Inilah 5 Tanda Bahwa Anda Bekerja di Perusahaan yang Tepat

Image dari Businessnewsdaily.com

Image dari Businessnewsdaily.com

Bekerja memang telah menjadi sebuah hal yang dibutuhkan ketika seseorang telah dewasa. Dengan bekerja mereka akan mendapat pengalaman dan bekal untuk merintis impian dan cita-cita besarnya.

Namun sayangnya tidak banyak perusahaan yang bisa membuat para pekerjanya berkembang dan memaksimalkan potensi dan keterampilannya. Dan lebih mengenaskan jika para pekerja ini tidak mengetahui bahwa mereka bekerja di tempat yang salah karena tidak mendukung perkembangan diri dan masa depannya.

Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang bekerja di sebuah perusahaan, maka Anda perlu mengetahui dan sadar betul tentang beberapa keadaan Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja. Jangan sampai Anda bekerja hanya sebatas bekerja dan mendapatkan uang saja.

Pengembangan diri dan pertumbuhan skill harusnya menjadi acuan Anda untuk bisa meneruskan atau berhenti dan mencari pekerjaan di tempat yang lebih mendukung Anda. Jika Anda masih kebingungan untuk mengetahui apakah Anda sudah berada di perusahaan tempat bekerja yang sesuai dan hebat, Anda perlu membaca beberapa tandanya berikut ini.

1. Kepemimpinan yang Jujur dan Adil

Tanda pertama bahwa Anda bekerja di perusahaan yang tepat dan hebat adalah adanya kepemimpinan yang jujur dan adil. Pemimpin memang seharusnya selalu menjadi acuan bagi para pekerja. Ini karena dari tangan pemimpinlah semua kebijakan dan bahkan masa depan karir Anda berada.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk mencoba mengevaluasi cara  atau sikap pemimpin Anda menjalankan perannya di perusahaan. Jujur dan Adil merupakan salah satu sikap dan karakter yang harus Anda cermati dari pemimpin atau bos Anda.

Sifat dan sikap ini memang penting bagi nasib seorang karyawan karena dengan kepemimpinan yang jujur dan adil Anda akan memiliki peluang meraih masa depan karir dan #pengembangan diri yang lebih cerah dan potensial.

Artikel lain: 5 Cara Jitu Menghadapi Persaingan Kerja Di Kantor

2. Ada Ruang Untuk Berkembang

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa dalam bekerja, seorang pekerja memang memiliki hak dan ruang untuk mengembangkan dirinya. Jika Anda tidak mendapati hal ini, maka tandanya Anda telah berada di perusahaan yang salah. Ruang berkembang dalam perusahaan ini banyak macamnya sebut saja naik jabatan, pelatihan dan training atau bisa jadi studi ke jenjang pendidikan lebih tinggi atau hal lain yang seharusnya bisa didapatkan seorang pekerja untuk mengembangkan dirinya.

Artinya perusahaan memang tidak boleh mengekang habis-habisan kreativitas dan impian dari para pekerjanya. Maka dari itu seroang pekerja sudah selayaknyalah mencermati tanda ini untuk masa depan yang lebih baik.




3. Masukan Konstruktif dari Atasan

Masukan konstruktif dari atasan maksudnya adalah perusahaan yang selalu memberikan evaluasi atau penilaian yang rutin pada setiap pekerjanya. Jika Anda bekerja di tempat yang seringkali membuat evaluasi dan penilaian ini maka Anda berada di perusahaan yang tepat.

Tapi bukankan sistem penilaian ini akan membuat pekerja makin tidak leluasa bergerak? Bukan itu hal yang dimaksud, tapi dengan adanya penilaian ini sebenarnya perusahaan telah memberikan perhatian dan kepedualiannya kepada Anda. Penilaian memang terasa pahit di awal, namun jika Anda sudah terbiasa dengan sistem ini maka secara tidak disadari Anda akan selalu termotivasi dan membuat kemajuan dalam diri Anda.

Sekarang Anda tinggal pilih saja perusahaan yang mendiamkan Anda dengan sebuah kemungkinan besar Anda tidak mendapatkan kemajuan atau perusahaan yang peduli meski dengan penilaian namun akan membuat Anda berkembang dan bertumbuh. Tentu pilihan yang tepat adalah yang kedua, bukan.

4. Lingkungan Kerja Menyenangkan

Sepertinya di abad ke-21 ini perusahaan yang memberikan jaminan suasana kerja menyenangkan bukan lagi hal yang aneh. Ya, dengan tingkat stress yang tinggi, para pekerja memang sudah selayaknya mendapatkan lingkungan pekerjaan yang menyenangkan. Memang banyak sekali indikator untuk menentukan rasa senang.

Namun hasil yang paling mungkin bisa dibuat rujukan untuk menentukan apakah lingkungan Anda menyenangkan atau tidak adalah tingkat bahagia yang Anda peroleh. Jika Anda sering merasakan kebahagiaan setiap harinya, maka itu pertanda kuat bahwa Anda telah memiliki lingkungan yang menyenangkan.

Baca juga: Tips Menghadapi Kejenuhan dan Kebosanan Pada Rutinitas Kantor

5. Adanya Target yang Jelas

Terakhir, tanda bahwa Anda bekerja di perusahaan yang tepat dan hebat adalah adanya target yang jelas. Jika Anda seringkali mendapat tugas dan tanggungjawab yang tidak jelas arahnya, maka Anda harus waspada dengan masa depan Anda di perusahaan tersebut.

Mendapatkan target yang jelas memang bukan berarti Anda harus menunggu diperintah dengan daftar job yang detail dan rinci. Namun target yang jelas yang dimaksud di sini adalah Anda harus mendapatkan pandangan tentang arah karir serta misi dan visi perusahaan yang terealisasi pada setiap pekerjaan yang dijalankan setiap karyawannya, termasuk job yang sedang kerjakan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Mas Max katanya websitenya untuk yg ingin belajar bisnis, kenapa ada postingan terkait jadi karyawan, kalau bisa sih arahkan dan motivasi biar lebih banyak jadi pebisnis, karena negara kita terpuruk karena korupsi, coba mereka kaya dan jadi bisnis man, mungkin ga akan korupsi, dan suata negara bisa maju kalau yg bisnis mannya lebih banyak, seperti Amerika.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud