarkan dengan kesuksesan yang telah Anda capai dalam bisnis. Proses panjang, susah senang, Anda semua yang mengalaminya, sehingga kepuasan pencapaian Anda semakin terasa nikmat. Berbeda dengan ketika Anda menjalankan bisnis bersama teman, karena kepuasan dalam pencapaian bisnis akan Anda nikmati dan harus berbagi bersama partner Anda.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda menjalankan bisnis sendiri tanpa berpartner dengan orang lain. Namun perlu Anda ketahui bahwa setiap bisnis yang dikerjakan pasti mengandung risikonya sendiri. Semuanya pasti ada kelebihan dan kekurangannya, baik itu berbisnis dengan partner maupun menjalankan bisnis yang dibangun dan dikelola sendiri. Yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa mengatasi resiko yang akan Anda hadapi dalam menjalankan bisnis itu sendiri.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Gan saya mau nanya apa bila kita suda daftarkan blog kita ke google webmaster dan ada beberapa yg terkirim juga yg terindex…..apa bila kita menulis artikel lagi ApAkah kita harus mengirimnya juga atau suda otomatis terkirim dan terindex……thanks gan ….sy baru bloger pemula

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud