Serunya Mengajak Anak SD Belajar Lewat Aplikasi Android Ini

Serunya Mengajak Anak SD Belajar Lewat Aplikasi Android Ini

Belajar-Lewat-Aplikasi-Android

Zaman dahulu, mendidik dan membimbing anak-anak mungkin dilakukan secara manual. Menatap sang anak duduk diam di depan kita sambil memberinya pengetahuan mengenai hal-hal baru yang belum ia ketahui. Tapi sekarang seiring dengan berkembangan informasi dan perangkat teknologi, anak-anak justru cenderung bebas untuk mengakses beragam informasi dari #gadget yang sering mereka gunakan setiap hari.

Kita tentu tak bisa lagi berpatokan pada sistem pengajaran manual seperti apa yang dilakukan oleh para orang tua kita pada 1 hingga 2 dekade yang lalu. Namun kita juga bisa memanfaatkan kecanggihan gadget dan teknologi tersebut untuk memberikan konsep edukasi secara modern melalui berbagai aplikasi mobile. Beberapa diataranya yakni seperti yang ditawarkan oleh OS #Android, kini banyak aplikasi Android yang dapat memfasilitasi kita untuk mendapatkan beragam aplikasi edukasi khusus untuk anak. Berikut ini adalah ulasan mengenai ragam aplikasi tersebut:

Artikel lain: Jangan Berlebihan Menggunakan Smartphone

1. Anak Cerdas

Aplikasi besutan Acer Indonesia ini terdiri dari beragam subyek pelajaran matematika, sains, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dari tingkat kelas 1 hingga kelas 6 SD. Kita tinggal mengaktifkan fitur “izin unduh” untuk mengaktifkan mode parental control pada aplikasi yang satu ini.

Mode parental control akan membatasi sang anak agar tidak mengakses website atau aplikasi lain yang tidak sesuai dengan umurnya. Setiap kegiatan penggunaan gadget yang dilakukan anak-anak bisa kita pantau secara langsung dan kita pun bisa memperoleh laporan bulanan mengenai durasi dan aktivitas apa saja yang dilakukan si kecil dengan gadget kesayangannya.

2. Cerdas Matematika (Download )

Anak-anak sering merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Namun anggapan ini bisa mulai dihilangkan dengan menggunakan aplikasi Cerdas Matematika. Aplikasi yang satu ini mirip dengan konsep kuis berhitung untuk anak-anak sehingga anak-anak lebih memahami konsep penjumlahan, perkalian dan pengurangan. Aplikasi edukatif yang dibuat oleh developer bernama SiswaMedia ini memberikan 2 pilihan cara menjawab, yakni dengan mengetikkan jawaban secara langsung atau memilih jawaban berupa pilihan ganda.

3. Belajar Matematika SD (Download )

Konsep aplikasi yang satu ini cukup seru. Aplikasi Android gratis ini menyediakan materi pembelajaran matematika untuk siswa kelas 4,5 dan 6 SD yang dilengkapi dengan video tutorial matematika yang sangat menarik. Aplikasi Belajar Matematika SD menyediakan banyak materi untuk jenjang matematika SD seperti materi belajar bangun ruang, bilangan pecahan, rumus cepat matematika dan materi berhitung lainnya.

4. Permainan Matematika (Download )

Hampir mirip dengan aplikasi Cerdas Matematika, aplikasi Permainan Matematika Anak-anak ini mengusung konsep kuis yang membuat anak-anak menjadi lebih mahir berhitung. Melalui konsep kuis yang dibagi ke dalam beberapa level permainan, anak akan diajak untuk belajar mengenal konsep penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian secara mudah dan menyenangkan. Jadi, selain dapat membimbing anak dengan metode pengajaran yang manual, aplikasi berformat kuis ini akan membuat anak-anak merasa senang ketika bermain sambil belajar.

5. Try Out UAN SD (Download )

Aplikasi Android yang satu ini sangat penting untuk anak-anak yang akan menghadapi Ujian kelulusan tingkat SD. Tim developer Gadgetium Education memang sengaja membuat aplikasi Android yang menarik agar anak-anak dapat menggunakan gadget nya untuk belajar. Pada aplikasi Try Out UAN SD ini, ada 3 subyek pelajaran yang disediakan yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Pada masing-masing subyek disediakan beberapa level dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Anak-anak dapat mencoba mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu sambil terus meningkatkan kemampuan sebelum mengerjakan soal yang lebih sulit. Setelah selesai mengerjakan soal, anak-anak dapat mengakses fitur hall of fame untuk mengetahui score yang diperoleh dan membandingkannya dengan score yang diperoleh oleh pengguna lain. Tak hanya di hall of fame, score yang anak-anak peroleh juga akan dicatat dalam bentuk statistik untuk mengetahui perkembangan kualitas belajar anak.

Baca juga: 5 Produsen Smartphone Lokal yg Siap Bersaing dengan Apple dan Samsung

Cukup mudah kan mengarahkan anak-anak belajar sesuai dengan perkembangan teknologi di masa kini? Dengan bimbingan dan arahan yang intensif, kita tak perlu takut anak-anak akan menyalahgunakan gadget kesayangan mereka. Ajaklah mereka untuk lebih aktif menggunakan aplikasi yang bersifat edukatif. Jadi mereka akan terbiasa untuk belajar secara mandiri melalui gadget yang mereka miliki.

6 KOMENTAR

  1. keren nih mas. izin download nih. cocok buat anak-anak. game yang disamping menghibur ternyata juga mendidik.

  2. Peggy Putri Bastian

    kak mohon izin, artikelnya saya copy paste untuk keperluan pemenuhan tugas saya di pegehhh.blogspot.com . terimakasih sebelumnya

  3. Sebelum mereka dihadapkan pada berbagai macam mata pelajaran / keahlian. Ada baiknya jika dipetakan dulu dan diketahui bakat atau potensinya. Dan itu bisa dilakukan dengan Tes Potensi Sidik Jari.

  4. fuad iklan gratis

    hebat yah jaman sekarang,soo pasti anak2 sekarang cepat pintar,mainanya udah android,jaman kita yang kelahiranya 70 an,yang ada juga mainan yg di buat dari daun pelepah pisang,heh makanya anak sekarang begituh diajarin gadget langsung ngerti,dan bisa langsung main,seperti game yang berat-berat.

Tinggalkan Balasan