Struktur Organisasi Perusahaan Kecil yang Baru Merintis

Advertisement-Scroll to Continue

Struktur organisasi perusahaan kecil diperlukan oleh perusahaan bisnis yang baru saja merintis. Memang Anda tidak memiliki banyak karyawan, tetapi dengan struktur, bisnis bisa terus berkembang.

Apakah terlalu cepat membuat struktur organisasi? Anda ingin alur komunikasi yang benar. Jadi, kita memerlukan struktur organisasi walau hanya untuk perusahaan kecil.

Semua karyawan tahu pekerjaannya. Ada distribusi hak dan kewajiban yang adil dan jelas. Dengan demikian perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Sangat penting bagi sebuah perusahaan yang baru merintis untuk menyusun struktur kepemimpinan atau pembagian tugas secara jelas. Jadi sejak awal akan ada seperangkat tenaga kerja dengan SDM masing-masing yang saling berimplikasi membentuk kesatuan kerja.

Apa Itu Struktur Organisasi Perusahaan Kecil?

Merupakan unit kerja yang ada dalam perusahaan. Struktur dari sebuah bisnis mempermudah pembagian tugas, hak, dan kewajiban tiap posisi yang ditentukan.

Struktur Organisasi Perusahaan Kecil yang Baru Merintis

Ketika usaha ingin berkembang dengan benar, sebaiknya membuat struktur organisasi secepat mungkin. Dengan demikian produktivitas karyawan akan meningkat.

Walaupun pergerakan masih sedikit, struktur membantu semuanya berjalan dengan terarah. Karyawan tahu apa yang mereka harus lakukan dan ke mana harus membuat laporan.

Oleh karena itu penting bagi perusahaan, besar atau kecil untuk memiliki struktur jelas. Dengan begitu, ada dasar yang kuat untuk membuat berbagai kebijakan.

Struktur perusahaan juga berfungsi untuk membangun relasi. Ketika sebuah perusahaan memiliki struktur anggota dan kepemimpinan yang jelas, pasti membuka peluang komunikasi dengan pihak lainnya. Hal ini akan memberikan dampak bagi kemajuan perusahaan tersebut.

Adanya susunan direksi membuat sebuah perusahaan mudah untuk maju. Seperti ketika akan memasuki bursa saham. Sebuah perusahaan rintisan tentu harus melalui berbagai tahapan. Seperti perbaikan struktur internal, peningkatan ekonomi perusahaan dan mencapai kondisi IPO.

Baca Juga: Memahami Flexible Employee Benefit dan Manfaatnya Bagi Karyawan juga Perusahaan

Manfaat Memiliki Struktur Organisasi Bagi Perusahaan Kecil Baru Merintis

Jika perusahaan berjalan dengan kapasitas SDM kecil, kemungkinan besar segala sesuatu mudah dikenali. Tiap karyawan tahu pekerjaannya dan begitu pula karyawan lainnya.

Pembagian kerja dan wewenang akan jelas. Masing-masing orang akan bekerja sesuai dengan tugas masing-masing. Tanpa perlu saling mengintervensi atau mengontrol secara ketat.

Struktur Organisasi

Kecuali untuk jabatan struktural di mana manajer atau direktur pasti masih memiliki wewenang untuk mengontrol sebagai bagian dari tanggungjawab pekerjaannya.

Lantas, mengapa organisasi kecil memerlukan struktur organisasi? Berikut adalah beberapa alasan penting untuk bisnis kecil memiliki struktur organisasi.

1. Menetapkan Visi dan Misi

Struktur organisasi membantu perusahaan mendefinisikan peran dan tanggung jawab tiap orang. Hal ini membantu tumpang tindih pendelegasian.

Dengan demikian, bisnis dapat menetapkan apakah misi yang dijalaninya. Selain itu, struktur yang tertata juga membantu memvisualisasikan visi yang perusahaan miliki.

2. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Pada dasarnya, kita membuat bisnis untuk menghasilkan keuntungan. Struktur organisasi terbaik membantu meningkatkan efisiensi bisnis.

Pembagian pekerjaan secara efektif, karyawan bekerja lebih terfokus dan produktif. Hal ini juga berarti bisnis dapat mengidentifikasi dan mengatasi hambatan yang ada.

3. Menjaga Efektivitas Koordinasi

Kejelasan struktural menjaga efektivitas koordinasi dari tiap bagian dari perusahaan. Setiap individu mengetahui jalur komunikasi dan bisa bekerja sama.

Dengan demikian, cara kerja bisa cepat dan efektif. Selain itu, struktur organisasi bisa membantu dalam menghindari kebingungan dan meminimalisir kesalahan.

Karyawan perusahaan

4. Mengidentifikasi Stakeholders

Struktur yang terdefinisi baik dapat membantu semua pihak dalam perusahaan. Khususnya dalam mengidentifikasi stakeholders.

Kita mengetahui stakeholders yang relevan. Jadi, perusahaan bisa berinteraksi dengan optimal dan membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

5. Memperjelas Jarak Karyawan Pada Struktur Perusahaan

Ada rantai komando yang jelas dari pemilik perusahaan dan karyawannya. Tiap orang tahu posisi mereka dalam organisasi secara struktural.

Jadi, bila ingin naik ke posisi lebih tinggi, ada pencapaian yang harus Anda raih. Adanya struktur organisasi akan memperjelas hierarki.

Karyawan dapat mengetahui jalur kenaikan karir yang tersedia. Dengan demikian, mereka dapat memutuskan akan berjalan ditempat atau maju.

6. Fleksibilitas Manajemen

Meskipun struktur organisasi perusahaan kecil, asalkan kerangka kerjanya jelas maka modifikasi nisa kita lakukan. Dengan demikian bisnis bisa lebih fleksibel.

Perubahan dan pertumbuhan dapat ditangani dengan cepat. Usaha baru atau kecil cenderung berubah cepat, dan sifat fleksibel akan mempermudah adaptasi.

7. Remote Teams pada Perusahaan

Anda bisa memiliki cabang yang ada di kota lain. Jadi, tidak perlu SDM yang banyak, tapi yang tersebar dengan cerdasnya.

Struktur organisasi mengidentifikasi dan mengintegrasikan pekerja lepas dengan efektif, sehingga memungkinkan kolaborasi antara anggota tim yang berbeda.

Jenis-Jenis Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Tanpa sebuah struktur, sebuah perusahaan tidak akan kuat. Sebab perusahaan bertindak secara fiktif belaka. Sang owner mungkin ada, namun struktur kelengkapan tidak ada. Sehingga untuk mampu survive dalam bidang bisnis mungkin sulit.

Perusahaan startup

Sebab yang namanya perusahaan itu jelas harus memiliki kepengurusan. Jadi tidak hanya menjadi perusahaan tertutup yang bahkan hanya diketahui oleh satu orang saja.

Keunggulan struktur pada bisnis sudah Anda ketahui. Sekarang, buatlah struktur organisasi untuk usaha Anda sendiri. Ini adalah beberapa jenis struktur organisasi skala kecil yang bisa Anda pakai.

Tiap struktur memiliki karakteristik dan pembagian tugas yang berbeda. Anda perlu bergerak cepat dan tanggap untuk memilih struktur paling bagus.

Menyusun struktur organisasi susah-susah gampang. Terlebih lagi jika perusahaan Anda adalah rintisan baru yang belum punya gambaran mengenai struktur bisnisnya harus seperti apa.

1. Struktur Fungsional

Ini adalah landasan organisasi yang paling ideal. Kalau Anda memakai hal ini, artinya fokus struktur adalah berdasarkan peran tiap karyawan secara hirarkis.

Struktur mengelompokkan pekerja menuju tujuan bersama. Yakni memasarkan bisnis. Tiap orang bekerja sesuai kelebihannya dan bergerak berdasarkan fungsi tersebut.

2. Struktur Divisional

Oppo struktur organisasi perusahaan kecil dapat berupa sifat desentralisasi. Karyawan terbagi berdasarkan produk atau wilayah, bukan fungsinya.

Ini adalah struktur tepat bagi usaha yang memiliki lini produk berbeda. Selain itu, struktural ini juga tepat untuk membuka cabang di kota lain.

3. Struktur Matriks

Anda bisa menggabungkan karakteristik fungsional dan divisional dalam sebuah matriks. Kemudian, semua bekerja seperti sebuah tim.

Tidak ada pimpinan atau divisi, melainkan tiap tim memiliki seorang pemimpin. Jadi, karyawan yang fokus pada proyek, tetapi tetap berperan dari keseluruhan bisnis.

4. Struktur Datar

Anda bisa membuat organisasi terdesentralisasi dan hampir semua karyawan memiliki wewenang yang sama. Ini adalah pendekatan modern yang sekarang tinggal populer.

5. Struktur Tim

Bekerja dalam tim akan menandakan kebersamaan. Jadi, tiap orang dapat bekerja sama, terlepas tim ya ada. Jadi, keuntungannya dari struktur produktivitas yang transparan.

Baca Juga: 6 Penyebab Konflik Perusahaan dan Cara Mengatasinya

Itulah contoh struktur organisasi perusahaan kecil beserta manfaatnya. Kita inginkan contoh yang bisa kita adopsi dengan mudah.

Oleh karena itu, pahami kegunaannya dan bisa lebih leluasa bergerak. Bisnis apapun bentuknya, akan berjalan dengan lancar. Semua diawali dengan struktural yang terperinci.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment