Sering Menghadapi Kegagalan Saat Melamar Pekerjaan ? Inilah 4 Hal Penting Untuk Hadapi Penolakan Kerja

kegagalan melamar kerja

Image dari Parade.com

Ketika Anda masih berada pada tahap awal kehidupan yaitu ketika masih di dunia pendidikan mungkin Anda tidak perlu memikirkan segala hal yang menyangkut dengan pekerjaan. Karena pada masa itu Anda hanya dituntut untuk belajar dengan baik untuk membentuk jati diri Anda yang sesungguhnya. Tetapi saat Anda menyelesaikan tahap tersebut Anda baru saja keluar untuk menjalani kehidupan yang sesungguhnya.

Pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Karena tanpa mempunyai pekerjaan jangan berharap segala sesuatu yang telah di cita-citakan sebelumnya akan terwujud begitu saja. Dengan bekerja pula seseorang bisa memenuhi segala kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Apabila masih sendiri Anda mungkin tidak perlu repot memikirkan kebutuhan yang lainnya, akan tetapi kondisi ini akan terbalik jika Anda sudah berkeluarga dan mempunyai anak, sehingga tanggungan Anda bertambah dan berkewajiban untuk merawat dan memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan.

Artikel lain:Situs Lowongan Kerja Terbaru dan Terpercaya di Indonesia

Salah satu hal berat ketika Anda melamar sebuah pekerjaan di suatu perusahaan yaitu ketika Anda mengalami penolakan dari perusahaan tersebut. Walaupun memang dengan hal seperti itu bisa dijadikan pengalaman berharga bagi Anda dan jadikan pemecut supaya terus bersemangat untuk terus mencari pekerjaan. Bahkan hal tersebut akan lebih sering terjadi dari apa yang Anda pikirkan.




Lantas, apa yang semestinya dilakukan ketika proses pencarian kerja seperti tidak menemui jalan keluarnya malah mungkin tidak berujung dan seketika rasa percaya diri  yang Anda milikipun mulai memudar. Dibawah ini akan dibahas 4 hal penting ketika Anda mengalami sebuah penolakan dalam mencari pekerjaan. Simak penjelasannya berikut ini :

1. Upayakan Untuk Selalu Ikhlas

Anda harus bisa menerima dengan ikhlas bahwa sebuah penolakan merupakan suatu hal yang sangatlah normal dan akan terus terjadi ketika proses pencarian sebuah pekerjaan belum menemui titik terangnya. Daripada Anda menyerah terhadap keadaan yang telah terjadi lebih baik Anda mengambil sebuah pelajaran dari pengalaman yang saat ini tengah dialami.

Mungkin dengan adanya sebuah penolakan tersebut menyadarkan bahwa diri Anda masih banyak kekurangannya. Sehingga Anda bisa instropeksi diri dan memperbaiki segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Dan mungkin saja bisa membuat Anda jauh lebih kuat dari sebelumnya dengan kejadian seperti itu.

2. Jangan Berkecil Hati

Mungkin penolakan yang sering di alami tidak mencerminkan diri Anda yang sesungguhnya. Tetapi sebaiknya Anda tidak perlu menyalahkan diri Anda sepenuhnya karena seorang pelamar kerja terbaik pun yang memiliki segalanya pasti pernah mengalami hal yang tidak mengenakan yaitu mendapat sebuah penolakan ketika melakukan proses pencarian kerja, bahkan itu dikarenakan oleh alasan yang tidak masuk akal.

Jika Anda sudah melakukan segalanya dengan sebaik mungkin jangan merasa malu atau putus asa dengan penolakan yang diterima. Mungkin faktor keberuntungan sajalah yang belum berpihak kepada diri Anda ketika melakukan proses pencarian kerja.




3. Bersikap Realistis

Anda dituntut untuk menjadi orang yang realistis dan bisa menerima segala hal yang tidak terduga dan tidak terencanakan sebelumnya. Dan jangan beranggapan bahwa proses mencari pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat mudah.

Perlu Anda ketahui dan dijadikan perhatian rata-rata proses pencarian kerja dapat memakan waktu sekitar 4 bulan sampai 1 tahun pada umumnya. Jika pada rentang waktu tersebut Anda masih melakukan proses pencarian kerja maka janganlah berputus asa mungkin saja belum ada rezekinya.

Baca juga:

4. Jadikan Pemacu Semangat

Ingat semangat yang Anda miliki janganlah sampai memudar malah harus sebaliknya harus semakin berkobar dan terus berusaha dan berusaha. Karena dengan usaha yang besar hasil yang didapatkan pun tidak akan mengecewakan. Cukup besar kemungkinan seseorang menyerah pada keadaan tersebut dan tidak mau berusaha lagi setelah mengalami penolakan besar terhadap proses pencarian kerjanya.

Dan yang terakhir, Anda harus tetap mengucapkan terimakasih dan bersyukur dengan apapun yang telah terjadi. Sebesar apapun kesedihan dan kegagalan yang dirasakan mungkin dibalik itu semua terdapat kesuksesan besar yang telah menunggu Anda. Mungkin kesempatan lain akan datang di kemudian hari.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. saya sudah nyerah,,capek cari kerja,,dan syukurlah saya sekarang sudah buka usaha sendiri,,hehe

  2. bisa buat pegangan ane klo suatu saat mau melamar kerja
    mksih gan

  3. Betul itu, mungkin belum ada rezekinya intinya tetaplah jadi diri anda sendiri…

  4. mungkin emang belum saatnya dapat pekerjaan tersebut, 2 kali saya mengalami penolakan,, tapi ngak masalah sih..

  5. Saya sering melakukan hal ke 4 gan, jadikan sebagai pemicu semangat walaupun ditolak hehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud