Tahukah Anda? Ternyata 8 Dari 10 Miliarder Wanita Terkaya Di Dunia Ada Di China Lo!

Miliarder Wanita Terkaya

Image dari Shutterstock.com

Dalam beberapa dekade belakangan peran wanita dalam berbagai bidang dunia semakin meningkat. Isu kesetaraan gender dan juga kesadaran akan kekuatan yang dimiliki oleh kaum hawa, mendorong banyak sekali perubahan yang akhirnya mampu memberikan dampak positif.

Salah satunya yakni fakta bahwa saat ini semakin banyak pengusaha wanita yang berhasil mendirikan perusahaan secara mandiri dan mampu menjadi miliarder bersanding dengan para hartawan dari kaum Adam. Dan tahukah Anda bahwa, ternyata 8 dari 10 miliarder wanita terkaya di dunia berasal dari negeri tirai bambu China.

Mereka kesemuanya tersebut, merupakan wanita bermental baja yang akhirnya mampu memperoleh kesuksesan besar berkat usaha kerasnya. Siapa sajakah mereka, dan bagaimana China bisa menjadi lahan yang sangat subur bagi perkembangan entrepreneur utamanya yang dimotori oleh kaum wanita? Berikut ulasannya.

Tingginya Perkembangan Entrepreneur Wanita Di China

Jika dihubungkan dengan perkembangan ekonomi, China tentu menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan paling pesat. Pertumbuhan tersebut sangat nampak dari bagaimana China berhasil mengentaskan tingkat kemiskinan yang sangat besar bahkan hanya dalam waktu 20 tahun saja!

Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah setempat dan juga kesadaran masyarakat untuk mengembangkan bisnis atau berkecimpung di dunia entrepreneur. Tidak hanya dari kaum adam, para wanita juga tergerak untuk bisa memulai bisnisnya sendiri. Akhirnya terbukti, semakin banyak wanita yang sukses mendirikan perusahaan bernilai miliaran dolar bahkan mampu mengalahkan Amerika dengan titlenya sebagai negara adikuasa.

Artikel lain: Zhang Xin ~ Enterpreneur Wanita Muda, Kaya Berkat Bisnis Properti Di Tiongkok

Hingga saat ini secara total ada 568 miliarder dari China yang mengungguli miliarder asal Amerika sejumlah 535 hartawan. Selain itu, ibukota China Beijing juga menjadi kota yang dihuni miliarder terbanyak, dengan perbandingan 100 banding 95 orang di New York.

Meneruskan prestasi tersebut, dari daftar 10 miliuner wanita terkaya di dunia yang mampu mendirikan perusahaannya secara mandiri, China menyumbang 8 nama. Dan secara total China juga mempunyai 93 miliarder wanita lain, dan sisanya 31 miliarder wanita berasal dari belahan bumi lain. Angka tersebut tentu merupakan fakta yang sangat mengejutkan mengingat masih ada banyak negara lain yang memiliki tingkat ekonomi tinggi seperti Amerika dan negara-negara di Eropa.

Alasan Tingginya Peningkatan Entrepreneurship Di China

Tentu banyak yang bertanya bagaimana China yang sebelumnya memiliki tingkat kemiskinan yang sangat tinggi di era 1980 dan 1990an, ini berhasil menjadi salah satu macan ekonomi dunia. Ternyata ada dua alasan mengapa hal tersebut mampu terjadi, alasan yang pertama yakni besarnya isu kesetaraan.

Jika di beberapa negara, kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan masih dinilai sebagai hal yang tabu, di China justru ada dorongan yang besar agar para wanita bisa berkarir layaknya laki-laki. Para wanita didorong untuk mempunyai bisnisnya sendiri bahkan difasilitasi untuk mampu mengembangkan bisnis tersebut menjadi usaha yang besar.




Disitulah kesadaran para wanita yang ingin mulai mengubah hidup muncul dalam jumlah yang sangat drastis. Banyak wanita yang mempunyai usaha sendiri, bahkan sebagian diantaranya mampu membangun perusahaan besar tidak hanya berskala nasional namun hingga mempunyai jaringan yang mendunia.

Keberhasilan Memangkas Tingkat Kemiskinan

Kemudian alasan kedua yakni penurunan tingkat kemiskinan yang ada di China. Dari tahun 1990 hingga tahun 2000, pendapatan perkapita China naik dari angka $200 dolar menuju $1000 dolar. Dan di tahun 2000 hingga 2010, angkanya kembali naik dari $1000 dolar menuju $5000 dolar. Peningkatan sebesar 25 kali ini terjadi hanya dalam waktu 20 tahun saja.

Dampaknya, terdapat pemangkasan besar-besaran jumlah kemiskinan di China. Bahkan berkurangnya tingkat kemiskinan di seluruh dunia pada mulai tahun 1990 hingga 2005, ternyata sebagian besar berkat capaian yang diraih oleh China.

Cara yang diterapkan oleh pemerintah China untuk bisa membasmi kemiskinan di negara tersebut yang pertama dalam memberikan subsidi langsung kepada semua penduduk kota di seluruh China yang berada di bawah garis kemiskinan. Langkah tersebut, akan terus ditingkatkan hingga nantinya mampu menghapus mayoritas kemiskinan di China pada tahun 2020.

Baca juga: 4 Wanita Yang Sukses di Usia Muda ( Usia 30 Tahun)

Kembali pada urusan entrepreneur yang disandingkan dengan isu kesetaraan gender, diakui atau tidak memang berdampak sangat besar terhadap capaian China saat. Bahkan pemerintah lewat perdana menteri Li Keqiang mengagendakan program entrepreneurship dan penciptaan inovasi sebagai salah satu target utama negara.

Kabar baiknya, tren peningkatan ini diramalkan akan terus menyebar. Salah satunya yang terdekat adalah negara India yang saat ini juga semakin banyak dihuni oleh miliarder wanita. Pertanyaan nya adalah, apakah tren ini akan sampai di Indonesia? Dan kapan hal tersebut bisa tercapai? Andalah para kartini masa kini yang bisa menjawabnya!



2 total comments on this postSubmit yours
  1. semoga wanita indonesia juga ada yang bisa masuk ke menjadi wanita miliader terkaya didunia.

  2. semoga wanita indonesia ada yang bisa masuk ke jajaran wanita miliader terkaya didunia. Amin

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud