5 Strategi Menumbuhkan Akun Instagram Untuk Bisnis di Tahun 2021

Strategi Menumbuhkan Akun Instagram Untuk Bisnis

Apa yang Anda lakukan selama ini untuk menumbuhkan akun Instagram untuk bisnis? Apakah Anda tahu strategi menumbuhkan akun Instagram untuk bisnis di tahun 2021 ini?

Kalau Anda ingin belajar dari pengalaman orang lain, yuk simak artikel ini agar punya tambahan pengetahuan strategi pemasaran di Instagram.

Semua orang pasti setuju bahwa Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling keren untuk bisnis, khususnya beberapa bulan belakangan ini.

Terlebih lagi selama masa lockdown karena pandemi Covid-19 yang membuat sebagian besar pengguna IG menghabiskan banyak waktu di aplikasi ini.

Bila Anda sedang mencari strategi cara menumbuhkan Instagram yang efektif, kami merangkumkan tips dari Laurence Moss, seorang influencer yang memiliki ratusan ribu follower.

Strategi Menumbuhkan Akun Instagram Untuk Bisnis di 2021

Dikutip dari talkinginfluence.com, berikut adalah tips dasar yang wajib Anda lakukan agar Instagram Anda berkembang dengan pesat:

1. Sering Bersosialisasi

Strategi ini merupakan hal klasik yang sering dibicarakan oleh banyak orang. Ada banyak sekali brand yang percaya kalau mereka hanya cukup membuat satu konten viral.

Namun, ini terdengar tidak realistis bila tanpa melakukan interaksi dengan followers di Instagram.

Menurut Laurence Moss, pondasi utama menaikkan performa akun Instagram adalah dengan terlibat dalam percakapan, atau bisa juga dengan memulainya.

Namanya juga sosial, ya Anda harus bersosialisasi. Instagram ini sifatnya timbal balik, jadi ketika Anda ingin melakukan interaksi dengan akun lain, Anda akan mendapatkan hal yang sama.

Anda bisa mulai dengan berkomentar atau berinteraksi dengan target audience sesuai hashtag.

2. Menaikkan Engagement Melalui Caption

Menurut Laurence Moss, caption yang terlalu panjang dan membosankan tidak akan memaksimalkan performa akun IG.

Kebanyakan pngguna sosial media ini suka scrolling untuk mencari konten yang menarik, bukan untuk membaca caption panjang yang mungkin tidak penting untuk dirinya.

Jadi pastikan kalau nulis caption, tulis yang relevan, menarik, bermanfaat, dan ringkas.

Laurence Moss juga berpendapat bahwa terkadang caption yang paling efektif adalah yang pendek. Anda juga bisa melemparkan pertanyaan pada audiens karena ini bisa membantu meningkatkan engagement.

Instagram akan menganggap kalau akun Anda memiliki performa yang baik sehingga akan meningkatkan lebih banyak orang mengunjungi profil Instagram Anda.

3. Hindari Trick Berbau Gimik

Gimik adalah istilah umum yang merujuk kepada pemanfaatan kemasan, tampilan, alat tiruan, serangkaian adegan untuk mengelabuhi, memberikan kejutan, menciptakan suatu suasana, atau meyakinkan orang lain.

Gimik di sini contohnya Anda memiliki sejumlah grup akun yang Anda gunakan untuk saling bertukar komentar dan like postingan supaya bisa viral.

Nah, kalau dulu mungkin cara ini manjur, tapi sekarang Instagram sudah lebih cerdas. Mereka punya mesin yang lebih canggih yang mampu menentukan mana akun yang mendapatkan engagement alami dan mana yang tidak.

Instagram punya parameter seperti jumlah postingan yang di-save, share, kualitas interaksi, dan juga waktu yang dihabiskan followers pada postingan dan halaman IG Anda.

3. Gunakan Jasa Nano Influencer

Salah satu rahasia kesuksesan banyak brand terkenal adalah bekerjasa dengan nano influencer.

Sama seperti yang pernah dibahas sebelumnya, menurut Laurence Moss, nano influencer ini memiliki komunitas dengan engagement yang cukup tinggi.

Meminta para nano influencer membagikan Insta Story Anda setelah Anda membuat postingan akan meningkatkan daya tarik bagi banyak pengguna Instagram lainnya.

Ini juga akan memicu naiknya potensi kemunculan postingan Anda di dalam top hashtag dan halaman explore.

Baca juga: Teknik SEO di Instagram untuk Meningkatakan Peringkat di Pencarian

4. Jangan Ragu Memasang Iklan

Salah satu cara terbaik untuk menaikkan performa akun IG Anda adalah dengan memasang iklan di Instagram.

Strategi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat Instagram story advert dengan link swipe-up halaman Instagram brand Anda.

Kunjungan profil Instagram ini tidak akan mempengaruhi jangkauan Anda karena Instagram akan menganggapnya berasal dari sumber eksternal.

Tidak seperti ketika Anda melakukan boost atau mengiklankan postingan yang mana nantinya akan terjadi penurunan jangkauan organik karena Instagram ingin Anda tergantung pada iklan.

5. Giveaway

Banyak orang yang suka dengan gratisan. Cara klasik ini masih efektif agar orang lain lebih mengenal brand Anda lebih cepat.

Anda bisa meminta follower Anda untuk tag teman mereka di sesi komen postingan giveaway serta memfollow halaman brand. Hal ini akan meningkatkan awareness.

Syukur-syukur bisa di-share oleh para audiens sehingga brand Anda jadi viral.

Anda bisa juga melibatkan influencer atau memakai iklan. Kemungkinan peluang terjadinya penjualan bisa lebih besar, terlebih lagi bila konsumen suka produk Anda.

Pastinya, mereka tidak sabar menunggu sesi giveaway ini.

Baca juga: Cara Cek Followers Instagram Asli atau Palsu

Beradaptasi Dengn Perubahan Instagram

Perlu diingat bahwa Instagram mengubah algoritmanya secara berkala. Jadi, Anda harus mengikuti perubahan yang terjadi dan menyesuaikan strategi pemasaran di Instagram.

Sebagai pemilik brand atau seseorang yang berkecimpung di dunia pemasaran, sudah menjadi tugas Anda untuk selalu mengikuti perkembangan serta melakukan berbagai tes sampai menemukan strategi paling pas.

Setiap brand tentu memiliki strategi yang berbeda. Jadi jangan pernah bosan untuk terus mencoba hingga menemukan cara terbaik untuk menumbuhkan akun Instagram bisnis Anda.

Nanik Tri Widiyawati

Tinggalkan Balasan