Jangan Berlebihan Menggunakan Smartphone

Jangan-Berlebihan-Menggunakan-Smartphone-1

Apakah saat ini kamu sudah berubah menjadi orang yang membosankan bagi orang lain? Saat ini banyak orang yang lebih menyukai bermain gadget ketika sedang berkumpul dengan rekan-rekan. Padahal saat berkumpul dengan rekan-rekan adalah momen yang tepat untuk bersantai, berbagi pengalaman, berbagi cerita atau melakukan kegiatan berguna lainnya.

Sepertinya lebih banyak kerugian dibandingkan keuntungan ketika kamu sudah sangat ‘super’ sibuk dengan #Smartphone. Dampak buruknya bisa menyerang kesehatan, kehidupan bersosial, atau bahkan kejiwaan lho. Berdasarkan survei yang diambil dari sebuah situs, masyarakat Indonesia saat ini rata-rata menggunakan smartphone kurang lebih selama 190 menit per hari. Seharusnya ada saat dimana kita tidak perlu atau bahkan tidak perlu menggunakan smartphone. Kapan saja itu? simak ulasannya dibawah ini.

Saat yang Tidak Tepat Untuk Menggunakan Smartphone

1. Saat sedang bekerja

Sebagai seorang karyawan, pegawai atau pemilik usaha sendiri, pastikan bunyi smartphone tidak mengganggu kegiatan mu, kecuali itu adalah hal yang sangat penting dan mendesak. Akan lebih banyak keuntungan jika kita bisa lebih berkonsentrasi pada pekerjaan ketimbang konsentrasi terpecah pada dua hal, yaitu pada pekerjaan dan smartphone.

Lain halnya jika kamu adalah seorang pebisnis online yang memang menggantungkan penghasilan melalui perangkat smartphone. Memainkan smartphone akan lebih bijak ketika ada waktu senggang atau saat istirahat bekerja.

Artikel lain: Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

2. Saat sedang makan

Makan sambil bermain gadget, ini adalah kebiasaan yang sangat buruk. Meskipun sampai saat ini tidak ada penelitian makan sambil bermain smartphone dapat merusak kesehatan, tetapi setidaknya makan tanpa bermain gadget akan membuat kamu lebih berkonsentrasi dan menikmati makanan. Apalagi saat sedang makan bersama pasangan atau keluarga, lebih baik hindari dulu bermain gadget.




3. Saat sedang mengobrol dengan seseorang

Kamu pasti merasa jengkel ketika sedang bincang-bincang serius, teman bicara malah sibuk sendiri dengan ponselnya. Nah, sepertinya kamu memang harus menyingkirkan jauh-jauh smartphone saat sedang mengobrol dengan seseorang. Apalagi jika yang menjadi partner ngobrol adalah rekan bisnis, atau konsumen yang hendak membeli produk kamu. Selain itu sebaiknya jangan asik sendiri bermain smartphone saat sedang berkumpul dengan teman-teman karena itu adalah momen yang bagus untuk berbagi cerita atau melakukan kegiatan berguna.

4. Sedang berkumpul dengan keluarga

Gadget bisa saja merusak suasana atau bahkan merusak hubungan dengan keluarga. Apakah kamu sudah mulai jarang berkumpul dengan keluarga karena lebih sibuk bermain ponsel? Saat ini mulailah buang jauh kebiasaan tersebut. Menyedihkan jika masing-masing anggota keluarga lebih sibuk sendiri sehingga jarang ada interaksi antara orang tua dan anak, atau bersama saudara. Jika ada anggota keluarga yang sedang sibuk sendiri dengan smartphone-nya saat berkumpul, kamu bisa katakan “No gadget please”.

Artikel lain: Mike Lazaridis ~ Sang Jenius Penemu OS BlackBerry

5. Sedang berkendara

Tidak ada yang lebih membahayakan dari pada bermain smartphone sambil berkendara. Bahkan resikonya hampir sama seperti saat seseorang yang sedang mengantuk saat berkendara. Jika ada yang mendesak dan sangat penting, kamu bisa menghentikan kendaraan. Pernah lihat pengendara motor mengendarai sepeda motor sambil menggunakan ponsel? Jangan ditiru ya, sangat berbahaya.

6. Saat sedang beribadah

Kamu pasti pernah melihat tulisan peringatan untuk mematikan ponsel di tempat-tempat beribadah. Tapi kenapa ya masih ada saja yang melanggar peringatan tersebut? Beribadah tanpa smartphone akan membuat kamu lebih khusyuk dan lebih berkonsentrasi. Bermain smartphone dan tanpa melakukan silent hanya akan mengganggu orang disekitar.




7. Saat akan tidur

Tidur merupakan keadaan istirahat alami, dan ketika sedang tidur fungsi saraf motorik serta saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat ternyata akan diblokade. Bagaimana jika saat tidur kamu terganggu dengan bunyi ponsel yang diletakkan di dekat kepala? Kamu bisa kurang tidur dan resikonya akan lebih besar pada kesehatan, misalnya mengalami insomnia, pertumbuhan terganggu, mudah lupa, resiko obesitas, resiko penyakit jantung dan lain-lain.

Baca juga: Game Android Ini Memotivasi Kita untuk Berjuang Mencapai Tujuan

Saat yang Tepat Menggunakan Smartphone

Kamu boleh saja menggunakan ponsel saat sedang istirahat bekerja atau istirahat di sekolah. Yang pasti saat waktu mu sedang luang, tidak melakukan kegiatan, tidak sedang berbincang dengan seseorang, dan saat sedang tidak berkendara.

Penggunaan smartphone tidak hanya untuk chating dan bermain game saja, manfaatkanlah juga untuk berbisnis. Itu adalah cara yang tepat untuk memanfaatkan teknologi. Kamu bisa menggeluti bisnis jual beli online, MLM online, menjadi dropshiper, mengelola website dan lain sebagainya.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud