Sering Mendapatkan Kritik Pedas di Kantor, Coba Hadapi Dengan Tips Ini

Sering Mendapatkan Kritik Pedas di Kantor, Coba Hadapi Dengan Tips Ini

Image dari Hongkiat.com
Image dari Hongkiat.com

Kritik memang sangat diperlukan untuk membangun dan meningkatkan kemajuan kinerja pada diri kita. Namun akan membuat kita tidak nyaman jika kritik tersebut diberikan kepada Anda dengan kadar yang tidak proporsional dan menjurus menghina. Baik kritik yang disampaikan oleh atasan maupun oleh rekan kerja yang lain seharusnya sesuai dengan takaran yang tepat dan tidak boleh berlebihan.

Kritik pedas sebenarnya tidak efektif dan justru berpotensi menimbulkan konflik. Namun jika Anda sebagai karyawan dan sering mendapatkan kritik pedas, Anda tidak perlu juga terpancing emosi. Ada beberapa cara dan tips sendiri dalam menghadapi kritik pedas seperti ini. Perhatikan beberapa tips menghadapi kritik pedas di kantor di bawah ini.

1. Jangan Terbawa Emosi, Dengarkan Saja Dulu

Ketika Anda sedang dikritik entah tentang pekerjaan ataupun yang lainnya, padahal Anda merasa semuanya tidak ada yang salah, sebaiknya jangan mudah terbawa emosi. Dengarkan saja dulu sampai mereka selesai mengkritik Anda. Bagian mana yang mereka kritik, simak dan jangan dilupakan. Apakah pada bagian itu Anda benar-benar keliru, atau mereka yang mengkritisi Anda tidak mengerti atau tidak tahu tentang hal itu.

Maka ketika mereka selesai mengkritik Anda, giliran Anda untuk menerangkan kepada mereka. Jelaskan dengan sejelas-jelasnya tentang sesuatu yang Anda dikritik tentang itu. Jelaskan dengan sabar agar mereka juga bisa mengerti dan menerima dengan baik penjelasan Anda.

Artikel lain: Anda Merasa Sangat Lelah Bekerja Di Kantor? Mungkin Ini Penyebabnya

2. Jangan Anggap Kritik Pedas Terlalu Personal

Kadang yang sering membuat kita sakit hati saat mendapatkan kritik adalah sikap yang terlalu personal dalam menanggapi kritik. Ini tidak boleh terjadi, apalagi jika Anda dikritik saat dalam lingkungan kerja. Kritik itu, bagaimanapun cara menyampaikannya, anggaplah sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dalam bekerja.

Misal ada kritik yang Anda anggap tidak sesuai dengan apa yang Anda lakukan, dengarkan saja dan ambil sisi positifnya. Jangan terlalu menganggap kritik sebagai ungkapan ketidaksukaan secara personal, meski barangkali itu sering terjadi. Kritik pada dasaranya hanya terkait dengan kinerja Anda dalam suatu pekerjaan, atau sikap Anda dalam melakukan pekerjaan.

3. Minta Penjelasan Dengan Sopan Jika Atasan yang Mengkritik

Jika yang mengkritik kinerja Anda adalah atasan, Anda sebaiknya meminta penjelasan dengan sopan kepadanya. Maksudnya adalah mintalah keterangan sejelas-jelasnya kepada atasan, pada bagian mana Anda dinilai bekerja tidak maksimal. Dengan mengetahui secara gamblang, maka akan memudahkan Anda dalam memperbaiki kinerja diri ke depannya.

Tidak usah takut ataupun sungkan, lebih baik bertanya daripada Anda bingung dengan apa yang harus Anda lakukan. Bertanya pada atasan tentang sesuatu yang belum jelas bukanlah sesuatu yang tabu. Atau juga lebih baik jika Anda meminta petunjuk bagaimana atas pekerjaan yang Anda lakukan.

4. Evaluasi Diri Sendiri Baik Juga Dilakukan

Kadang memang kritik itu sering kali menyakitkan, ditambah kritik yang jauh dari kenyataan dan lebih kepada menyerang secara personal, pasti akan lebih terasa menyebalkan. Namun demikian hal itu ke depan pasti akan sering terjadi, tak usah terlalu takut menghadapi yang demikian.

Terus saja mengevaluasi diri, ada atau tidak ada kritikan, melakukan evaluasi diri akan selalu bagus untuk dilakukan. Evaluasi diri jika dilakukan secara berkala, pasti akan menambah kemampuan Anda dalam berbagai bidang, dan itu Anda sendiri yang akan mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Inilah 5 Tanda Bahwa Anda Bekerja di Perusahaan yang Tepat

5. Jangan Sampai Anda Menyalahkan Orang Lain

Hal ini jangan sampai terjadi pada diri Anda, bagaimanapun pedas nya kritik yang Anda dapatkan, jangan sampai Anda menyalahkan orang lain. Menyalahkan orang lain bukanlah solusi yang tepat atas masalah apapun yang sedang Anda hadapi, menyalahkan orang lain hanya akan menambah daftar kesalahan baru yang tentu akan memperkeruh keadaan di kantor.

Menimpakan kesalahan kepada orang lain adalah tindakan kekanak-kanakan yang sama juga dengan Anda tidak berani bertanggung jawab dengan apa yang Anda lakukan. Jauh lebih baik jika Anda berani menanggungnya sendiri dan kemudian melakukan hal yang terbaik.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan