Beranda Career Memahami Flexible Employee Benefit dan Manfaatnya Bagi Karyawan juga Perusahaan

Memahami Flexible Employee Benefit dan Manfaatnya Bagi Karyawan juga Perusahaan

Mekari Flex UI_Employee

Seperti kita ketahui, setiap perusahaan akan menawarkan paket benefit dan manfaat yang kompetitif kepada para karyawan. Ini dilakukan untuk membantu meningkatkan produktivitas, budaya kerja, serta untuk mempertahankan talenta terbaik di perusahaan tersebut.

Namun, seringkali perusahaan tidak dapat memberikan benefit yang sesuai dengan kebutuhan karyawan karena setiap pegawai memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga tidak semua jenis perusahaan bisa mengaplikasikannya. Perbedaan kebutuhan karyawan tersebut bisa terjadi karena berbagai sebab, misalnya beda generasi, beda gaya hidup, atau karena hal lainnya.

Selain itu, divisi Human Resource (HRD) dalam perusahaan juga kerap mengalami kesulitan dalam menemukan vendor yang pada akhirnya berdampak pada efektivitas waktu dan biaya. Beberapa tantangan yang dihadapi divisi HR dalam melakukan tugasnya, seperti; pencarian vendor, alokasi budget, enrollment hingga rekap penggunaan benefit dilakukan manual.

Lalu, apa opsi yang bisa diambil oleh perusahaan sebagai solusi dari permasalah tersebut? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu flexible benefit.

Penjelasan Konsep Flexible Benefit

Benefit karyawan merupakan kompensasi yang diterima oleh karyawan di luar dari gaji standar yang diterima. Namun flexible benefit dapat diartikan sebagai benefit yang diberikan oleh perusahaan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan tiap karyawan.

Beberapa benefit yang biasanya diterima oleh karyawan adalah asuransi kesehatan, anggaran komunikasi, tunjangan melahirkan, penggantian kacamata, transportasi, dan lainnya.

Beberapa perusahaan yang mulai menerapkan konsep flexible benefit, biasanya masih melakukannya secara tradisional. Perusahaan harus melakukan pencarian dan penentuan vendor, penghitungan alokasi budget, hingga melakukan rekap penggunaan dengan proses manual.

Kelemahan Penerapan Flexible Benefit (Secara Manual)

Pada pelaksanaannya, proses pengaplikasian flexible benefit secara manual menjadi tidak efektif dan efisien bagi HR. Mayoritas pun, hanya perusahaan besar saja yang bisa menerapkan skema benefit ini.

Berikut ini beberapa kekurangan atau kelemahan penerapan flexible benefit secara manual:

  1. Proses yang kompleks dalam pencarian dan pemilihan vendor yang sesuai dengan perusahaan.
  2. Penghitungan alokasi budget benefit sesuai dengan kriteria karyawan yang dilakukan secara manual.
  3. Proses yang rumit membuat kebanyakan perusahaan bekerjasama dengan third party dalam menerapkan skema flexible benefits, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih besar.

Tantangan yang dihadapi HR inilah yang kemudian memperkecil  kemungkinan perusahaan kecil hingga menengah untuk menerapkan skema flexible benefit bagi perusahaannya.

Lalu, apa solusinya?

Menggunakan Platform Digital yang Terintegrasi dengan Human Resources Information System (HRIS)

Saat ini semakin banyak perusahaan yang mengadopsi teknologi dalam  mengelola operasional perusahaan, salah satunya dengan menggunakan Human Resources Information System (HRIS). 

Sekilas mengenai HRIS sendiri merupakan perangkat lunak atau software untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan input, pelacakan, dan rekapitulasi berbagai data serta informasi dalam bidang HR seperti kehadiran karyawan, pengajuan cuti, reimbursement, lembur, hingga payroll.

Untuk memberikan pengalaman mengelola benefit karyawan secara lebih fleksibel dan mudah, Mekari sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan jasa software as a service (SaaS) menghadirkan sebuah platform pengelolaan benefit karyawan yang lebih fleksibel dan terintegrasi dengan HRIS, yaitu Mekari Flex.

Apa Itu Mekari Flex?

Mekari Flex UI_HR

Mekari Flex adalah platform digital yang terintegrasi dengan HRIS untuk mengelola flexible benefit karyawan bagi semua bisnis.

Dengan Mekari Flex, perusahaan kecil hingga besar akan lebih mudah dan praktis dalam mengelola sistem flexible benefit untuk karyawan tanpa proses manual di dalamnya dan tidak memakan biaya yang besar.

Perusahaan juga akan lebih mudah dalam memilih vendor karena Mekari Flex telah bekerjasama dengan beberapa partner untuk berbagai kategori benefit dengan biaya yang terjangkau, seperti; asuransi, kesehatan, transportasi, dan gaya hidup.

HR semua jenis perusahaan dapat mengimplementasikan akan dimudahkan dalam melakukan pekerjaannya karena Mekari Flex menghadirkan dashboard khusus untuk mengatur limit budget benefit sesuai dengan profil karyawan dan kebijakan perusahaan.

Selain itu, HR akan lebih mudah dalam membuat laporan dan rekapan benefit karyawan karena semua diproses secara otomatis di aplikasi Mekari Flex. HR juga dapat memantau penggunaan benefit dan saldonya secara real time di dashboard Mekari Flex.

Penggunaan Mekari Flex tidak hanya untuk HR, tetap juga bagi karyawan untuk memilih benefit sesuai kebutuhan dengan budget yang disediakan perusahaan langsung dari aplikasi.

Beberapa partner yang telah bekerjasama dengan Mekari Flex dan bisa dipilih oleh karyawan untuk memenuhi kebutuhan benefitnya seperti Salvus dan Future Ready untuk Asuransi, Doogether, Good Doctor, Riliv, Triasse, Kulina, YellowFit Kitchen untuk kategori kesehatan. Sementara di kategori gaya hidup, partner yang telah berkolaborasi adalah Houzcall, Sayurbox, dan Cakap. 

Karyawan juga bisa memantau sisa saldo penggunaan benefit melalui aplikasi Mekari Flex dari smartphone, kapanpun dan dimanapun. Jika saldo yang diberikan telah habis, karyawan memiliki opsi mengakses payroll lebih awal untuk membayar benefit yang dipilih. Sehingga pemilihan benefit ini tidak mengganggu cash flow karyawan karena akan otomatis terpotong di payroll berikutnya.

Dengan Mekari Flex, perusahaan bisa memberikan benefits yang sesuai dengan kebutuhan dan HR pun mudah mengaplikasikannya. Hal ini berdampak pada peningkatan kepuasan dan kebahagiaan karyawan yang pada akhirnya berpengaruh pada produktivitas perusahaan.

Penjelasan lebih lengkap tentang Mekari Flex dan keuntungan menggunakannya bisa dilihat di website https://mekari.com/mekari-flex dan juga pada video berikut ini.

Kesimpulan

Hadirnya platform digital yang membantu HR mengelola flexible benefit dan terintegrasi dengan HRIS ini menjadi solusi end-to-end bagi perusahaan kecil hingga menengah. 

Mekari Flex memungkinkan segala jenis perusahaan menghadirkan skema flexible benefit dengan mudah tanpa memerlukan biaya yang besar.

Dengan pemberian benefit yang sesuai kebutuhan, berdampak pada peningkatan retensi karyawan serta produktivitas kerja perusahaan. Hal ini juga memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan bisa menjadi daya tarik bagi talenta terbaik untuk bergabung di perusahaan.

HR pun dimudahkan dengan automasi yang dihadirkan sehingga proses enrollment, pengelolaan hingga rekap penggunaan benefit bisa dilakukan secara efektif dan efisien. HR juga bisa melakukan analisis benefit secara berkala berdasarkan data penggunaan karyawan yang akurat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here