5 Produsen Smartphone Lokal yg Siap Bersaing dengan Apple dan Samsung

Produsen-Smartphone-Lokal

Daya beli masyarakat Indonesia yang kian meningkat juga mempengaruhi peningkatan omset penjualan #smartphone. Hal ini tak mengherankan karena smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern kelas menengah ke atas. Berdasarkan data yang dirilis GFK Asia, tercatat bahwa 7.3 unit smartphone terjual di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2014.

Beberapa merek smartphone seperti Samsung dan #Apple tentu memiliki popularitas yang tak diragukan lagi di Indonesia. Namun dibalik kesuksesan tersebut, ada pula 5 vendor lokal yang siap bersaing dengan Apple dan Samsung di jagad smartphone.

Siapa saja produsen smartphone lokal yang kompeten dan siap bersaing dengan merek-merek populer dunia?

Artikel lain: Inilah Kecanggihan Teknologi yang Disediakan oleh iOS 8

1. Smartphone Smartfren

Pada awalnya, Smartfren adalah salah satu provider penyedia jasa telekomunikasi berformat CDMA di Indonesia. Karena peluang pasar akan kebutuhan smartphone di kelas menengah ke bawah, maka Smartfren mulai berinovasi dengan berbagai produk smartphone low-end. Saat pertama mulai terjun ke bidang smartphone, Smartfren menawarkan paket promosi berupa bundling layanan data dengan smartphone produksi Huawei dan Apple.




Setelah strategi yang diterapkan Smartfren mulai membuahkan hasil, Smartfren pun mulai bekerjasama dengan sejumlah pabrik-pabrik di kawasan China untuk memproduksi sendiri brand smartphone yang diberi nama Andromax. Paket bundling smartphone Andromax dengan layanan data dan kartu perdana ternyata sangat diminati oleh masyarakat Indonesia yang menggemari smartphone kelas menengah ke bawah.

2. Smartphone Evercoss

Tampilan smartphone-nya yang selalu berkesan mewah juga dapat dibarengi dengan harga yang terjangkau dan fitur yang mumpuni. Inilah salah satu ciri khas Evercoss. Brand yang sempat populer dengan nama Cross ini sengaja melakukan pemasaran dan pendistribusian ke sejumlah kota-kota kecil di Indonesia.

Selain memastikan produknya senantiasa dalam keadaan baik, Evercoss juga melengkapi pelayanan after sales service dengan 18 service center dan 57 authorized service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak cukup puas dengan penjualan smartphone kelas low-end, kini Evercoss juga mulai merambah ke bidang tablet ber-OS Android.

3. Smartphone Mito Mobile

Menurut data yang dipaparkan oleh International Data Corporation (IDC), Mito Mobile berada pada posisi 3 teratas produsen smartphone lokal di Indonesia. Selain populer di tanah air, brand smartphone lokal yang diluncurkan sejak tahun 2006 ini juga rajin mengikuti ajang internasional, salah satunya ajang World Mobile Conference (WMC) di Barcelona.

Mito hadir bukan untuk sekedar menyediakan smartphone berkualitas dengan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia, namun Mito juga bekerjasama dengan bank BCA untuk menghadirkan paket pembayaran smartphone dengan cicilan 0%. Kini Mito juga mulai menjalin kerjasama dengan pihak bank dan lembaga leasing lainnya seperti bank Mandiri, Adira Kredit, FIF Spektra dan Kredit Plus.




Artikel lain: 5 Smartphone Dengan Fitur Kamera Berkualitas Tinggi

4. Smartphone Axioo

Axioo merupakan salah satu brand lokal yang dikenal dengan produk laptop serta hardware komputer. Namun sejak permintaan akan produksmartphone terus melonjak drastis, Axioo mulai mencoba berinovasi dengan menghadirkan beragam perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Tak seperti produsen smartphone lokal lainnya yang melakukan proses produksi dan assembling smartphone di China, Axioo telah memberanikan diri untuk membuka pabrik smartphone di kawasan Sunter dan Cakung. Dengan kedua pabrik tersebut, Axioo mampu menghasilkan 750 ribu unit smartphone berlogo “Made in Indonesia” setiap tahun. Tentu bangga sekali kan dengan produk asli Indonesia.

5. Smartphone Polytron

Polytron merupakan salah satu produsen smartphone lokal yang berupaya untuk menahan laju impor smartphone ke Indonesia. Pabrik Polytron di tanah air telah beroperasi sejak tahun 2013 mulai mampu meraih hati para pengguna smartphone di Indonesia.

Smartphone Polytron harganya mahal?

Tunggu dulu. Mari kita cermati harga yang ditawarkan brand Polytron dengan spesifikasi smartphone yang ditawarkan. Spesifikasi smartphone Polytron kelas menengah ke atas tentu tak akan mengecewakan dan hargany pun terasa worthed.

Baca juga: Jangan Berlebihan Menggunakan Smartphone

So, kita tak perlu ragu lagi untuk memakai produk asli Indonesia. Karena dengan menggunakan produk Indonesia, kita telah memberi kesempatan bagi para produsen lokal untuk senantiasa berkarya dan mengembangkan inovasi tiada henti. Yuk gunakan smartphone produksi lokal yang berkualitas!




1 comment on this postSubmit yours
  1. 7.3 Juta unit maksudnya atau berapa mas?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud