Renungan Pengangguran, Tingkatkan Kualitas Diri Meski Belum Mendapat Pekerjaan

Image dari wpri.com

Image dari wpri.com

Keadaan dimana tiba-tiba tidak bekerja, ketika kita disibukkan oleh pekerjaan sebelumnya, mungkin menjadi semacam kebebasan yang tidak pernah kita inginkan. Rasa terlepas dan terbebas dari rutinitas pekerjaan memang sangat melegakan. Namun perasaan itu tidak akan bisa bertahan lama.

Keadaan menganggur tanpa pekerjaan jika terus berkelanjutan akan menyiksa Anda juga. Banyaknya tagihan yang harus Anda penuhi, sedangkan Anda tidak mempunyai pemasukan yang pasti akan membuat kehidupan Anda tidak nyaman tentunya.

Keadaan menganggur alias pengangguran sebenarnya menjadi ujian yang sangat sempurna pada mental dan kreatifitas Anda. Biasanya orang dengan keadaan kepepet akan menemukan berbagai ide bisnis yang kemudian justru bisa menjadi sebagai peluang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Jika Anda sekarang dalam kondisi menganggur tanpa pekerjaan dan tanpa pemasukan sepeser pun, simak beberapa tips di bawah ini untuk me-manage kembali keadaan dengan baik dan kemudian mengumpulkan tenaga untuk bangkit lagi.

1. Tenangkan Pikiran Dahulu

Jika Anda masih berstatus pengangguran dan keadaan itu mulai mengganggu pikiran Anda, sebaiknya tenangkan dulu pikiran Anda. Jangan memaksakan diri mengambil keputusan ketika dalam kondisi panik. Karena itu akan jauh dari kata maksimal karena biasanya dalam kondisi panik, orang akan susah berpikir jernih dan bijaksana.




So, tenangkan pikiran saja dulu, seperti berkegiatan dengan aktifitas yang tidak bisa Anda lakukan ketika masih aktif bekerja. Bisa berkebun, menanam bunga, berternak atau kegiatan lainnya yang ringan-ringan saja.

Artikel lain: Produktifitas Kerja Menurun? Coba Terapkan Tips Berikut Ini

2. Ikhlaskan Apa yang Terjadi

Jika Anda merasa sulit untuk menenangkan diri dengan berbagai aktifitas ringan, satu resep yang mujarab adalah dengan menerima dengan ikhlas apa yang telah terjadi. Yakinkan dulu pada diri Anda bahwa semuanya sudah terjadi dan tidak mungkin untuk kembali. Relakan semuanya, mungkin sedikit sulit untuk melakukan hal ini.

Namun sebaiknya jangan hadapi keadaan ini sendirian, cobalah sharing dengan orang terdekat Anda. Meskipun belum tentu akan mendapatkan solusi, setidaknya Anda akan sedikit merasa lega karena sudah mengeluarkan uneg-uneg pada mereka.

3. Mulai Tata Prioritas Anda Kembali

Percaya atau tidak, menjadi pengangguran adalah keadaan di mana uang akan cepat habis. Jelas saja, karena Anda tidak memiliki sumber dana yang bisa Anda jadikan pemasukan sehari-hari. Untuk itulah di sini diperlukan penataan prioritas utama dalam menghadapi hidup Anda ke depan.




Kebiasaan nongkrong, ngopi atau kebiasaan yang tidak produktif dan justru konsumtif sebaiknya hindari sejauh mungkin. Prioritaskan yang urgent untuk kebutuhan hidup Anda. Dahulukan tagihan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Tagihan listrik, air telepon dan sebagainya harus Anda prioritaskan dari pada melakukan hal yang tidak perlu.

4. Menjadi Pengangguran Justru Sebuah Awal

Ini sebenarnya yang bisa menjadi kunci bangkit untuk keadaan Anda saat ini. Jangan menyerah, apapun keadaan Anda saat ini, tetap optimis dalam memandang segala rintangan. Jadikan keterpurukan #karir Anda sebagai media pmbelajaran dalam hidup Anda.

Jika Anda masih berminat menjadi karyawan, ya tetap ajukan lamaran pekerjaan di manapun ada kesempatan. Jika Anda ingin berwirausaha, segeralah berbenah dan mulai mencari dan mencoba berbagai macam ide usaha yang bisa menguntungkan untuk menopang ekonomi Anda. Intinya, jadikan masa “rehat” ini sebagai awal menata kehidupan yang lebih baik.

Baca juga: Ingin Menjalani Pekerjaan Tanpa Beban? Coba Terapkan 5 Prinsip Ini

5. Jangan Lupakan Diri Anda

Meskipun mungkin Anda dalam keadaan yang stress tingkat tinggi, namun jangan sampai melupakan diri Anda sendiri. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan kehidupan yang sangat berharga ini. Perhatikan kesehatan fisik Anda, jangan justru merusaknya.

Kenapa demikian, karena stress sangat memungkinkan seseorang berbuat sesuatu untuk menyakiti diri sendiri karena depresi. Selain fisik, kesehatan jiwa juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Dekatkan diri pada Tuhan, curahkan semua kebimbangan dan kebingungan Anda. Tidak usah risau atau pun bingung, yakin saja bahwa Tuhan akan menjawab semua permasalahan dari hambaNya.

Nah kawan, keadaan menganggur bukanlah akhir segalanya, cerdaslah mengelola keadaan tersebut. Jadikan keadaan menganggur sebagai motivasi dalam diri teman-teman untuk bisa melangkah lebih maju. Ibaratkan saja Anda tengah mundur sejengkal untuk mengambil ancang ancang untuk melakukan langkah besar ke depan. Be Inspired!




1 comment on this postSubmit yours
  1. Artikel ini sangat cocok dan relevan sesuai dengan kondisi saat ini. Dimana stabilitas ekonomi Indonesia sedang goyang, rupiah melemah, sehingga banyak perusahaan yang bangkrut dan banyak karyawan yang di PHK.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud