Sulit Bangun Pagi? Ulasan Di Bawah Ini Mungkin Bisa “Menampar” Pola Pikir Anda

merubah kebiasaan bangun siang

Image dari Drproodian.com

Mungkin kebiasaan bangun siang sudah menjadi satu hal yang tidak aneh lagi bagi Anda. Tapi ketika sudah masuk dalam dunia kerja, sebaiknya kebiasaan buruk ini harus dihilangkan. Itu dikarenakan seorang pekerja yang masih mempunyai kebiasaan bangun kesiangan akan berdampak tidak baik kepada produktifitas dan kualitas kerja. Bukan cuma itu saja, akibat yang ditimbulkan bisa-bisa Anda diberhentikan dari pekerjaan Anda sekarang.

Seorang pelatih gaya hidup yang bernama Dan Luca, pada sebuah artikelnya di salah satu situs gaya hidup memberikan tips bagaimana strategi yang bisa dilakukan agar seseorang bisa bangun lebih awal. Cara ini pun telah ia praktekan pada dirinya sendiri dan ternyata terbukti ampuh untuk membuang kebiasaan bangun kesiangannya.

Pada dasarnya ini bukan sekedar perihal kebiasaan saja, akan tetapi seperti hal-hal lainnya yang lebih memfokuskan kepada keahlian atas praktek. Dengan begitu kebiasaan yang selalu kita lakukan sedikit demi sedikit akan hilang dengan sendirinya tanpa disadari oleh diri sendiri. Dan kita pun dituntut untuk bisa lebih memahami dasar-dasar dan pernak-pernik aturan yang mendukung kepada kesuksesan cara tersebut.

Artikel lain: Seorang Entrepreneur Wajib Memiliki Mental Bisnis yang Kuat, Inilah Cirinya!

Oleh karena itu terdapat dua pertanyaan yang sangat penting yaitu bagaimana dan kenapa? Jika Anda mengabaikan semua usaha yang telah dilakukan maka hasil yang diperoleh pun akan biasa-biasa saja. Berbeda jika dimaksimalkan, hasil yang di dapatkan akan sesuai dengan ekspektasi sebelumnya.

Berawal Dari Dalam Diri Sendiri

Di sini akan dijelaskan secara jelas dan terperinci tips bagi Anda yang ingin terbiasa bangun pagi tanpa harus memasang alarm atau apapun itu tetapi dengan kesadaran yang lahir dari diri sendiri.

Proses yang pertama kita mulai dengan pertanyaan kenapa? Dalam usaha apapun yang dilakukan “bila di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan”. Ini elemen yang sangat penting karena jika diri kita menginginkan sesuatu yang belum jelas dan tidak ada manfaat yang dihasilkan, maka ujung-ujungnya akan berakhir dengan kekecewaan.

Di sini muncul pertanyaan baru, apa yang mendasari keinginan Anda untuk bangun lebih awal? Dari pertanyaan tersebut muncul dua pilihan yaitu Anda harus dan Anda ingin. Jika pilihan itu ialah “Anda Harus” maka jelas Anda tidak mempunyai pilihan lain. Contoh konkritnya saja ketika melakukan pekerjaan di shift pagi mulai dari jam 6.00 sampai jam 2 siang, di samping itu Anda masih memiliki anak yang maasih kecil yang membutuhkan perhatian Anda. Perjalanan yang jauh ke tempat kerja mengharuskan untu berangkat pagi-pagi sekali dan faktor lainnya.

Sebagian orang ada yang sudah terbiasa dengan keadaan tersebut tetapi dibutuhkan konsistensi untuk menjalaninya setiap hari. Bukan menyarankan Anda harus melakukan sesuatu semuanya seperti itu, akan tetapi sesuaikanlah dengan kondisi saat itu apabila dirasa ada kebutuhan yang sangat mendadak lebih baik untuk mencari jalan alternatif yang lain untuk memecahakan situasi tersebut.

Di sisi lain, jika pilihan itu adalah “Anda Ingin” maka sesuatu itulah yang bisa membuat Anda beranjak dari tempat tidur. Menurut orang yang terbiasa bangun pagi-pagi mereka senantiasa merasakan hal yang berbeda dan mendapatkan kepuasan tersendiri. Misalnya saja orang-orang yang bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, dan memanfaatkan waktunya untuk kepentingan pribadi sehingga mereka mengerti tentang sesuatu hal, bersemangat untuk mulai mengerjakan sesuatu yang lebih berguna.




Baca juga: 4 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru yang Baik dan Benar Serta Mudah Diwujudkan

Faktor inipun yang telah dilakukan oleh para pebisnis yang meraih kesuksesan terbiasa memulai hari lebih dulu dibandingkan dengan orang lain. Dan mereka yang mengendalikan segala urusan kehidupannya baik itu menyangkut keluarga dan pekerjaannya di perusahaan. Mereka juga yang memberikan contoh yang baik kepada rekan-rekan yang lainnya, bersikap proaktif dan tidak hanya mencari kesalahan-kesalahan orang lain.

Meniru Kebiasaan Produktif Para Entrepreneur Dunia

1. Jack Dorsey (Founder Twitter dan Square) – Bangun pukul 5.30

Sebagai kepala dari 2 perusahaan #teknologi ternama tentu tidak memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Jack dorsey merupakan penemu sekaligus chairman dari Twitter. Salah satu jejaring sosial terbesar dan ternama selain Facebook.

Selain itu juga ia merupakan Founder dan sekaligus CEO dari Square, Yang merupakan sebuah penyedia layanan untuk berniaga dan pembayaran yang dilakukan melalui smartphone.

2. Donald Trump (Chairman dan President The Trump Organization) – Bangun pukul 4.00

Beliau merupakan salah satu enterpreneur paling ternama di negara Amerika Serikat yang menjabat sebagai Chairman, CEO sekaligus President dari Trump Organization. Perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan hotel, resort dan lapangan golf.

3. Marissa Meyer (CEO Yahoo)

Memulai kariernya di #Google dengan jam kerja mencapai 130 jam setiap minggunya. Di kehidupan nyata saja orang-orang bekerja hanya 56 sampai 70 jam per minggu. Seringkali ia lebih baik tidak tidur sama sekali untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya tersebut.

4. Indra Nooyi (Chairperson dan CEO PepsiCo)

Beliau merupakan salah satu figur pengusaha wanita eksekutif terbaik di dunia sejak menjabat sebagai CEO dari perusahaan minuman yaitu Pepsi pada tahun 2007. Nooyi memiliki kepribadian dan tekad yang kuat yang berorientasi pada tugas dan tujuan.

Hal semacam inilah yang membuatnya hanya memiliki waktu untuk tidur selama 4 jam saja tiap harinya. Sebelum masuk ke dunia bisnis pun ia telah membiasakan dirinya dengan pola tidurnya itu sehingga setelah ia bekerja pun kebiasaan itu terbawa.

5. Sergio Marchionne (CEO Fiat, CEO Chrysler Group dan Chairman SGS) – Bangun pukul 3.30

Semenjak ia berjasa membangkitkan perusahaan yang bergerak di bidang automobile Amerika, Chrysler dan menjabat sebagai CEO Fiat perusahaan automobile Italia, nama beliau berperan besar dalam kemajuan industri automobile. Kehidupan sehari-harinya pun bukanlah yang diidam-idamkan oleh setiap orang, ia hanya mempunyai waktu untuk beristirahat selama 4 jam saja setiap harinya. Dan ketika ia sedang bekerja ia mendampingi segala aktifitasnya dengan kopi dan rokok.

Baca juga: Ubah Niat Jadi Semangat, Karena Berbisnis Bukan Cuma Rencana!

Siapkah Anda Berubah?

Ajukan pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri : “Apa yang menggangguku?” jika kita tidak memiliki keinginan yang kuat untuk merubah segala sesutu yang telah menjadi kebiasaan Anda tidak akan pernah merasakan perubahan ke arah yang lebih baik.

Dan ada lagi salah satu faktor yang harus Anda penuhi yaitu Anda tidak akan menemukan sesuatu hal itu di waktu yang lain dalam kehidupan Anda. Mungkin Anda telah bekerja semalaman sampai tidak tidur untuk mengerjakan beberapa hal yang menarik minat Anda tetapi Anda telah menyelipkan kepentingan Anda di belakangnya. Ide yang paling baik ialah ketika Anda memulai hari dengan sebaik mungkin dengan hal-hal yang paling memuaskan dan gunakan energi terbaik Anda.

Bagaimana? setelah Anda mengerti tentang kenapa, Anda dapat mencari strategi terbaik untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Cara yang paling mudah untuk bisa terbiasa bangun pagi di samping ada kemauan dan niat yang kuat ialah dengan mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal 5 menit setiap harinya. Beberapa orang mungkin akan merasa ragu dengan cara ini tetapi dengan seiring berjalannya waktu semua itu dapat terbiasa dengan sendirinya.

Trik untuk bisa bangun pagi adalah tidur lebih awal. Jangan dibiasakan untuk tidur larut malam karena dengan begitu Anda akan merasakan kantuk yang berlebih dan tidak mempunyai semangat untuk menjalani hari ini. Anda dapat tidur sampai larut malam dan setelah itu bangun jam 5 pagi selama 2 sampai 3 hari, tetapi setelah itu Anda akan menjadi zombie. Waktu yang diperlukan untuk tidur normalnya adalah 7 sampai 8 jam sehari, dan itu syarat untuk melakukan tidur yang baik.

So, siap berubah untuk kebiasaan hidup yang lebih baik?



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud