4 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru yang Baik dan Benar Serta Mudah Diwujudkan

Image dari Viva.co.id

Image dari Viva.co.id

Menyambut tahun yang baru memang selalu identik dengan penciptaan resolusi atau target pencapaian. Meski kemudian banyak orang yang melupakan evaluasi atau perenungan, membuat resolusi atau harapan ke depan menjadi sesuatu yang jarang dilewatkan.

Maka menyambut tahun baru 2016 ini kita kemudian akan seringkali mendapati banyak orang yang beramai-ramai menciptakan resolusi untuk satu tahun ke depan. Karena tidak bisa menerapkan cara dan tips yang tepat dalam membuat resolusi maka seringkali dijumpai banyak resolusi yang tidak tercapai.

Menurut sebuah analis, resolusi yang gagal diwujudkan ini biasanya disebabkan karena harapan yang terlalu berlebihan dan salah sasaran. Maka dari itu sebelum menciptakan resolusi seseroang memang dianjurkan untuk menerapkan beberapa tips dan trik agar harapan yang dituliskannya tidak meleset. Lalu seperti apakah tips membuat resolusi tahun baru yang baik dan benar serta dapat terwujud dengan baik ini? Berikut ulasannya.

1. Self Awareness

Tips pertama untuk menciptakan resolusi tahun baru yang baik dan benar adalah dengan memahami dan menerapkan kesadaran diri (self awareness). Self awareness dalam definisi yang lebih luas adalah kemampuan seorang manusia untuk mampu mengenal dirinya sendiri dari segala kemampuan dan kekurangannya secara menyeluruh.

Mereka yang mampu mengenal dan sadar dengan dirinya ini akan selalu mendasari resolusi berdasarkan batas kemampuan yang umumnya bisa dipenuhi dan hal-hal yang tidak bisa dipenuhi. Mereka tidak bisa memaksakan dirinya untuk membuat resolusi yang tidak sesuai dengan kemampuan dirinya.




Artikel lain: Menyongsong Tahun Baru, Inilah Beberapa Resolusi Positif Dalam Media Sosial yang Patut Anda Terapkan

Dalam kesimpulan yang lebih singkat orang-orang yang membuat resolusi tahun baru berdasarkan self awareness ini adalah mereka yang telah sadar diri dan akan membuat poin-poin resolusi yang mencerminkan kemampuannya. Mereka tidak akan memaksakan diri untuk menuliskan poin resolusi yang tidak sesuai dengan kemampuannya. Dengan hal ini maka resolusi pun berpeluang untuk bisa diwujudkan selama satu tahun tersebut.

2. Self Regulations 

Setelah self awareness atau kesadaran akan diri mengenai kelebihan dan kekurangan, pengendalian diri (self regulation atau self control) adalah hal berikutnya yang harus Anda lakukan saat membuat resolusi. Ya, untuk membuat resolusi yang tepat dan sesuai Anda memang harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri.

Pengendalian diri di sini adalah termasuk pada pengendalian dalam mengelola amarah atau emosi pada berbagai kondisi. Memang tidak mudah untuk bisa menjalankan kontrol diri (self regulations) ini. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki ambisi dan emosi besar, maka membuat resolusi yang tepat akan sulit untuk dilakukan. Biasanya orang yang memiliki emosi yang besar akan cenderung menuliskan resolusi yang tinggi dan berlebihan.

Saat membuat resolusi, umumnya mereka yang tidak bisa mengendalikan dirinya ini akan mengebiri fungsi logika berpikir jernih. Maka dari sini biasanya jika muncul resolusi yang berlebihan tersebut, mereka jarang ada yang bisa merealiasasikan seluruh resolusi yang dibuatnya tersebut.




3. Self Motivations 

Namanya juga resolusi maka di dalamnya akan berisi harapan, cita-cita dan impian. Maka untuk menciptakan resolusi Anda harus memiliki pandangan jauh ke depan atas apa yang ingin Anda capai. Dalam kasus ini maka akan mustahil resolusi akan terbuat jika Anda tidak memiliki self motivation (kesadaran untuk memotivasi diri).

Bahkan beberapa pakar menyatakan bahwa tidak hanya #motivasi diri, namun Anda juga harus mampu memotivasi rekan atau sahabat di sekitar Anda. Dengan sebuah self motivations yang kuat maka hal ini akan sangat otomatis membuat Anda untuk terus membuat Anda semakin maju.

Dalam sebuah studi, motivasi ini memang sebuah faktor yang penting bagi terwujudnya resolusi tahun baru sebab dalam motivasi tersebut mengandung faktor pengali sebuah kesuksesan.  Sehingga kerja keras yang kita lakukan akan selalu mendapatkan bernilai dua hingga tiga kali lipat jika Anda mampu menambahkannya dengan motivasi yang kuat.

Baca juga: Mau Sukses di Tahun 2016? Persiapkan Diri Anda untuk Pesatnya Industri Digital dan Kreatif

4. Self Recognition 

Terakhir, tips membuat resolusi tahun baru yang baik dan benar adalah dengan menerapkan self recognition. Self recognition sendiri adalah kemapuan seseorang untuk menghargai dan mensyukuri apa yang ada pada diri kita dan apa yang kita miliki.

Dengan adanya kemampuan ini seseorang akan mampu menempatkan diri pada resolusi yang dibuatnya dan juga lebih mudah diwujudkan. Namun sebaliknya jika Anda tidak bisa menerapkan self recognition umumnya seseorang akan gagal dalam memperjuangkan segala resolusi yang telah dibuat.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Oke juga referensinya. Walaupun telat aku akan mencoba.

  2. Dengan membaca artikel ini, resolusi terlihat begitu sederhana, namun karena menyangkut evaluasi diri, kenyataannya, bagi saya pribadi lebih sulit mengevaluasi diri sendiri dibandingkan dengan mengevaluai orang lain. Inilah titik kelemahan sehingga tidak pernah buat resolusi di akhir atau awal tahun.

    Harapan, impian yang hanya terbersit di dalam hati, dan tidak pernah dituliskan
    Menjalani dan menikmati hidup apa adanya, mungkin inilah yang membuat perkembangan bisnis yang lamban.

    Semoga saya bisa mengevaluasi diri lebih baik, agar mampu membuat resolusi buat diri sendiri

    Salam ecommerce !

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud